HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Strategi Pemasaran Berdasar Analisis SWOT utk Produk Plastik Injeksi

Judul Manajemen : Strategi Pemasaran Berdasar Analisis SWOT untuk Produk Plastik Injeksi Bagian Work Injection PT. ATMI IGI CENTER SURAKARTA

 

A. Latar Belakang

Pemasaran dan produksi merupakan fungsi pokok bagi perusahaan. Semua perusahaan berusaha memproduksi dan memasarkan produk atau jasa untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Saat ini kegiatan pemasaran mempunyai peranan yang sangat penting bagi dunia usaha. Kegiatan pemasaran tidak bermula pada saat kegiatan penjualan dilakukan. Perusahaan harus dapat memberikan kepuasan kepada konsumen jika mengharapkan usaha dapat berjalan terus, juga supaya konsumen mempuyai pandangan yang baik terhadap perusahaan. Jadi jaminan kualitas yang baik atas barang ata jasa dapat dilakukan setelah penjualan.

Untuk menyikapi hal tersebut diatas, maka perusahan harus mampu mengembangkan dan mengaplikasikan suatu strategi manajemen yang efektif, dalam hal ini adalah manajemen strategi pemasaran untuk penjualan produk.

 

B. Rumusan Masalah

Bagaimana Strategi Pemasaran berdasar Analisa SWOT untuk Produk Plastik Injeksi diBagian Work Injection PT. ATMI IGI CENTER. Surakarta ?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Strategi

Strategi adalah suatu kesatuan rencanaan perusahaan yang komprehensip dan terpadu yang diperlukan untuk mencapai tujuan perusahaan. Strategi mempunyai banyak manfaat bagi suatu perusahaan. (R.A. Supriyono, 1990 : 12 )

 

Pengertian Pemasaran

Pada hakekatnya pemasaran merupakan suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkan itu dapat diterima dan disukai oleh pasar. Dalam dunia perdagangan pemasaran dilakukan oleh semua perusahaan dalam usahanya untuk memertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Berhasil atau tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian dan kemampuan mereka di bidang pemasaran, produksi dan keuangan untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar organisasi dapat berjalan dengan lancar.

 

Manajemen pemasaran

Pengertian manajemen pemasaran secara luas adalah penganalisaan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan program yang bertujuan menimbulkan pertukaran dengan pasar yang dijadikan sasaran dengan maksud untuk mencapai “Objektif” organisasi pemasaran (Philip Kotler, 1992 : 31).. Pengertian Pemasaran Pada hakekatnya pemasaran merupakan suatu kegiatan yang mengusahakan agar produk yang dipasarkan itu dapat diterima dan disukai oleh pasar. Dalam dunia perdagangan pemasaran dilakukan oleh semua perusahaan dalam usahanya untuk memertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan mendapatkan laba. Berhasil atau tidaknya dalam pencapaian tujuan bisnis tergantung pada keahlian dan kemampuan mereka di bidang pemasaran, produksi dan keuangan untuk mengkombinasikan fungsi-fungsi tersebut agar organisasi dapat berjalan dengan lancar.

 

D. Metode Penelitian

Sehubungan dengan permasalahan dan tujuan penelitian tersebut, penulis menggunakan metode pengamatan diskriptif kualitatif, suatu penelitian yang berusaha menggambarkan keadaan atau fenomena sosial tertentu yang menggambarkan konsep dan menghimpun data tetapi tidak melakukan pengujian hipotesis. Sedangkan teknik pengumpulan data diperoleh dengan menggunakan metode wawancara, observasi langsung, dan data kepustakaan, dengan teknis analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif.

 

E. Kesimpulan

Pemahaman Analisis SWOT

Analisis SWOT yang telah dilakukan oleh PT. ATMI IGI CENTER sudah dapat banyak membantu untuk dapat dilakukannya strategi pemasaran dibidang tertentu yang dirasa kurang maksimal. Dari hasil Analisis SWOT tersebut kemudian dapat ditemukan ketidakmaksimalan strategi yakni dibidanh peningkatan kualitas produk, harga dan pengembangan promosi. 2. Strategi pemasaran yang dipilih:

Standarisasi Kualitas produk

Dari hasil uraian dapat dipahami bahwa untuk standarisasi kualitas produksi yang dilakukan oleh PT. ATMI IGI CENTER sudah dilakukan standard-standard yang memenuhi kebutuhan dan kelayakan produksi. Akan tetapi dalam kenyataan kerja berbeda dengan teori yang telah diberikan, kebanyakan para pekerja belum mengerti benar atau terkadang lalai dalam pelaksanaan inspeksi sehingga pada waktu tertentu masih juga ditemukan kesalahan produksi yang lolos dari proses inspeksi. Hal ini diperkuat dengan adanya surat-surat claim yang masuk ke PT. ATMI IGI CENTER.

 

Penetapan Harga

Penetapan harga yang dilakukan oleh PT. ATMI IGI CENTER sudah baik, yakni dengan perhitungan harga yang didasarkan pada biaya, konsumen dan persaingan. Dilakukan perhitungan tersebut karena dalam setiap penentuan harga produk customer menginginkan hal yang berbeda, terkadang pihak customer sendiri yang akan menyediakan materialnya sendiri, ada yang menginginkan menyediakan moldnya sendiri, bahkan customer bisa menentukan jenis mesinnya sendiri seperti yang diinginkan. Dengan perhitungan tersebut akan dapat dilihat secara fleksibel apabila akan dilakukan perubahan disalah satu titiknya misalnya akan dirubah materialnya atau mesinnya.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Pengendalian Persediaan Bahan Baku Pada PG Tasikmadu Karanganyar
  2. Analisis Pengaruh Ketidakpuasan Konsumen, Iklan Komparatif dan Kebutuhan Mencari Variasi terhadap Keputusan Perpindahan Merk Produk Deodorant (studi kasus pada mahasiswa S1 Non Reguler Fakultas Ekonomi Universitas Sebelas Maret Surakarta)
  3. Strategi Pemasaran Pada Perusahaan Roti Tiga Berlian di Semanggi Surakarta
  4. Prosedur Pemberian Kredit Gadai di Perum Pegadaian Unit Pelayanan Cabang (UPC)
  5. Prosedur Kredit Gadai di Perum Pegadaian Cabang Wonogiri
Incoming search terms:

Leave a Reply