HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Apresiasi Mahasiswa Sendratasik trhdp Permainan Drum

Judul Skripsi : Apresiasi Mahasiswa Sendratasik terhadap Permainan Drum dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya

 

A. Latar Belakang

Dalam sajian sebuah musik, drum terutama menempati posisi ritme, dengan demikian sesuai dengan posisinya, drum berfungsi untuk menjaga tempo dan membawa irama dalam bermain musik. Dengan demikian fungsi drum secara total adalah sebagai fondasi musik dalam bentuk ritme. Ibarat musik itu kehidupan, gitar adalah emosi, keyboard adalah aura, vocal adalah perilaku, bass adalah nyawa, sedangkan drum adalah energi. Drum adalah sebagai pengatur (motor) dalam proses penyajian sebuah lagu, cepat lambatnya suatu lagu sangat bergantung pada seorang drummer dalam memainkan tempo. Secara garis besar bermain drum adalah salah satu bagian dalam bermain musik, sehubungan dengan itu maka dirasakan perlu untuk melakukan penelitian tentang permainan drum, terutama kajian tentang Apresiasi Mahasiswa jurusan Sendratasik FBS UNNES terhadap Permainan drum dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya.

Di Sendratasik FBS UNNES terutama jurusan seni musik, ada mata kuliah PIIP perkusi. Materi yang disajikan dalam mata kuliah tersebut adalah instrumen drum. Disamping mahasiswa yang menempuh mata kuliah PIIP perkusi banyak dijumpai aktifitas mahasiswa jurusan Sendratasik yang senang bermain band di luar jam kuliah sehingga dari aktifitas bermain band tersebut banyak bermunculan mahasiswa yang berprofesi sebagai drummer. Berkaitan dengan hal tersebut ini perlu adanya suatu gambaran terutama menyangkut apresiasi mahasiswa terhadap permainan drum untuk dijadikan apresiasi bagi mereka agar tidak salah dalam memainkan drum tersebut.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana apresiasi mahasiswa jurusan Sendratasik FBS UNNES terhadap permainan drum?
  2. Faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi apresiasi mahasiswa Sendratasik dalam mengapresiasi permainan drum?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Musik

Musik adalah penghayatan isi hati manusia yang diungkapkan dalam bentuk bunyi yang teratur dengan melodi atau ritme serta mempunyai unsuratau keselarasan yang indah (Hadi, 1985: 5). Musik adalah gerakan bunyi, dan musik merupakan totalitas fenomena akustik yang apabila diuraikan terdiri dari tiga pokok yaitu: 1) Unsur yang bersifat material, 2) Unsur yang bersifat spiritual, 3) Unsur yang bersifat moral (Maryoto, 1989: 9).

Permainan Drum

Permainan drum tidak dapat dipelajari hanya dengan membaca notasi saja, hal ini dikarenakan untuk mamainkan drum perlu teknik yang sulit didapat dengan sendirinya. Seseorang harus bisa mangkoordinasikan kedua tangan dan kedua kaki untuk bisa bermain drum. Hal yang harus diperhatikan oleh seorang drummer adalah bagaimana cara memegang stik dan cara menginjakan kaki pada pedal bas drum dan pedal hi-hat yang benar. Hal ini akan sangat berpengaruh dalam proses berlatih dan hasil dalam bermain drum (Denny AJD 2004:48).

 

Apresiasi Musik

Istilah apresiasi berasal dari kata berbahasa latin yaitu, apreciatio yang artinya mengindahkan atau menghargai (Aminudin, 1987: 34). Dalam istilah lebih luas, istilah apresiasi menurut Gove (Aminudin, 1987: 34) mengandung makna pemahaman dan pengakuan terhadap nilai-nilai keindahan yang diungkapkan oleh seorang pencipta karya seni.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Metode yang digunakan adalah metode pendekatan Deskriptif Kualitatif yang memberikan gambaran data-data yang berhubungan dengan Apresiasi Mahasiswa Sendratasik Terhadap Permainan Drum Dan Faktor- Faktor yang mempengaruhinya. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah mahasiswa dan dosen jurusan Sendratasik.

Teknik pengambilan data dalam penelitian ini adalah teknik observasi, wawancara, dokumentasi.

Analisis data interaktif terdiri dari reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan diolah dan kemudian diseleksi atas dasar reabilitas dan validitasnya.

Keabsahan data diperiksa dengan teknik pemeriksaan keabsahan data yaitu dengan teknik Triangulasi.

 

E. Kesimpulan

  1. Apresiasi Mahasiswa Sendratasik Terhadap Permainan Drum untuk Setelah dilakukan penelitian pada mahasiswa Sendratasik FBS UNNES terhadap permainan drum dapat disimpulkan mahasiswa Sendratasik menunjukan sikap yang apresiatif, terutama pada mahasiswa yang berprofesi sebagai drummer dan sering terlibat langsung dalam sebuah pertunjukan menjadi pemain drum. Kebanyakan dari mereka yang berprofesi sebagai drummer bias memahami permainan drum yang mereka lihat dan mau belajar untuk mendalami permainan drum dan mereka juga merasa senang dan nyaman sebagai seorang Sedangkan mahasiswa yang bukan permain drum mereka kurang bias berapresiasi dikarenakan kurangnya pengalaman dalam hal permainan drum dan rasa ingin tahu mereka cukup rendah sehingga tingkat apresiasi mereka hanya pada taraf penikmatan. Hal ini terbukti dengan adanya sikap bahwa mereka memperhatikan permainan drum pada sebuah lagu hanya sekedar menikmati lagunya sedangkan untuk memahami permainan drumnya mereka belum bisa.
  2. Faktor yang Mempengaruhi Apresiasi Mahasiswa Jurusan Sendratasik Dalam Mengapresiasi Permainan Drum. Faktor-faktor yang mempengaruhi mahasiswa Sendratasik dalam mengapresiasi permainan drum ada 2 macam yaitu faktor internal dan factor eksternal. Pada faktor internal , faktor yang mendukung adalah minat dan motivasi dari mahasiswa untuk mempelajari permainan drum dengan kemauan sendiri dan didasari rasa suka, sedangkan faktor penghambatnya adalah seseorang lebih termotivasi pada instrumen lain sehingga tidak terlalu memperhatikan drum dan teknik permainannya. Pada faktor eksternal, faktor yang mendukung mahasiswa dalam mengapresiasi permainan drum adalah dorongan keluarga, teman sekolahnya dan lingkungan sekitar yang selalu mendorong untuk selalu berapresiasi dalam bermusik sedanglan untuk faktor penghambatnya adalah lingkungan keluarga, sekolah dan lingkungan masyarakatnya tidak ada yang mendukung, hal ini dikarenakan mereka tidak tahu dan tidak peduli tentang permainan drum.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Studi Komparasi Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dan Metode Konvensional Pokok Bahasan Jurnal Khusus Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar pada Siswa Kelas II MAN Suruh
  2. Apresiasi Mahasiswa Sendratasik terhadap Permainan Drum dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya
  3. Korelasi Antara Persepsi Guru terhadap Mata Pelajaran Bahasa Prancis dengan Pelaksanaan Pengajaran Bahasa Prancis di SMA Se-Kota Semarang
  4. Metode Pembelajaran Lagu Daerah Jawa Tengah di SMP Negeri 2 Semarang
  5. Pelaksanaan Pembelajaran Vokal dengan Metode Solfegio Di Kelas Iv Unggulan

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply