HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Pengaruh LKS dlm Pembelajaran Berbasis Kompetensi thdp Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi terhadap Prestasi Belajar Geografi pada Siswa Kelas X Semester 2 SMA Negeri 8 Semarang Tahun Ajaran 2006/2007

 

A. Latar Belakang

SMA negeri 8 Semarang adalah salah satu sekolah dimana metode pembelajaran pada mata pelajaran geografi telah menggunakan LKS sebagai tugas terstruktur disamping buku paket dari Pemerintah Kota Semarang sebagai referensi utama. Penggunaannya mendasarkan pada salah satu landasan teoritis kurikulum berbasis kompetensi yakni bergesernya pembelajaran kelompok kearah pembelajaran individual, sehingga bagaimanakah setiap individual mampu memperlakukan LKS guna belajar sendiri sesuai dengan cara dan kemampuan masing-masing serta tidak bergantung pada orang lain.

Dalam menghantarkan siswa mencapai pembelajaran kearah individual tersebut di atas, banyak guru masih menggunakan LKS sebagai sarana pembelajaran, meskipun LKS adalah produk kurikulum 1994, yaitu kurikulum yang menekankan pada pendekatan CBSA. Dimana pada tahun 1994 LKS telah digunakan sebagai sarana pembantu guru dalam menyusun pelajaran, sebagai pedoman guru dan siswa dalam melaksanakan proses pembelajaran serta membantu mengaktifkan siswa dalam menemukan dan mrengembangkan konsep serta ketrampilan proses.

 

B. Permasalahan

LKS merupakan produk kurikulum 1994, akan tetapi pamanfaatannya masih diguanakan pada kurikulum 2004. sehingga bertolak dari perubahan itulah penulis mencoba meneliti pengaruh pengguanaan LKS terhadap prestasi belajar geografi pada sistem pembelajaran KBK.

 

C. Landasan Teori

Konsep Belajar

Pengertian belajar telah banyak didefinisikan oleh pakar psikologi. Menyatakan bahwa belajar merupakan proses dimana suatu organisme mengubah perilakunya karena hasil dari pengalaman. Belajar merupakan proses perubahan perilaku dalam arti luas, baik perubahan perilaku yang bersifat laten (covert behavior), maupun perilaku yang tampak (overt behavior). Perubahan perilaku yang di sebabkan karena belajar pada umumnya bersifat permanent, yang berarti bahwa perubahan itu akan bertahan dalam waktu yang relatif lama, sehingga hasil belajar tersebut dapat di gunakan kembali ketika menghadapi situasi baru. (Gagne dan Berliner (1984), dalam Catharina (2004)).

Pembelajaran Geografi

Pembelajaran adalah upaya untuk menciptakan iklim dan pelayanan terhadap kemampuan, potensi, minat, bakat dan kebutuhan peserta didik yang beragam agar terjadi interaksi optimal antara guru dengan siswa dan siswa dengan siswa (Linda, 2006).

 

Pengertian LKS

Lembar kerja siswa (LKS) adalah lembaran-lembaran yang digunakan sebagai pedoman di dalam pembelajaran serta berisi tugas yang harus dikerjakan oleh peserta didik dalam kajian teretentu. LKS sangat baik dipergunakan dalam rangka strategi heuristik maupun ekspositorik. Dalam strategi heuristik LKS dipakai dalam metode penemuan terbimbing, sedangkan dalam strategi ekspositorik LKS dipakai untuk memberikan latihan pengembangan.. Selain itu LKS sebagai penunjang untuk meningkatkan aktifitas siswa dalam proses belajar dapat mengoptimalkan hasil belajar (Darmojo dan Kaligis, 1991; Depdiknas, 2004; Yuningsih, 2006).

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas X di SMA Negeri 8 Semarang tahun ajaran 2006/2007.

Sedangkan untuk menentukan sampel digunakan teknik cluster random sampling atau sampel kelompok yaitu cara pengambilan sampel secara acak berdasarkan pada kelompok kelas.

Dari 9 kelas terambil secara acak 2 kelas sebagai sampel dari hasil undian. Dimana didapat kelas X.A sebagai kelas eksperimen dan kelas X.C sebagai kelas kontrol.

 

E. Kesimpulan

  1. Bahwa, hipotesis nol (Ho) yang berbunyi tidak ada perbedaan antara prestasi belajar siswa yang menggunakan LKS dengan siswa yang tidak menggunakan LKS hasilnya tidak terbukti, yang berarti hipotesis nol tidak diterima, sedangkan hipotesis 1 (H1) yang berbunyi prestasi belajar geografi pada siswa yang diajar menggunakan LKS lebih baik dari pada prestasi belajar geografi pada siswa yang diajar tanpa menggunakan LKS hasilnya terbukti atau dapat diterima dan berarti terdapat pengaruh yang signifikan. (Perhitungan selengkapnya pada lampiran 14 halaman 100)
  2. Dari hasil penelitian menunjukan bahwa pemakaian LKS dapat meningkatkan prestasi belajar geografi siswa, berarti masih terdapat efektifitas penggunaan LKS yang diterapkan dalam proses pembelajaran berbasis kompetensi, meskipun kurikulum dan metode pendekatan yang digunakan telah berbeda.
  3. Dari metode observasi mengenai tingkat aktifitas pembelajaran siswa dikelas yang mencakup aspek afektif dan psikomotorik didapatkan hasil yaitu, bahwa kelompok eksperimen yang menggunakan LKS sebagai alat pembelajaran hasilnya lebih baik dibanding kelompok kontrol yang tidak menggunakan LKS dalam aktifitas pembelajaran geografi. (Perhitungan selengkapnya pada lampiran 21).

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pengelolaan Kelas Guru Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kabupaten Banjarnegara Tahun 2005/2006
  2. Pengaruh Persiapan Fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan
  3. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi
  4. Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII
  5. Kemampuan Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

 

Incoming search terms:

Leave a Reply