HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi: Pengaruh Kepemimpinan Lurah trhdp Peningkatan Kesadaran Masyarakat

Judul Tesis : Pengaruh Kepemimpinan Lurah terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan (Di Lingkungan 2 Kelurahan Kota Matsum 3 Kecamatan Medan Kota)

 

A. Latar Belakang

Perlawanan pajak yang diikuti anggapan yang salah oleh masyarakat tentang pajak bumi dan bangunan akan sangat merugikan bagi Negara, oleh karena itu dalam rangka mengurangi atau bahkan menghilangkan sama sekali hambatan-hambatan tersebut maka perlu diusahakan suatu kondisi yang membuat masyarakat wajib pajak menjadi sadar, mau dan mampu membayar pajak.

Memberikan bimbingan dan penerangan kepada masyarakat mengenai manfaat pajak merupakan langkah yang paling penting dalam mensosialisasikan pajak tersebut. Untuk lebih memfokuskan penelitian ini pada hal-hal yang terkait dengan kesadaran masyarakat dalam membayar PBB, maka peneliti mengambil Kelurahan Kota Matsum 3 sebagai lokasi penelitian. Kelurahan Kota Matsum 3 Kecamatan Medan Kota yang selama ini dikenal dengan pengelolaan pajak bumi dan bangunannya berjalan baik, tidak luput dari adanya masalah dalam pembayaran PBB oleh masyarakatnya. Adanya kecenderungan akan keengganan masyarakat Kelurahan Kota Matsum 3 dalam membayar pajak tersebut harus dilihat dari berbagai hal yang menyangkut akan kesadaran masyarakat itu sendiri.

 

B. Rumusan Masalah

“Adakah Pengaruh Kepemimpinan Lurah Terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar Pajak Bumi dan Bangunan di Lingkungan 2 Kelurahan KotaMatsum 3 Kecamatan Medan Kota”.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Pemimpin dan Kepemimpinan

Kepemimpinan berasal dari kata pemimpin, yang berarti seorang pribadi yang memiliki kecakapan dan kelebihan, khususnya kecakapan dan kelebihan di satu bidang sehingga dia mampu mempengaruhi orang lain untuk bersama-sama melakukan aktivitas tertentu demi tercapainya suatu maksud dan beberapa tujuan, (Kartono,1993:76). Kepemimpinan pada dasarnya mempunyai pokok pengertian sebagai sifat, kemampuan, proses dan atau konsep yang dimiliki oleh seseorang sedemikian rupa sehingga ia diikuti, dipatuhi, dihormati, sehingga orang lain bersedia dengan penuh keikhlasan melakukan perbuatan atau kegiatan yang dikehendaki pemimpin tersebut.

Pengertian Pajak Bumi dan Bangunan

Soemahamidjaja dalam Brotodiharjo (1993:5), mengemukakan “Pajak adalah iuran wajib berupa uang atau barang yang dipungut oleh penguasa berdasarkan norma-norma hukum menetapkan biaya produksi barang-barang dan jasa-jasa korektif dalam mencapai kesejahteraan umum”.

Obyek Pajak

Menurut Undang-Undang No. 12 Thun 1994 yang dimaksud dengan obyek pajak adalah bumi dan atau bangunan yang berada di wilayah Republik Indonesia, yang klasifikasinya diatur oleh Menteri Keuangan. Yang dimaksud dengan bumi dan bangunan menurut nilai jauhnya digunakan sebagai pedoman, serta untuk memudahkan perhitungan pajak yang terhutang.

 

D. Metode Penelitian

Pada penelitian ini metode yang digunakan adalah metode analisa kuantitatif.

Sedangkan teknik analisa data yang digunakan adalah teknik korelasi antar variable untuk membuktikan adanya pengaruh dari kepemimpinan terhadap kesadaran masyarakat dalam membayar PBB.

 

E. Kesimpulan

  1. Kepemimpinan lurah di Kepemimpinan Lurah Kota Matsum 3 dikategorikan sedang. Ini dikarenakan kurangnya partisipasi masyarakat dalam membayar PBB, seharusnya Lurah Kota Matsum 3 harus mengikutsertakan masyarakat dalam hal pembayaran PBB, karena masyarakatlah yang dapat memenuhi target pencapaian PBB yang ingin dicapai, dan juga jarangnya pemberian motivasi oleh lurah terhadap masyarakat dalam hal pembayaran PBB, serta jarang adanya pertanggung jawaban dan realisasi setiap keputusan yang dibuat lurah, tetapi dalam hal sistem komunikasi, menerima masukan-masukan dan saran, lurah di Kelurahan Kota Matsum 3 tergolong baik.
  2. Kesadaran masyarakat dalam membayar PBB di Kelurahan Kota Matsum 3 dikategorikan sedang. Ini dikarenakan masyarakat di Kelurahan Kota Matsum belum dengan benar memahami tentang pembayaran PBB, karena masih banyak yang keberatan dengan beban PBB nya. Tetapi dalam hal mengetahui sebagai wajib pajak PBB dan mengerti tujuan dari PBB tersebut masyarakat Kelurahan Kota Matsum 2 masih pada taraf yang baik.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  2. Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Pembantu SM Rejo, Binjai
  3. Pengaruh Kepemimpinan Camat terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan
  4. Pengaruh Kepemimpinan Camat terhadap Prestasi Kerja Pegawai
  5. Pengaruh Kepemimpinan Lurah terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar PBB

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply