HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Manajemen: Analisis Network Proses Produksi Batik Cap

Judul Tesis : Analisis Network Proses Produksi Batik Cap pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta

 

A. Latar Belakang

Pesatnya perkembangan teknologi saat ini menyebabkan semakin ketatnya persaingan terutama dalam bidang bisnis, setiap proses produksi dibantu oleh mesin-mesin canggih dan penggunaannya sangat praktis dan pengerjaannya sangat singkat. Keadaan ini didukung oleh munculnya produk-produk baru, dengan berbagai macam corak dan warna yang disukai atau diminati oleh konsumen. Sehingga produk baru tersebut bersaing dipasaran untuk mendapatkan tempat dipasar agar perusahaan dapat tumbuh dan berkembang dengan baik maka diperlukan penggunaan sumber daya, baik uang, tenaga kerja, bahan, mesin, dan waktu secara efektif dan efisien agar didapatkan hasil yang optimal dengan penggunaan sumber daya yang otimal akan mendapatkan hasil yang sesuai dengan pasaran, tepat waktu dan tepat biaya pula.

Pengendalian dapat berarti pengawasan yang diperlukan pada tiap-tiap kegiatan yang diadakan agar tindakan- tindakan dapat dilaksanakan sesuai dengan waktu yang ditetapkan. Pengawasan bertujuan untuk memeberikan jaminan terhadap pelaksanaan suatu rencana yang telah ditetapkan jadi pengawasan mempunyai unsur bimbingan atau petunjuk pada setiap kegiatan yang dilaksanakan.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana jaringan kerja proses produksi diterapkan dengan urutan-urutan pekerjaan yang logis agar dapat diselesaikan tepat waktu?
  2. Bagaimanakah jalur kritis untuk menyelesaikan dengan waktu yang paling efisien ?
  3. Berapa probabilitas proses produksi dapat selesai tepat waktu yang ditargetkan?

 

C. Landasan Teori

Perencanaan Produksi

Perencanaan merupakan salah satu fungsi dari manajemen dimana perencanaan tersebut menentukan usaha atau tindakan untuk suatu kegiatan yang di putuskan oleh pimpinan atau manager. Untuk mendapatkan perencanaaan yang baik, perencanaan tersebut harus didukung baik dari lingkungan internal maupun eksternal maka di dapatkan perencanaan yang optimal.

Pengawasan Produksi

Dalam fungsi manajemen pengawasan kegiatan produksi merupakan kegiatan produksi yang terakhir. Soeharto (1997:107 mengartikan pengawasan adalah suatu pengendalian proses produksi agar sesuai dengan rencana yang ditetapkan, sedangkan pengendalian yang dimaksud untuk memantau dan mengkaji agar langkah-langkah kegiatan tersebut terbimbing ke arah tujuan yang di tetapkan.

 

Scheduling (penjadwalan)

Handoko (1999: 400) mengartikan Scheduling atau penjadwalan adalah suatu kegiatan perencanaan penjadwalan waktu dan urutan pengguna sumber daya phisik dan manusia serta untuk kegiatan-kegiatan operasional suatu organisasi atau perusahaan.

 

D. Metode Penelitian

Mengadakan penelitian melalui magang kerja di perusahaan Batik PT. Batik Danar Hadi di Surakarta.

Sumber Data pada penelitian ini yaitu data primer dan data sekunder.

Untuk memperoleh data yang diperlukan dalam menganalisis yaitu dengan penelitian observasi, wawancara dan Melayani data.

 

E. Kesimpulan

  1. Urutan-urutan dalam melakukan proses produksi pembuatan batik cap pada perusahaan PT. Batik Danar Hadi yaitu kegiatan; nganji atau melayor (A), ngemplong (B), mbatik atau ngecap (C), medel (D), ngelorod 1 (E), ngelorod 2 (F), cap drik (G), nyoga (H).
  2. Dengan menggunakan metode PERT maka dapat diperoleh jalur kritis yaitu nganji atau melayor (A), ngemplong (B), mbatik atau ngecap (C), medel (D), ngelorod 1 (E), ngelorod 2 (F), cap drik (G), nyoga (H).Waktu yang dibutuhkan pada jalur kritis adalah 171.67 menit.
  3. Hasil estimasi probabilitas waktu penyelesaian selama 180 menit sebesar 0,88877 yang berarti bahwa perusahaan memiliki kemungkinan sebesar 89 % untuk memenuhi penyelesaian proses produksi sesuai dengan waktu yang dijadwalkan.

 

Contoh Tesis Manajemen

  1. Pelayanan Kesehatan Bagi Peserta Pemeliharaan Kesehatan Masyarakat Surakarta
  2. Analisis Pengendalian Kualitas dengan Menggunakan Metode C-Chart Pada PT.TOMOKO
  3. Analisis Tingkat Kepuasan Konsumen terhadap Produk Koran Solopos
  4. Penerapan Service Excellent Terhadap Pelayanan digaleri Indosat Cabang Solo
  5. Penerapan Bauran Pemasaran pada PT. Batik Danar Hadi Surakarta

 

Incoming search terms:

Leave a Reply