HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas dr Pembayaran Rekening Air Minum

Judul Tesis : Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas dari Pembayaran Rekening Air Minum pada PDAM Kota Surakarta Cabang Sumber

 

A. Latar Belakang

PDAM Kota Surakarta adalah salah satu perusahaan BUMD yang bergerak di bidang jasa pelayanan air bersih dan pengelolaan air limbah bagi kelangsungan kehidupan penduduk kota Surakarta. PDAM Kota Surakarta selain sebagai infrastruktur kota, juga sebagai salah satu sumber pendapatan asli daerah yang masih cukup potensial untuk dikembangkan dengan meningkatkan cakupan pelayanan air yang baik.

Penerimaan kas pada PDAM Kota Surakarta Cabang Sumber berasal dari pembayaran rekening air minum pelanggan. Penerimaan kas pada PDAM Kota Surakarta cabang Sumber dilaksanakan secara semi computerize. Dalam pelaksanaannya, permasalahan yang ditemui dalam sistem informasi akuntansi penerimaan kas pada PDAM Kota Surakarta Cabang Sumber adalah adanya rangkap bagian, dokumen yang belum bernomor urut tercetak dan belum diotorisasi, kesalahan pencatatan maupun perhitungan, serta pembayaran ganda yang disebabkan karena belum adanya penerimaan pembayaran secara on line.

 

B. Rumusan Masalah

Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Dari Pembayaran Rekening Air Minum Pada PDAM Kota Surakarta Cabang Sumber.

 

C. Landasan Teori Tesis

Pengertian Sistem

Sistem adalah suatu jaringan kerja dari prosedur-prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama-sama untuk melakukan suatu kegiatan atau untuk menyelesaikan suatu sasaran yang tertentu (FitzGerald dan Stallings dalam Jogiyanto, 1988:4). Mulyadi (2001:5) mengartikan sistem sebagai suatu jaringan prosedur yang dibuat menurut pola yang terpadu untuk melaksanakan kegiatan pokok perusahaan.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem informasi akuntansi adalah organisasi formulir, catatan, dan laporan yang dikoordinasikan sedemikian rupa untuk menyediakan informasi keuangan yang dibutuhkan oleh manajemen guna memudahkan pengelolaan perusahaan (Mulyadi, 2001:3). Jusup (2003:395) mengemukakan bahwa sistem informasi akuntansi terdiri atas dokumen transaksi, alat pencatatan, laporan-laporan dan prosedur-prosedur yang digunakan perusahaan untuk mencatat transaksi serta melaporkan hasilnya.

 

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas

Kas merupakan suatu alat pertukaran dan juga digunakan sebagai ukuran dalam akuntansi (Baridwan, 2004:83). Sistem informasi akuntansi penerimaan kas merupakan sistem yang menangani transaksi-transaksi yang berhubungan dengan penerimaan kas yang terjadi secara rutin pada suatu perusahaan. Penerimaan kas pada PDAM Kota Surakarta cabang Sumber berasal dari pembayaran rekening air minum pelanggan.

 

D. Metode Penelitian

PDAM Kota Surakarta Cabang Sumber yang beralamat di JL. Letjend Suprapto No.1 Surakarta.

Data Primer merupakan sumber data yang diperoleh dengan melakukan observasi dan wawancara langsung kepada pimpinan atau karyawanperusahaan yang bersangkutan.

Teknik Pengumpulan Data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan observasi dan wawancara.

 

E. Kesimpulan

Dalam sistem informasi akuntansi penerimaan kas, unsur pengendalian intern yang baik harus mensyaratkan pemisahan fungsi yang tegas, dokumen bernomor urut tercetak dan telah diotorisasi oleh bagian yang terkait, serta catatan akuntansi, prosedur dan bagan alir yang baik. Berdasarkan penjelasan tersebut, penulis berkesimpulan bahwa sistem informasi akuntansi penerimaan kas dari pembayaran rekening air minum pada PDAM Kota Surakarta cabang Sumber sudah cukup baik dengan adanya kemudahan dalam pembatalan rekening, pencocokan jumlah kas fisik dengan jumlah nominalnya, penyetoran langsung tunai, tunjangan kasir, pemeriksaan mendadak, dan perputaran jabatan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Corporate Governance Mechanisms terhadap Cost Of Equity Capital
  2. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas dari Pembayaran Rekening Air Minum pada PDAM Kota Surakarta
  3. Penilaian Tingkat Kesehatan Pada Lima Badan Kredit Kecamatan (BKK) di Surakarta Tahun 2008 dengan Menggunakan Analisis Rasio Perbankan Dan Tingkat Non Performing Loan (NPL)
  4. Evaluasi Sistem Pengendalian Intern Penerimaan Kas pada Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
  5. Analisis Pengaruh Net Income, Roa, Roe dan Status Kepemilikan Bank terhadap Probabilitas

 

Incoming search terms:

Leave a Reply