HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Pengaruh Pembangunan trhdp Kehidupan Masyarakat

Judul Tesis : Pengaruh Pembangunan terhadap Kehidupan Masyarakat di Kota Medan (Studi Deskriptif Mengenai Masalah Lingkungan di Kelurahan Sei Mati Kecamatan Medan Maimun, Kota Medan)

 

A. Latar Belakang

Kehidupan yang saling ketergantungan antara manusia dan lingkungannya menempatkan manusia sebagai subjek utama yang mengambil manfaat dari sumber daya alam yang menyediakan sumber-sumber kehidupan guna melangsungkan hidupnya. Posisi manusia sebagai subjek dalam pemanfaatan sumber-sumber daya alam yang tersedia membuat manusia menjadi lupa diri, didorong dengan adanya desakan pemenuhan kebutuhan hidup dan pencapaian kemakmuran masyarakat dengan jalan pembangunan. Sesuai dengan paham kapitalisme (Susilo, 2003)

Banyak contoh kasus masalah lingkungan yang disebabkan karena adanya perubahan-perubahan yang ditimbulkan oleh pembangunan industri di kota-kota, seperti pembuangan limbah pabrik bumbu masak di daerah pengaliran sungai Brantas Surabaya yang menyebabkan ikan-ikan di sungai tersebut mati, masyarakat menjadi keracunan. Peristiwa ini terjadi pada bulan Juli tahun 1975 (Amsyari, 1986:56). Selain itu, masalah banjir di Jambi pada tahun 2006, akibat dari rusaknya daerah tangkapan dan resapan daerah aliran sungai Batang Hari dan penyempitan penampang sungai akibat sedimentasi yang mengakibatkan daya tampung sungai yang semakin rendah. Penurunan daya dukung daerah aliran sungai Batang Hari ini tidak hanya dirasakan ketika musim hujan tiba, tapi juga telah dirasakan ketika musim kemarau air sungai surut secara dratis dan terjadinya kekeringan di sumur-sumur warga (http://www.warsi.or.id/News/2006). Masih , manusia seperti kehilangan martabatnya dan secara setengah sadar telah menjadi robot atau kuli dari kemajuan teknologi yang ada di kota. Teknologi dan revolusi industri telah menyediakan satu dunia baru bagi masyarakat kota, tanpa perasaan telah mengeksploitasi sumber daya alam yang tersedia di kota. Perubahan pandangan hidup yang terjadi pada manusia di kota seperti ini mendorong sikap individualistik dalam penguasaan sumber-sumber daya alam yang digunakan demi pemenuhan kebutuhan hidup, tanpa memperhatikan kelestarian lingkungan alam yang ada.

 

B. Perumusan Masalah Tesis 

  1. Deskripsi tentang pengaruh pembangunan terhadap munculnya masalah lingkungan, khusunya banjir, di Kel Sei Mati, Kec. Medan Maimun.
  2. Deskripsi tentang pengaruh banjir terhadap kehidupan masyarakat di Kelurahan Sei Mati, Kec. Medan Maimun.
  3. Bagaimana adaptasi dan mitigasi dari masyarakat di Kelurahan Sei Mati, Kec. Medan Maimun terhadap masalah lingkungan yang terjadi.

 

C. Landasan Teori

Sejarah Kota Medan

Kota Medan merupakan ibu kota dari Propinsi Sumatera Utara, yang keberadaannya tidak terlepas dari sejarah yang panjang. Kota Medan awalnya hanya merupakan sebuah kampung, kemudian berkembang menjadi kota metropolitan yang penuh dengan segala fasilitas infrastruktur serta kehidupan masyarakatnya yang kompleks.

