HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas

Judul Tesis : Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas pada PT. Mutu Gading Tekstil Karanganyar

 

A. Latar Belakang

Informasi operasional oleh sistem akuntansi disediakan dengan cara memproses transaksi-transaksi akuntansi yang terjadi di perusahaan. Transaksi tersebut diproses sehingga menghasilkan output yang berupa dokumen. Informasi inilah yang digunakan oleh manajemen PT. Mutu Gading Tekstil yaitu informasi mengenai penerimaan kas. Penerimaan kas bersumber dari penjualan tunai dan penjualan kredit yang berupa pelunasan piutang. Penjualan tunai adalah: Suatu transaksi yang mewajibkan pembeli melakukan pembayaran harga barang lebih dahulu sebelum barang diserahkan oleh perusahaan pada pembeli ( Mulyadi, 1993: 457 ). Sedangkan penjualan kredit adalah: Suatu transaksi yang dilaksanakan oleh perusahaan dengan cara mengirimkan barang suesuai dengan order yang diterima dari pembeli dan untuk jangka waktu tertentu perusahaan mempunyai tagihan kepada pembeli tersebut ( Baridwan, Zaki, 1992: 212 ).

Evaluasi terhadap Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas diperlukan agar dalam menjalankan kegiatannya perusahaan lebih efektif dan efisien. Adanya evaluasi memungkinkan diketahuinya kelemahan dan kelebihan dari sistem informasi akuntansi tersebut. Berkaitan dengan hal itu maka penelitian ini akan dilakukan dengan mengambil judul “Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Pada PT. Mutu Gading Tekstil Karanganyar “.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimanakah sistem dan prosedur penerimaan kas pada PT. Mutu Gading Tekstil?

 

 

C. Landasan Teori

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi

Sistem Informasi Akuntansi sangat penting peranannya dalam suatu perusahaan. Sistem Informasi Akuntansi membantu pengambilan keputusan dan pengendalian didalam organisasi perusahaan serta menghasilkan informasi yang dibutuhkan perusahaan. Suatu sistem akuntansi dan prosedur-prosedur pelaksanaannya.

Pengertian Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas

Secara umum sistem informasi akuntansi penerimaan kas merupakan kegiatan dari organisasi perusahaan yang bertanggung jawab untuk menyediakan informasi keuangan dan informasi yang diperoleh tersebut berasal dari transaksi perusahaan.Adapun tujuan informasi tersebut untuk pelaporan internal kepada manajeryang digunakan dalam pengendalian, perencanaan dan operasi masa depan serta pelaporan eksternal kepada pemegang saham, pemerintah dan pihak-pihak luar lainnya.

Pengertian Penerimaan Kas

Kas memiliki sifat yang sangat mudah untuk dipindah tangankan dan tidak dapat dibuktikan pemiliknya, sehingga kas mudah digelapkan. Untuk menghindari hal tersebut maka perlu diadakan pengawasan yang kuat terhadap kas, serta kas yang sudah diterima segera disetorkan ke bank dan bagian akuntansi mencatat transaksi penerimaan kas tersebut dalam jurnal penerimaan kas. Penerimaan kas perusahaan bersumber dari penjualan tunai dan penjualan kredit.

 

D. Metode Penelitian

Metode yang digunakan dalam penelitian Tugas Akhir ini adalah studi kasus, karena mengambil satu obyek tertentu untuk dianalisa secara mendalam dengan memfokuskan pada satu masalah.

Jenis data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Metode Pengumpulan data pada penelitian ini yaitu dengan observasi, wawancara dan studi pustaka.

Sumber data pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan sumber data primer dan sumber data sekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Sistem penerimaan kas dari penjualan tunai dan sistem penerimaan kas dari penjualan kredit yang diterapkan oleh PT. Mutu Gading Tekstil Karanganyar sudah cukup baik karena sudah adanya pemisahan fungsi antara fungsi penjualan, fungsi kredit, fungsi gudang, fungsi penagihan, fungsi keuangan, dan fungsi akuntansi. Dengan adanya pemisahan fungsi tersebut maka pelaksanaan tugas dari masing-masing fungsi akan berjalan lebih efektif dan efisien.
  2. Dengan adanya fungsi penagihan pada sistem penerimaan kas dari penjualan kredit maka akan lebih memudahkan perusahaan dalam mengurusi masalah utang dan piutang perusahaan.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Tindakan Supervisi Terhadap Profesionalisme
  2. Pengaruh Computer Anxiety Dan Computer Attitude Terhadap Keahlian Akuntan Pendidik
  3. Analisis Pengaruh Tingkat Inflasi, Nilai Tukar Rupiah Terhadap Dolar Amerika
  4. Analisis Rasio Arus Klas Sebagai Pembeda Antara Bank Bangkrut Dan Non Bangkrut
  5. Evaluasi Sistem Informasi Akuntansi Penerimaan Kas Pada Pt.Mutu Gading

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)