HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Akutansi: Faktor Pengaruh Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi

Judul Tesis : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan 2003 di Universitas Negeri Semarang

 

A. Latar Belakang

Mahasiswa dengan minat yang rendah menyebabkan motivasinya juga rendah. Dengan motivasi yang rendah mahasiswa tidak mempunyai motivasi untuk menyukai materi perkuliahan sehingga akan merasa kesulitan menerima dan menguasai mata kuliah akuntansi yang teorinya cenderung rumit dan membutuhkan banyak perhitungan.

Lingkungan kampus tempat mahasiswa UNNES belajar yang beriklim sejuk dapat membuat mahasiswa cenderung bersantai-santai dan malas untuk belajar. Sarana akademik dan non akademik di UNNES yang masih memiliki keterbatasan menyebabkan mahasiswa kurang dapat mengembangkan potensi diri dan kreasinya sehingga muncul permasalahan berkenaan dengan pencapaian prestasi belajarnya. Dilihat dari sisi positifnya lingkungan kampus mahasiswa UNNES yang agak jauh dari keramaian dan hingar bingar ibukota propinsi dapat menunjang mahasiswa untuk lebih konsentrasi belajar, dan tidak cepat terkontaminasi pengaruh negatif dari kehidupan kota.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana deskripsi faktor internal dan faktor eksternal yang dapat mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.
  2. Adakah pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.
  3. Seberapa besar pengaruh faktor internal dan faktor eksternal terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Angkatan Tahun 2003 Di Universitas Negeri Semarang.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Belajar merupakan bagian yang sangat penting dalam kehidupan manusia sebagai makhluk sosial dan budaya yang mencakup segala sesuatu yang dipikirkan dan dikerjakan. Belajar memegang peranan penting dalam perkembangan, kebiasaan, sikap, keyakinan, tujuan, kepribadian, dan persepsi manusia.

Minat

Menurut Tu’u (2004:79-78), minat adalah kecenderungan yang besar terhadap sesuatu. Seseorang yang telah mempunyai minat terhadap satu pelajaran tertentu cenderung untuk memperhatikannya dengan baik. Minat dan perhatian yang tinggi itu akan memberi dampak yang baik terhadap prestasi belajar.

Motivasi

Menurut Sulistyowati (2001:18), motivasi merupakan pendorong atau pemberi semangat untuk memperoleh kesuksesan. Motivasi yang kuat dapat membuat seseorang sanggup bekerja ekstra keras untuk mencapai sesuatu. Menurut Tu’u (2004:80), motif adalah dorongan yang membuat seseorang berbuat sesuatu. Motif selalu mendasari dan mempengaruhi setiap usaha serta kegiatan seseorang untuk mencapai tujuan yang diinginkan.

 

D. Metode Penelitian

Populasi penelitian adalah mahasiswa program studi pendidikan akuntansi angkatan tahun 2003 Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang sebanyak 59 mahasiswa.

Karena jumlah populasinya kurang dari 100 maka penelitian ini termasuk penelitian populasi sehingga 59 mahasiswa menjadi sampel penelitian.

Variabel yang diteliti adalah faktor internal (X1), faktor eksternal (X2), dan prestasi belajar (Y). Pengumpulan data menggunakan instrumen yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya.

 

E. Kesimpulan

  1. Faktor internal yang meliputi kondisi kesehatan, minat belajar dan motivasi belajar berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2003 sebesar 10,80%.
  2. Faktor eksternal yang meliputi lingkungan keluarga, lingkungan kampus dan lingkungan masyarakat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2003 sebesar 16,22%.
  3. Faktor internal dan eksternal berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa program studi pendidikan Akuntansi Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Semarang angkatan 2003 sebesar 28,9%.

 

Contoh Tesis Akutansi

  1. Analisis Tingkat Kepuasan Siswa Dalam Mempelajari Akuntansi
  2. Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Terhadap Hasil Belajar Pokok Bahasan Laporan Keuangan
  3. Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi
  4. Kemadirian Belajar Akuntansi Dalam Implementasi Kurikulum 2004 Pada Siswa Kelas Xi-Ips
  5. Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal

 

 

Leave a Reply