HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pendidikan: Pengaruh Persiapan Fisik n Materi Perkuliahan trhdp Kesiapan Mahasiswa

Judul Skripsi : Pengaruh Persiapan Fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan Mahasiswa dalam Mengikuti Perkuliahan pada Jurusan Geografi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Semarang Tahun Pelajaran 2003/2004

 

A. Latar Belakang

Untuk mengatasi kesulitan-kesuliatan dalam mengikuti perkuliahan maka diperlukan persiapan diri untuk mengikuti perkuliahan, sejumlah kegiatan dan atau ketrampilan dalam persiapan kuliah perlu diperhatikan. Berbagai ketrampilan tersebut adalah persiapan fisik dan persiapan materi. Dalam buku “Kemampuan Menjalani Perkuliahan secara Efektief” yang ditulis oleh Tim Pengembang 3 SCPD, persiapan fisik disini adalah mengupayakan terpeliharanya kesehatan dan kebugaran fisik untuk siap dan tetap bergairah dalam menjalani berbagai aktifitas perkuliahan. Sedangkan persiapan materi perkuliahan adalah aktifitas yang dilakukan untuk memudahkan mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan yang dilakukannya, antara lain menacatat, dan memepelajari materi perkuliahan. (Tim Pengembang 3SCPD,1997 : 6)

Berdasarkan beberapa masalah tersebut di atas maka peneliti mengajukan judul penelitian “Pengaruh Persiapan Fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Mengikuti Perkuliahan pada Jurusan Geografi Fakultas Ilmu sosial Universitas Negeri Semarang”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimankah persiapan fisik dan persiapan materi mahasiswa dalam mengikutiperkuliahan pada Jurusan Geografi ?
  2. Adakah pengaruh yang nyata antara persiapan fisik dan persiapan materi terhadap kesiapan mahasiswa menghadapi perkuliahan pada Jurusan Geografi FIS UNNES ?

 

C. Landasan Teori

Persiapan menghadapi perkuliahan

Dalam menghadapi perkuliahan, mahasiswa harus mempersiapkan diri, sebab untuk dapat mengerti materi yang disampaikan dosen memerlukan konsentrasi yang baik. Persiapan yang matang akan memudahkan dalam konsentrasi. Persiapan yang perlu dilakukan mahasiswa adalah persiapan fisik dan persiapan materi.

Kondisi perkuliahan yang baik

Bila kita amati kondisi perkuliahan cukup banyak mahasiswa yang datang ke perkuliahan hanya untuk memenuhi absen saja. Mereka datang, duduk, dan diam sa:mpai perkuliahan berakhir. Dan setelah perkuliahan berakhir mereka tidak mendapat apa-apa, kalaupun ada kemungkinan besar hanya mengingat beberapa hal yang disampaikan dosen, dan itupun bisa lupa ketika tidak dicatat.

Persiapan materi perkuliahan

Persiapan materi atau persiapan intelektual merupakan persiapan yang berupa usaha membaca buku pelajaran wajib atau bahan pelajaran lainnnnnya sebelum mengikkutti kuliah. (The Liang Gie, 1995 : 11-12)

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa Jurusan Geografi FIS UNNES sebanyak 182 mahasiswa. Karena persebaran populasi pada kelas-kelas berdasarkan tingkat semester dan program studi, maka untuk mendapatkan sampel yang dapat mewakili populasi yang ada sampel diambil dengan tehnik stratified proportional random sampling sebanyak 47 mahasiswa.

Variabel yang diteliti ada 3, yaitu persiapan fisik, persiapan materi perkuliahan sebagai variabel bebes dan kesiapan mengikuti perkuliahan sebagai variabel terikat.

Data diambil dengan tehnik angket, dan analisis data menggunaka analisis regrsi ganda.

 

E. Kesimpulan

  1. Persiapan fisik mahasiswa geografi sebelum mengikuti perkuliahan 48.9% mahasiswa mempunyai persiapan baik, 4.3% kurang, 4.3% sangat baik dan 42.6% persiapan fisiknya kurang.
  2. Persiapan materi perkuliahan mahasiswa jurusan Geografi sebelum mengikuti perkuliahan 57.4% mempunyai persiapan kurang, 40.4% baik dan 2.1% sangat kurang dalam mempersiapkan materi perkuliahan dan tidak mahasiswa yang memiliki persiapan yang sangat baik untuk mengikuti perkuliahan.
  3. Dan kondisi saat perkuliahan mahasiswa sebagian besar dalam kategori baik yaitu mencapai 66% mahasiswa, selebihnya 6.3% dalam kategori kurang dan 27.7 dalam kategori sangat baik.

 

Contoh Skripsi Pendidikan

  1. Pengelolaan Kelas Guru Mata Pelajaran Pengetahuan Sosial di SMP Negeri Kabupaten Banjarnegara Tahun 2005/2006
  2. Pengaruh Persiapan Fisik dan Persiapan Materi Perkuliahan terhadap Kesiapan
  3. Pengaruh Penggunaan Lembar Kerja Siswa dalam Pembelajaran Berbasis Kompetensi
  4. Kontribusi Pelaksanaan Karyawisata Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran IPS Geografi Kelas VIII
  5. Kemampuan Guru dalam Mengintegrasikan Pendidikan Kependudukan dan Lingkungan Hidup (PKLH)

 

Leave a Reply