HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Proses Produksi Paper Bag pada PT. Wangsa Jatra Lestari

Judul Skripsi : Proses Produksi Paper Bag pada PT. Wangsa Jatra Lestari di Kartasura

 

A. Latar Belakang

PT Wangsa Jatra Lestari merupakan salah satu perusahaan industry yang bergerak di bidang jasa penerbitan dan percetakan. Jenis jasa yang di ekspor keluar negeri adalah jasa percetakan paper bags, dimana buyer atau importir yang mendesain tampilan produk paper bags, sedangkan PT Wangsa Jatra Lestari mempersiapkan bahan baku dan mencetak paper bags sesuai dengan desain atau permintaan importir. PT. Wangsa Jatra Lestari telah mengekspor produk-produknya ke berbagai negara diantaranya adalah Amerika, Eropa, Australia dan U.A.E. Selain paper bag, PT. Wangsa Jatra Lestari juga menerima pesanan berupa wine bag, gift box dan chellopan roll. Produk-produk yang di ekspor PT. Wangsa Jatra Lestari memiliki kualitas yang sangat baik, pemilihan bahan baku yang tepat, ketepatan dalam warna, ukuran, atau desain produk menjadi perhatian utama perusahaan karena PT. Wangsa Jatra Lestari lebih mengutamakan kepercayaan pelanggan.

Berdasarkan uraian di atas, penulis ingin mengetahui lebih lanjut mengenai proses produksi dan strategi produksi yang digunakan oleh PT. Wangsa Jatra Lestari dalam menghasilkan produk ekspor. Penulis ingin mengangkatnya menjadi pokok permasalahan dalam penelitian yang berjudul “Proses Produksi Paper Bag pada PT. Wangsa Jatra Lestari di Kartasura ”.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana tahap-tahap proses produksi yang dilakukan oleh PT. WANGSA JATRA LESTARI?
  2. Bagaimana strategi produksi yang diterapkan oleh PT. WANGSA JATRA LESTARI guna menghasilkan produk ekspor yang berdaya saing tinggi?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Ekspor

Ekspor adalah upaya melakukan penjualan komoditi yang kita miliki kepada bangsa lain atau negara asing, dengan mengharapkan pembayaran dalam valuta asing, serta melakukan komunikasi dengan memakai bahasa asing (Amir MS, 2004 : 1).

Pengertian Strategi Produksi

Menurut Render dan Heizer (2001 : 28) dalam bukunya “Prinsipprinsip manajemen operasi”, strategi adalah suatu rencana aksi organisasi atau perusahaan untuk mencapai tujuan, sedangkan menurut Panglay Kim (2001: 89), strategi adalah rancangan besar yang menggambarkan sebuah perusahaan yang harus beroperasi untuk mencapai tujuan. Jadi secara umum strategi dapat disimpulkan sebagai sebuah cara perusahaan dalam memperoleh suatu tujuan untuk mencapai kesuksesan dalam menentukan kemajuan suatu perusahaan.

Pengertian Proses Produksi

Proses produksi menurut Assauri (1978 : 65) dapat diartikan sebagai cara, metode dan tehnik untuk menciptakan atau menambah kegunaan suatu barang atau jasa dengan menggunakan sumber-sumber (tenaga kerja, mesin, bahan-bahan dan dana) yang ada. Sedangkan pengertian proses produksi menurut Ahyari (1994 : 65) adalah merupakan suatu cara, metode, maupun tehnik bagaimana penambahan manfaat atau penciptaan faedah baru dilaksanakan dalam perusahaan.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah analisa deskriptif yaitu penelitian dengan cara menginterpretasikan (membaca, menyimak, membandingkan) datadata yang ada, kemudian menguraikan atau menjabarkan untuk menarik kesimpulan.

Pengumpulan data yang berasal dari dokumen-dokumen serta dari pihak-pihak yang berhubungan dengan kegiatan tersebut.

Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder.

Data primer meliputi hasil wawancara langsung dengan pihak terkait dan data sekunder diperoleh dari dokumendokumen serta sumber-sumber tertulis lainnya.

 

E. Kesimpulan

Tahap-tahap produksi paper bag ekspor pada PT. Wangsa Jatra Lestari adalah sebagai berikut :

  • Order

Buyer memesan sejumlah paper bag pada PT. Wangsa Jatra Lestari lewat e-mail dengan mengirimkan spesifikasi paper bag dengan draf purchase order kemudian perusahaan melakukan negosiasi dengan mengirimkan offer sheet kepada buyer dan terjadilah kesepakatan antara kedua belah pihak dimana buyer mengirimkan purchase order kepada perusahaan.

  • Job instruction (petunjuk produksi)

Dibuat setelah turunnya purchase order dari buyer yaitu sebagai petunjuk produksi dalam melaksanakan proses produksi paper bag.

Strategi produksi yang diterapkan PT. Wangsa Jatra Lestari adalah:

  • Produksi dengan mutu dan pelayanan yang tinggi. Memberikan tekanan pada mutu dan layanan yang baik kepada
  • Perbaikan produksi Memberikan jaminan produk atau produk bergaransi kepada

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Sisa Hasil Usaha Koperasi Pegawai Negeri di Kota Surakarta Tahun 2007
  2. Penggunaan Letter Of Credit (LC) pada Pt. Kusumahadi Santosa di Jaten Karanganyar
  3. Pengaruh Leverage terhadap Manajemen Laba dengan Variabel Pemoderasi Arus Kas Bebas pada Perusahaan
  4. Proses Produksi Paper Bag pada Pt.Wangsa Jatra Lestari di Kartasura
  5. Optimalisasi Ekspor Tekstil dan Produk Tekstil Indonesia ke Amerika Serikat Melalui Penerbitan

 

Incoming search terms:

Leave a Reply