HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Administrasi Negara: Peranan Profesionalisme Kerja Pegawai dlm Pelayanan Publik

Judul Tesis: Peranan Profesionalisme Kerja Pegawai dalam Pelayanan Publik (Studi Kasus Pelayanan Pengurusan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Sidamanik Kab. Simalungun)

 

A. Latar Belakang

Tumpuan dan harapan itu lebih tertuju pada aparatur pemerintah daerah mengingat mereka merupakan wakil dari pemerintah pusat untuk menjalankan roda pemerintahan. Untuk dapat menyelenggarakan pemerintahan yang baik dituntut aparatur pemerintah yang profesional, hal ini merupakan prasyarat dalam meningkatkan mutu penyelenggaraan dan kualitas pelayanan yang akan diberikan kepada masyarakat. Pentingnya profesionalisme aparatur pemerintah sejalan dengan bunyi Pasal 3 Undang-Undang Nomor 43 Tahun 1999 tentang perubahan atas Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1974 tentang Pokok-Pokok Kepegawaian yang menyatakan bahwa : “ Pegawai Negeri berkedudukan sebagai unsur aparatur negara yang bertugas untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat secara profesional, jujur, adil, dan merata dalam penyelenggaraan tugas negara, pemerintah, dan pembangunan.

Profesionalisme sangat ditentukan oleh kemampuan seseorang dalam melakukan suatu pekerjaan menurut bidang tugas dan tingkatannya masing-masing. Hasil dari pekerjaan itu lebih ditinjau dari segala segi sesuai porsi, objek, bersifat terus-menerus dalam situasi dan kondisi yang bagaimanapun serta jangka waktu penyelesaian pekerjaan yang relatif singkat (Suit Almasdi, 2000 : 99). Hal di atas dipertegas kembali oleh Thoha (2000 : 1) bahwa untuk mempertahankan kehidupan dan kedinamisan organisasi, setiap organisasi mau tidak mau harus adaptif terhadap perubahan organisasi. Birokrasi yang mampu bersaing dimasa mendatang adalah birokrasi yang memiliki sumberdaya manusia berbasis pengetahuan dengan memiliki berbagai keterampilan dan keahlian.

 

B. Rumusan Masalah

” Bagaimanakah peranan profesionalisme kerja pegawai dalam pelayanan publik ?” ( Pengurusan Kartu Tanda Penduduk di Kecamatan Sidamanik )

 

C. Kerangka Teori

Peranan

Peranan merupakan sebuah landasan persepsi yang digunakan setiap orang yang berinteraksi dalam suatu kelompok atau organisasi untuk melakukan suatu kegiatan mengenai tugas dan kewajibannya. Dalam kenyatannya, mungkin jelas dan mungkin juga tidak begitu jelas. Tingkat kejelasan ini akan menentukan pula tingkat kejelasan peranan seseorang (Sedarmayanti, 2004 : 3).

Pengertian Profesionalisme

Sebelum membahas sikap profesional, ada baiknya diketahui terlebih dahulu makna profesional dan profesionalisme, dan akhirnya baru akan tercapai tindakan profesional. Profesional artinya ahli dalam bidangnya. Jika seorang manajer mengaku sebagai seorang yang profesional maka ia harus mampu menunjukan bahwa dia ahli dalam bidangnya. Harus mampu menunjukan kualitas yang tinggi dalam pekerjannya. Berbicara mengenai profesionalisme mencerminkan sikap seseorang terhadap profesinya. Secara sederhana, profesionalisme yang diartikan perilaku, cara, dan kualitas yang menjadi ciri suatu profesi. Seseorang dikatakan professional apabila pekerjannya memiliki ciri standar teknis atau etika suatu profesi ( Oerip dan Uetomo, 2000 : 264 – 265 ).

 

Profesionalisme Kerja

Profesionalisme pegawai sangat ditentukan oleh tingkat kemampuan pegawai yang tercermin melalui perilakunya sehari – hari dalam organisasi. Tingkat kemampuan pegawai yang tinggi akan lebih cepat mengarah kepada pencapaian tujuan organisasi yang telah direncanakan sebelumnya, sebaliknya apabila tingkat kemampuan pegawai rendah kecenderungan tujuan organisasi yang akan dicapai akan lambat bahkan menyimpang dari rencana semula. Istilah kemampuan menunjukkan potensi untuk melaksanakan tugas yang mungkin dan tidak mungkin dilakukan. Kalau disebut potensi, maka kemampuan disini baru merupakan kekuatan yang ada di dalam diri seseorang.

 

D. Metode Penelitian Tesis

Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian deskriptif yaitu penelitian yang berusaha untuk menuturkan pemecahan masalah yang ada sekarang berdasarkan data-data, menyajikan data, menganalisis dan menginterpretasi, yang bersifat komperatif dan korelatif, yang berhubungan dengan objek penelitian serta berusaha menjelaskan dan menggambarkan variabel penelitian secara mendalam dan mendetail dengan tujuan yang telah dirumuskan.

Data dari penyebaran kuisoner dan dianalisa melalui tabel distribusi frekwensi dan dianalisa menurut keterang responden, dalam hal ini jumlah responden 50 orang yaitu masyarakat dan wawancara dengan 3 orang data dari hasil wawancara akan diuraikan.

 

E. Kesimpulan

  1. Profesionalisme kerja pegawai Kecamatan Sidamanik dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk dapat dikatakan baik. Hal ini terbukti dari tanggapan responden yang menyatakan bahwa kesiapan pegawai dalam pelaksanaan pelayanan pengurusan KTP yaitu disiplin dalam memulai dan menyelesaikan pelayanan, mampu mengerjakan pekerjaan yang menjadi tanggung jawabnya, sikap aparatur dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Dimana aparatur dalam bekerja memahami dan melaksanakan dengan baik peran, tugas dan tanggung jawab mereka didalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk.
  2. Pelayanan kepada publik dalam pengurusan Kartu Tanda Penduduk, aparatur Kecamatan Sidamanik memberikan pelayanan yang baik tanpa memandang golongan atau status masyarakat, melalui sikap aparatur, dan Pada dasarnya orang berhak mendapatkan kesempatan dan pelayanan yang sama Hal ini harus perlu dilaksanakan oleh aparatur dalam memberikan pelayanan kepada setiap orang, dengan itu masyarakat akan merasa puas akan pelayanan yang diberikan oleh aparatur pemerintah.

 

Contoh Tesis Administrasi Negara

  1. Kopi Si Galar Utang (Kehidupan Sosial Ekonomi Keluarga Petani Kopi Di Dusun Sibangun Meriah Desa Bangun Seribu Kec Silimakuta Kab Simalungun)
  2. Pengaruh Budaya Organisasi Terhadap Kualitas Pelayanan Publik (Studi Tentang Pelayanan STNK di Kantor Bersama Samsat Pematang Siantar)
  3. Peranan Camat alam Upaya Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat Pedesaan (PNPM Mandiri Pedesaan)
  4. Peranan Kantor Badan Pengelola Keuangan dan Aset Daerah Kab Tapanuli Selatan dalam Mengelola Pendapatan Retribusi Pasar
  5. Peranan Kepemimpinan dalam Pemberdayaan Pegawai

 

Leave a Reply