HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Pengaruh Kepemimpinan Camat trhdp Partisipasi Masyarakat

Judul Tesis : Pengaruh Kepemimpinan Camat terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan (Studi pada Kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat)

 

A. Latar Belakang

Peran kepemimpinan dalam efektivitas pencapaian tujuan dapat dilakukan dengan melakukan upaya-upaya memberikan bimbingan dan pengarahan, mempengaruhi perasaan dan perilaku orang lain, serta menggerakkan orang lain sehingga dapat meningkatkan partisipasi masyarakat dan bertanggung jawab terhadap perkembangan kehidupan bersama, dan mampu mengakomodasi aspirasi masyarakat.

Untuk merespon hal-hal demi terciptanya keberhasilan pembangunan, maka dituntut peran serta aktif dari segenap lapisan masyarakat, partisipasinya dalam hal ini adalah elemen dasar dan prasyarat mutlak yang harus dipenuhi karena mekanisme pelaksanaan pembangunan pada prinsipnya harus dilaksanakan pada swadaya gotong royong masyarakat.

 

B. Rumusan Masalah Tesis

“Apakah ada pengaruh kepemimpinan Camat terhadap peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan di kecamatan Lembah Melintang, Pasaman Barat Sumatera Barat’’.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Kepemimpinan

Kreith dan Knicki (dalam Nawawi, 2003:21) mengatakan bahwa kepemimpinanadalah upaya mempengaruhi anggotauntukmencapaitujuan organisasi secara sukarela. Pengertian ini menekankan pada kemampuanpemimpin yang tidakmemaksa dalammenggerakkan anggota organisasi agar mau melakukan pekerjaan/kegiatan yang terarah pada tujuan organisasi. Artinya seorang pemimpin harus mampu memberikan contoh tauladan yang baik agar dengan sendirinya anggotanya akan mengikutinya.

Pengertian Pembangunan

Menurut siagian (2003 : 147) konsep pembangunan yang konseptual dengan pembangunan di Indonesia bahwa pembanguna adalah suatu usaha atau rangkaian usaha pertumbuhan dan perubahan yang berencana yang dilakukan secara sadar oleh suatu bangsa, Negara dan pemerintah menuju modernisasi dalam rangka pembinaan bangsa.

Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan

Akses sumber daya alam (bumi, air, hutan,dan lain-lain) pada hakekatnya adalah untuk masyarakyat, merupakan suatu hak yang sangat mendasar,karena sumber daya inilah yang menjadi sumber mata pencaharian warga untuk mencukupi kehidupannya. Pengelolaan sumber daya hendaknya berbasis masyarakyat tidak hanya terbatas pada pelibatan masyarakyat tetapi harus mengkomodir pandangan-pandangan, pendapat masyarakyat setempat.

 

D. Metode Penelitian

Bentuk penelitian yang digunakan dalam penelitian iniadalah penelitian eksplanasi (explanatory research). Penulis menggunakan jenis penelitian tersebut untuk mengetahui pengaruh antar variabel.

Lokasi penelitian adalah Kecamatan Lembah Melintang Kabupaten Pasaman Barat Sumatera Barat.

Yang menjadi populasi dalam penelitian ini adalah kepala keluarga yang ada di lima belas desa (15) pada kecamatan Lembah Melintang.

Teknik pengumpulan data primer dan data ekunder.

 

E. Kesimpulan

  1. Sebagaimana sebuah organisasi maka pemerintahan kecamatan untuk menjamin tercapainya tujuan dan suksesnya pelaksanaan program pemerintahan maka dibutuhkan seorang pemimpin dalam hal ini camat.
  2. Ada hubungan positif antara kepemimpinan camat terhadap peningkatan partisipasi masyarakat dalam pembangunan kecamatan dan desa-desa yang ada diseluruh kecamatan lembah melintang.
  3. Partisipasi masyarakat tidak semuanya dipengaruhi kepemimpinan camat akan tetapi ada banyak hal yang dapat mempengaruhi antara lain kondisi sosial masyarakat, tingkat kesadaran masyarakat serta rangsangan dari luar berupa keterlibatan lembag swadaya masyarakat (LSM) dan lain-lain.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  2. Pengaruh Kemampuan Kerja Pegawai terhadap Kinerja Pegawai Puskesmas Pembantu SM Rejo, Binjai
  3. Pengaruh Kepemimpinan Camat terhadap Peningkatan Partisipasi Masyarakat Dalam Pembangunan
  4. Pengaruh Kepemimpinan Camat terhadap Prestasi Kerja Pegawai
  5. Pengaruh Kepemimpinan Lurah terhadap Peningkatan Kesadaran Masyarakat dalam Membayar PBB

 

 

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply