HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Rancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan & Pengeluaran Kas

Judul Tesis : Rancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Sederhana pada Usaha Jasa Gilang Ramadhan Studio Drummer Solo

 

A. Latar Belakang

Sistem Informasi Akuntansi (SIA) adalah suatu fungsi yang melaksanakan tugas pengolahan data finansial menjadi informasi yang dibutuhkan bagi pemakai di dalam maupun di luar perusahaan. SIA bertanggungjawab menyediakan informasi keuangan bagi tiap elemen lingkungan kecuali pesaing. Sehubungan dengan kebutuhan informasi keuangan adalah kebutuhan manajemen level atas sehingga SIA hanya melayani informasi yang berorientasi kepada manajemen level atas tersebut.

Untuk GRSD Solo baru berdiri setahun yang lalu, tepatnya pada bulan maret 2008. Dengan segala keterbatasan SDM waktu itu (khususnya di bagian keuangannya), maka dalam setahun berjalan ini GRSD Solo mengalami beberapa hambatan dalam pelaporan keuangannya. Selain itu, tidak adanya sistem informasi akuntansi yang jelas membuat aliran kas masuk dan keluar tidak begitu efektif untuk ditelusuri atau dideteksi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana rancangan sistem akuntansi penerimaan kas dan pengeluaran kas yang sederhana, sehingga mudah dipahami dan diterapkan oleh GRSD Solo?
  2. Apa saja kelemahan-kelamahan atau hambatan yang dialami selama perusahaan beroperasi?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem

Menurut Mulyadi (2001 : 5) Sistem adalah suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan.

Sistem Pengendalian Intern

Sistem pengendalian intern meliputi struktur organisasi dan keseluruhan cara serta alat-alat yang dikoordinasikan dan dioperasikan dalam suatu perusahaan dengan tujuan untuk : melindungi keamanan harta – miliknya; menjamin ketelitian; kebenaran dan keterandalan data akuntansinya; meningkatkan efisiensi operasinya; dan mendorong agar senua kebijakan manajemen dapat dipatuhi (menurut Committe on Auditing Procedure dari AICPA).

Sistem Penerimaan Kas

Secara umum, sistem informasi akuntansi penerimaan kas merupakan kegiatan dari organisasi perusahaan yang bertanggung jawab untuk menyediakan informasi keuangan dan informasi yang diperoleh tersebut dari transaksi penjualan.

 

D. Tujuan Penelitian

  1. Mengetahui sistem akuntansi yang dibutuhkan perusahaan seperti yang selama ini diinginkan perusahaan, terutama pada sistem akuntansi penerimaan dan pengeluaran kas.
  2. Menemukan kelemahan-kelemahan atau hambatan yang terjadi dalam perusahaan terutama pada bagian akuntansinya, serta berusaha memberi solusi atas hambatan tersebut.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan survei, penelitian, analisis dan pembahasan terhadap rancangan sistem yang dilakukan penulis pada Gilang Ramadhan Studio Drummer Solo, dapat disimpulkan bahwa sistem yang ada tidak cukup baik. Hal itu terbukti dengan belum adanya pemisahan fungsi, sehingga dapat memungkinkan adanya kecurangan terhadap transaksi penerimaan dan pengeluaran kas. Selain itu, dokumen yang digunakan juga belum memadai dan lengkap, dapat dilihat dari belum adanya dokumen untuk bukti kas keluar. Catatan akuntansi yang digunakan juga tidak ada. Prosedur sistem penerimaan dan pengeluaran kas pada Gilang Ramadhan Studio Drummer Solo juga tidak cukup jelas.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Evaluasi Sistem Pemberian Kredit Bagi Nasabah Baru pada PT. BPR Sukadana Surakarta
  2. Pengaruh Karakteristik Dewan Komisaris terhadap Pengungkapan Intellectual Capital
  3. Perbedaan Persepsi Mahasiswa Akuntansi Mengenai Profesi Akuntan
  4. Persistensi Laba, Akrual, Aliran Kas dan Booktax Differences
  5. Rancangan Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan dan Pengeluaran Kas Sederhana

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)