HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Peran Planning Product Control dlm Proses Produksi

Judul Skripsi : Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten

 

A. Latar Belakang

PT INTAN PARIWARA adalah salah satu perusahaan di Klaten yang bergerak dibidang penerbit buku-buku Pelajaran mulai dari tingkat TKSMA dan alat-alat peraga, saat ini banyak usahausaha penerbit buku pelajaran untuk itu perusahaan perlu waspada dan harus tetap menjaga kualitas produk agar tetap menjadi pilihan pertama oleh konsumen, menjaga kualitas akan lebih berat daripada menjaga konsumen, dapat dilihat juga ketika kualitas bagus secara otomatis konsumen akan banyak yang berdatangan dan akan selalu mengingat kualitas produk, ketika kualitas tidak memuaskan konsumen akan lari dan mencari produk lain yang kualitasnya jauh lebih bagus apalagi produknya adalah buku yang sangat dibutuhhkan dunia pendidikan saat ini sebagai penunjang kualitas para pelajar dalam mencerdaskan bangsa, untuk itu PT INTAN PARIWARA selalu mengutamakan kualitas sesuai dengan slogannya “Mari bersama Intan Pariwara mencerdaskan bangsa”.

Peran bagian Produksi sangat penting dalam menghasilkan bukubuku yang mempunyai nilai bobot materi tinggi serta kualitas yang bagus, karena secara tidak langsung buku dapat membantu mempermudah siswa dalam memahami materi dan mempunyai semangat belajar yang tinggi. Dengan adanya Planning Product Control pimpinan akan dengan mudah mengontrol dan membenarkan bila kesalahan itu terjadi, dengan sendirinya akan berdampak positif dalam peningkatan kualitas yang akan dihasilkan dari apa yang telah direncanakan sebelumnya serta dapat diselesaikan sesuai jadwal yang sudah dibuat. Oleh karena itu Planning Product Control sangat berperan dalam peningkatan kualitas produk di PT INTAN PARIWARA.

 

B. Rumusan Masalah

Apa Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT INTAN PARIWARA KLATEN?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Peran

Peranan sangat penting dalam kehidupan masyarakat karena peranan menentukan bagaimana seseorang harus bertingkah laku dalam masyarakat. Peranan tersebut dirumuskan dan diakui oleh masyarakat melalui norma sosial yang berlaku dalam masyarakat. Secara umum, dalam kamus Bahasa Indonesia peranan memiliki arti yaitu bagian dari tugas utama yang harus dilakukan, peranan sama halnya juga dengan faedah atau kegunaan, dapat dikatakan juga sebagai fungsi.

Perencanaan (Planning)

Perencanaan (Planning) menurut Josephl Massie (1983:91) Perencanaan adalah fungsi manajemen yang telah menentukan secara jelas pemilihan polapola mengarah untuk para pengambil keputusan sehingga terdapat koordnasi. Demikian banyak keputusankeputusan dalam suatu kurun waktu tertentu dan mengarah kepada tujuantujuan yang telah ditentukan.

Product

Menurut Josep M. Muram dalam Fandy tjiptono (2001:22) Produk adalah segala sesuatu yang ditawarkan produsen untuk diperhatikan, diminta, dicari, dibeli, disewa, digunakan atau dikonsumsi pasar (baik pasar konsumen akhir maupun pasar industrial) sebagai pemenuhan kebutuhan atau keinginan pasar yang bersangkutan.

 

D. Kesimpulan

  1. Bahwa menentukan rancangan produk baik dari segi isi materi buku, fisik (cover buku) yang sesuai dengan segmentasi pasar/ konsumen sangatlah penting dalam keberlangsungan proses produksi sebuah perusahaan, karena dari sinilah dapat diketahui sejauh mana kualitas yang ditawarkan seorang produsen kepada konsmen. Dari rancangan produk yang sudah dibuat dikonsultasikan dengan Vice President Operational sebelum dipresentasikan kepada Board of Director.
  2. Setelah rancangan produk sudah disetujui oleh Boar of Director maka tugas PPC membagi job ke IP Group yang sesuai dengan produknya dan menentukan time scedule/ target waktu penyelesaian dari masingmasing

 

E. Saran

  1. Kualitas produk merupakan prioritas utama, jadi untuk bagian meneliti naskah perlu ditambah karyawannya karena naskah sering menumpuk di QCM produksi juga bergantung ada kerjasama yang baik antara Divisi produksi dengan QCM dalam menyelesaikan proses produksi sehingga selesai sesuai dengan target waktu yang sudah dibuat.
  2. Pemantauan terhadap proses produksi lebih dirutinkan lagi, karena sering terjadi kemoloran waktu dalam menyelesaikan produksi yang tidak sesuai dengan target waktu yang sudah

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Peramalan Penjualan Rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan) Pada PT. Djitoe Indonesian
  2. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Komitmen, Pembelian Ulang dan Word of Mouth dengan Relationship Quality sebagai variabel pemediasi (Studi kasus pada Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta)
  3. Evaluasi Penerapan Promosi pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta
  4. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten Tanggapan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Surat Kabar Solopos
  5. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten

 

Leave a Reply