HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Projector terhadap Prestasi Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran LCD Projector terhadap Prestasi Belajar Mata Kuliah Landasan Kependidikan Ditinjau dari Minat Belajar Mahasiswa

 

A. Latar Belakang Masalah

Minat belajar merupakan faktor yang sangat penting yang dapat mempengaruhi mahasiswa dalam mengikuti proses perkuliahan. Mahasiswa semester I STKIP PGRI Ngawi yang sebagian besar baru lulus dari SMA atau SMK dan yang sederajat, dengan latar belakang yang berbeda mempunyai minat yang berbeda pula dalam mengikuti proses perkuliahan. Ada mahasiswa yang memiliki minat yang tinggi dan adapula yang memiliki minat rendah. Oleh karena itu perlu adanya penyamaan persepsi dan minat mahasiswa terhadap proses perkuliahan khususnya dalam mata kuliah Landasan Kependidikan.

Perguruan Tinggi khususnya LPTK seperti STKIP PGRI Ngawi sebagai wahana pendidikan formal mempunyai tujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan menyiapkan mahasiswa menjadi calon-calon guru/pendidik dan tenaga kependidikan yang profesional. Oleh karena itu dalam setiap perkuliahan dituntut untuk meningkatkan sarana, prasarana dan kualitas para karyawan serta dosendosennya. Penggunaan media pembelajaran OHP dan LCD Projecor menjadi pilihan yang dapat dimanfaatkan oleh dosen bersama mahasiswa sebagai media pembelajaran dalam perkuliahan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada perbedaan pengaruh antara penggunaan media pembelajaran OHP dengan LCD Projecor terhadap prestasi belajar mata kuliah Landasan Kependidikan pada mahasiswa STKIP PGRI Ngawi?
  2. Apakah ada perbedaan pengaruh antara mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi dengan mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah terhadap prestasi belajar mata kuliah Landasan Kependidikan pada mahasiswa STKIP PGRI Ngawi?
  3. Apakah ada interaksi pengaruh antara penggunaan media pembelajaran dan Minat belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Landasan Kependidikan pada mahasiswa STKIP PGRI Ngawi?

 

C. Kajian Teori

Media Pembelajaran

Media pembelajaran merupakan komponen integral dari suatu sistem pembelajaran. “Komponen integral adalah suatu komponen yang tidak dapat dipisahkan/dihilangkan dari sistem. Sistem tidak akan dapat mencapai tujuan apabila salah satu komponen integralnya dihilangkan/ditiadakan.” (Depdikbud., 1981 : 31). Oleh karena itu proses pembelajaran tidak akan dapat mencapai tujuan apabila tidak adanya media pembelajaran.

Media Pembelajaran Overhead Projector (OHP)

Media pembelajaran Overhead Projector (OHP) termasuk ke dalam kelompok media proyeksi. Overhead Projector (OHP) adalah peralatan yang digunakan untuk memproyeksikan gambar atau tulisan pada transparansi film yang diletakkan di atas OHP dan diproyeksikan ke layar sehingga diperoleh gambar atau tulisan yang lebih besar dari aslinya. Dengan besarnya tampilan di layar, OHP dapat memperjelas pesan/informasi yang disampaikan.

Media pembelajaran LCD Projector

Media pembelajaran LCD Projector merupakan penggabungan antara Note Book atau Laptop dengan LCD Projector. LCD Projector sebagai hardwarenya, sedangkan program yang sudah terdesain dan tersusun di dalam Laptop sebagai softwarenya. LCD Projector termasuk ke dalam kategori media Audio Visual Gerak, karena dapat menyajikan berbagai tampilan informasi baik berupa Audio, Visual diam, Visual gerak, maupun gabungan Audio visual gerak.