Pola Pemukiman

Pemukiman masyarakat di kelurahan ini dipisahkan oleh Jalan Brigjen Katamso. Kelurahan ini memiliki wilayah pemukiman yang letaknya dekat dengan sungai dan wilayah pemukiman yang tidak berdekatan dengan sungai. Pemukiman di kelurahan ini dapat ditemui saat memasuki jalan-jalan kecil atau gang yang berada di pinggiran Jalan Brigjen Katamso. Jalan kecil yang menuju daerah pemukiman penduduk tersebut terbuat dari aspal dan kondisinya baik meskipun ukurannya kecil, kira-kira lebarnya hanya 2-2,5 meter dan saat dilalui kendaraan roda empat jalan tidak dapat dilalui lagi oleh kendaraan lain, meskipun hanya kendaraan roda dua. Rumah-rumah penduduk berdiri disetiap pinggiran jalan-jalan kecil tersebut.

Kehidupan Masyarakat

Kehidupan masyarakat yang terdiri dari berbagai suku bangsa dan latar belakang yang berbeda-beda namun dapat hidup rukun dan saling menghargai merupakan suatu cerminan dari semboyan yang dimiliki oleh bangsa ini, yaitu Bhineka Tunggal Ika. Hal inilah yang terlihat di Kelurahan Sei Mati. Berdasarkan data dari kelurahan dan informasi dari warga setempat, di daerah ini penduduk yang beragama Islam merupakan mayoritas dari seluruh agama yang dianut oleh para penduduk yang ada di kelurahan dan penduduk yang bersuku Mandailing juga merupakan mayoritas dari suku bangsa yang dimiliki oleh para penduduk di kelurahan, namun bukan berarti bahwa penduduk yang mayoritas beragama Islam dan penduduk yang mayoritas bersuku Mandailing lebih berkuasa di kelurahan ini.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini dilakukan pada Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun, Medan.

Penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif.

Penelitian ini merupakan bentuk penelitian deskriptif yang menggunakan jenis data kualitatif yang dibentuk oleh data lapangan sebagai data primer dan data sekunder.

Dalam penelitian ini penulis berusaha untuk bersikap objektif terhadap data yang diperoleh di lapangan.

 

E. Kesimpulan

  1. Pembangunan kota pada saat ini terus dikembangkan demi pencapaian kesejahteraan masyarakat, dan mewujudkan cita-cita hidup makmur dengan memanfaatkan sumber-sumber daya alam yang tersedia di kota. Sayangnya, yang terjadi bahwa pemanfaatan sumber-sumber daya alam yang tersedia di lingkungan sekitar sering kali dilakukan tanpa memperhatikan kelestarian sifat alami lingkungan itu sendiri.
  2. Pembangunan yang bercirikan dengan teknologi dan industri di perkotaan dalam sektor ekonomi yang sedang berkembang pada saat ini lebih sering membawa pengaruh terhadap munculnya masalah lingkungan. Apalagi jika DAS menjadi kawasan untuk berlangsungnya pembangunan, sedangkan DAS merupakan salah satu wilayah yang tidak boleh menjadi kawasan terbangun, seperti yang telah ditetapkan dalam Peraturan Daerah Nomor 5 Tahun 1995 tentang Garis Sempadan Sungai, Daerah Manfaat Sungai, Daerah Penguasaan Sungai dan Bekas Sungai di Provinsi Sumut.
  3. Banjir yang terjadi di Kelurahan Sei Mati, Kecamatan Medan Maimun terjadi karena beberapa faktor, dan pembangunan di DAS merupakan salah satu faktor tersebut, yang pada akhirnya akan mengakibatkan menurunnya kualitas lingkungan, dan menggangu kehidupan masyarakat.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan Stnk di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  3. Pengaruh Organisasi terhadap Kinerja Pegawai Pada Sekretariat Daerah Kab Dairi Sumut
  4. Pengaruh Pelaksanaan Good Governance terhadap Kinerja Organisasi
  5. Pengaruh Pelaksanaan Prinsip-Prinsip Good Governance terhadap Aktivitas Kerja Pegawai Kantor Dinas Jalan dan Jembatan Prop Sumut

 

 

Leave a Reply