HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akuntansi: Analisis Biaya Pemasaran & Profitabilitas Berdasarkan Jenis Produk

Judul Tesis : Analisis Biaya Pemasaran dan Profitabilitas Berdasarkan Jenis Produk pada PT. TIRTA EKA PERKASA SEMARANG

 

A. Latar Belakang

Pada kenyataannya penjualan produk yang dilakukan PT. Tirta Eka Perkasa ini kurang mendapatkan tempat dipasaran. Hal ini dapat terlihat dengan kurang minatnya konsumen untuk membeli produknya. Salah satu faktor yang mempengaruhi rendahnya penjualan adalah sistem kegiatan pemasaran yang tidak begitu diperhatikan oleh perusahaan.

Usaha pemasaran yang baik sangat berpengaruh terhadap volume penjualan produk. Promosi, saluran distribusi serta kegiatan pemasaran lainnya harus dilaksanakan dengan baik. Biaya yang timbul sebagai akibat dari pemasaran produk ini harus dikontrol agar tidak terlalu rendah juga tidak terlalu tinggi. Dengan demikian perusahaan dapat memperoleh laba yang diharapkan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Seberapa besar biaya pemasaran yang dikeluarkan pada tahun 2002 sampai 2004 serta bagaimana pengalokasian biaya pemasaran tersebut ke dalam tiap jenis produk ?
  2. Seberapa besar profitabilitas yang yang didapat dari tiap jenis produk ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Biaya

Biaya adalah pengorbanan sumber ekonomi, yang diukur dalam satuan uang. Yang telah terjadi atau yang kemungkinan terjadi untuk tujuan tertentu ( Mulyadi, 1991 : 8 – 9 ).

Pengertian Pemasaran

Pemasaran / marketing dapat di definisikan semua kegiatan yang bersangkutan denganberpindahnya barang dari produsen pertama ke knsumen ( Sriyadi, 1991 : 155 ).

Pengertian Biaya Pemasaran

Biaya pemasaran adalah semua biaya yang sejak saat produk selesai diproduksi dan disimpan dalam gudang sampai dengan produk tersebut berubah kembali dalam bentuk uang tunai (Mulyadi, 1991 : 529).

 

D. Metode Penelitian

Objek kajian penelitian ini adalah biaya pemasaran dan profitabilitas tahun 2002 – 2004, dimana PT. Tirta Eka Perkasa sebagai objek penelitian.

Ada 2 (dua) variabel yang dikaji dalam penelitian ini, yaitu biaya pemasaran tahun 2002- 2004, dan profitabilitas berdasarkan jenis produk dalam kemasan tahun 2002- 2004.

Metode pengumpulan data dalam penelitian ini adalah dokumentasi, wawancara dan observasi.

Data yang dikumpulkan dianalisis dengan tekhnik diskrpitif.

 

E. Kesimpulan Tesis

Berdasarkan uraian analisa biaya pemasaran dan profitabilitas berdasarkan jenis produk tersebut, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa biaya pemasaran yang telah dikeluarkan oleh PT. Tirta Eka Perkasa Semarang belum dikelola dengan baik. Hal ini terlihat bahwa biaya yang keluar untuk kegiatan pemasaran banyak digunakan untuk kebutuhan karyawan, sedangkan untuk produk hanya sedikit. Biaya promosi untuk produk kurang di perhatikan sehingga volume penjualan produk relatif rendah.

Dari analisa profitabilitas berdasarkan jenis produk dapat diketahui bahwa produk dalam kemasan galon lebih menguntungkan perusahaan karena terus menerus memberikan laba, sedangkan produk dalam kemasan cup cenderung tidak menguntungkan perusahaan karena selalu menderita kerugian. Denagn adanya rugi pada pada produk dalam kemasan cup mengakibatkan laba keseluruhan yang diperoleh oleh perusahaan relatif kecil. Dengan keadaan seperti ini maka perusahaan akan rawan menghadapi kerugian.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Pengaruh Efisiensi Modal Kerja terhadap Rentabilitas pada Pusat Koperasi Pegawai Republik Indonesia
  2. Pengaruh Efisiensi Pengendalian Biaya dan Tingkat Perputaran Modal Kerja terhadap Rentabilitas Ekonomi
  3. Pengaruh Modal Sendiri dan Modal Pinjaman Terhadap Sisa Hasil Usaha (SHU) pada Koperasi
  4. Pengaruh Motivasi Belajar dan Metode Pembelajaran terhadap Prestasi Belajar Akuntansi
  5. Pengaruh Prestasi Belajar Akuntansi Keuangan, Minat dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar

 

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)