Pengertian Minat Belajar

Minat belajar adalah aspek psikologi seseorang yang menampakkan diri dalam beberapa gejala, seperti : gairah, keinginan, perasaan suka untuk melakukan proses perubahan tingkah laku melalui berbagai kegiatan yang meliputi mencari pengetahuan dan pengalaman, dengan kata lain, minat belajar itu adalah perhatian, rasa suka, ketertarikan seseorang (mahasiswa) terhadap belajar yang ditunjukkan melalui keantusiasan, partisipasi dan keaktifan dalam belajar.

Pengertian Prestasi Belajar

Prestasi belajar menurut Saifuddin Azwar adalah “hasil yang telah dicapai oleh siswa dalam belajar.” (Saifuddin Azwar, 2005 : 13). Sedangkan Nana Sudjana mengemukakan bahwa prestasi belajar adalah : “beragam kemampuan yang dimiliki siswa setelah menerima pengalaman belajarnya.” (Nana Sudjana, 1995 : 22).

 

D. Metodelogi Penelitian

Penelitian dilaksanakan di STKIP PGRI Ngawi Tahun Akademik 2008/2009.

Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan desain faktorial 2 x 2.

Populasi penelitian adalah mahasiswa STKIP PGRI Ngawi.

Teknik Sampling yang digunakan adalah Multi stage purposive cluster random sampling.

Sampel penelitian berjumlah 60 mahasiswa terdiri dari 30 mahasiswa kelompok Eksperimen dan 30 mahasiswa kelompok Kontrol. Instrumen yang digunakan adalah Angket minat belajar dan Tes hasil belajar.

Validitas instrumen untuk Angket diuji dengan teknik korelasi Product moment dan reliabilitas angket dengan teknik korelasi Spearman Brown. Untuk tes dihitung Tingkat kesukaran dan Daya beda, serta uji validitas butir dilakukan dengan rumus korelasi Pointbiserial.

Uji Reliabilitas Tes dengan teknik korelasi Spearman Brown.

Teknik analisis data yang digunakan adalah Analisis Varian (ANAVA) yang dilanjutkan dengan uji Schefee.

 

E. Kesimpulan

1. Berdasarkan kajian teori dikemukakan bahwa ada perbedaan prestasi belajar mata kuliah Landasan Kependidikan antara proses pembelajaran yang menggunakan media LCD Projector dengan proses pembelajaran yang menggunakan media OHP. Prestasi belajar mahasiswa akan lebih tinggi bila diberi kuliah menggunakan media LCD Projector dari pada menggunakan media OHP. Berdasarkan analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini membuktikan bahwa kedua pernyataan tersebut di atas terbukti kebenarannya yaitu Ada perbedaan yang signifikan prestasi belajar mahasiswa antara yang diberi kuliah menggunakan media LCD dengan menggunakan media OHP. Prestasi belajar mahasiswa yang diberi kuliah menggunakan media LCD lebih tinggi dari pada yang diberi kuliah menggunakan OHP.

2. Berdasarkan kajian teori dikemukakan bahwa mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi prestasi belajarnya berbeda dengan mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah. Mahasiswa yang memiliki minat belajar tinggi prestasi belajarnya lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah. Hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini membuktikan bahwa kedua pernyataan di atas terbukti kebenarannya berbeda secara signifikan dan lebih tinggi dari pada mahasiswa yang memiliki minat belajar rendah.

3. Berdasarkan kajian teori dikemukakan bahwa ada interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran (Media LCD dan media OHP) dan Minat belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Landasan Kependidikan pada mahasiswa STKIP PGRI Ngawi tahun akademik 2008/2009. Hasil analisis data dan pembahasan dalam penelitian ini menunjukkan bahwa pernyataan tersebut di atas terbukti kebenarannya yaitu Ada interaksi pengaruh penggunaan media pembelajaran dan minat belajar terhadap prestasi belajar mata kuliah Landasan Kependidikan pada mahasiswa STKIP PGRI Ngawi tahun akademik 2008/2009. Hal ini menunjukkan bahwa antara penggunaan media pembelajaran (Media LCD dan media OHP) dan minat belajar mahasiswa secara bersama-sama dapat berpengaruh terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Incoming search terms:

Leave a Reply