HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Peran Asisten Produksi dlm Proses Produksi Iklan Televisi

Judul Tesis : Peran Asisten Produksi dalam Proses Produksi Iklan Televisi di Rumah Produksi 25 Frames

 

A. Latar Belakang

Ada beberapa macam media yang dapat digunakan sebagai sarana beriklan, salah satunya adalah dengan menggunakan media televisi. Televisi adalah salah satu media hiburan yang paling digemari oleh masyarakat Indonesia dan oleh masyarakat dunia, karena televisi merupakan salah satu media yang efektif untuk beriklan. Hal tersebut dapat terlihat bahwa iklan televisi mempunyai karakteristik khusus yaitu kombinasi gambar, suara dan gerak. Oleh karena itu pesan yang disampaikan sangatlah menarik perhatian khalayak luas. Model iklan yang disajikan oleh televisi pun juga sangat bervariasi. Perkembangan iklan yang makin kreatif tersebut itulah yang menjadikan makin bervariasinya tayangan iklan dan bisa menjadi hiburan tersendiri.

Iklan televisi memiliki kelebihan yang unik bila dibandingkan beriklan melalui media lainnya. Kelebihan unik dari iklan televisi tersebut adalah mempunyai dampak yang kuat terhadap konsumen dengan penekanan pada dua indera sekaligus yaitu telinga dan mata, serta mapu mendemonstrasikan produk yang diiklankan serta membangun ingatan yang kuat tentang produk atau jasa yang diklankan di benak konsumen. Sehingga Iklan televisi merupakan salah satu bentuk strategi media yang dianggap paling efektif dalam proses pemasaran produk dalam menarik konsumen

 

B. Tujuan Umum

  1. Untuk mempelajari hal-hal baru tentang dunia periklanan televisi.
  2. Untuk menambah pengalaman, pengetahuan, dan keterampilan, sehingga dapat menjadi asisten produksi yang profesional.
  3. Untuk mengetahui bagaimana situasi dan kondisi dunia kerja di sebuah rumah produksi untuk memproduksi iklan televisi.

 

C. Landasan Teori

Definisi Iklan

Iklan bukanlah barang baru dalam sejarah perekonomian Indonesia karena iklan telah ada sejak koran beredar di Indonesia lebih dari 100 tahun yang lalu. Contohnya adalah iklan yang dimuat dalam surat kabar Tjahaja Sijang yang terbit di Manado sejak tahun 1869. Iklan televisi yang ditayangkan pertama kali di Indonesia yaitu di stasiun TVRI pada tanggal 1 Maret 1963 tepat pukul 19.00 dan hanya diperbolehkan menayangkan iklan sebanyak 15% dari total jam siarannya.

 

Iklan sebagai Salah Satu Bentuk Komunikasi Massa

Komunikasi massa adalah suatu proses yang melibatkan banyak komunikator dengan menggunakan media untuk menyebarkan pesan-pesan secara luas, dan secara terus-menerus berusaha menciptakan makna yang diharapkan dapat mempengaruhi khalayak luas. Periklanan dan komunikasi massa sangat erat kaitannya karena periklanan sendiri adalah suatu komunikasi massa yang digunakan untuk menarik kesadaran, menanamkan informasi, mengembangkan sikap atau mengharapkan adanya suatu tindakan yang menguntungkan bagi pengiklan.

Iklan Televisi

Televisi telah menjadi media penting dalam bisnis periklanan di Indonesia. Jika dicermati, produk-produk yang dipasarkan hampir sebagian besar pernah diiklankan lewat televisi. Bahkan ada beberapa biro iklan yang menjadikan televisi sebagai media ampuh untuk mengadakan perang kilat melawan kompetitor dalam menawarkan produk. Padahal penyewaan ruang di televisi merupakan yang termahal dibandingkan dengan penyewaan media komunikasi yang lain. Bahkan durasi hitungan kompensasi biaya, dihitung per-detik yang didasarkan pada jenis acara tayangan. Akan tetapi kenyataannya iklan-iklan terasa berjejal-jejal pada setiap acara, sampai hampir tidak ada acara pun yang tanpa diselipi oleh tayangan iklan (pada stasiun televisi swasta).

 

D. Kesimpulan Tesis

  1. Iklan yang baik adalah iklan yang kreatif, inovatif, dan dapat menimbulkan sesuatu yang baru atau unik sehingga dapat mempengaruhi khalayak luas.
  2. Tujuan periklanan adalah memberi informasi tentang suatu produk, membujuk, mengubah persepsi pembeli, dan mengingatkan pelanggan tentang keberadaan produk.
  3. Manfaat iklan yang terbesar adalah membawa pesan yang ingin disampaikan oleh pengiklan kepada khalayak. Iklan juga dapat menjangkau berbagai daerah yang sulit sekali pun.

 

E. Saran

Kekurangan dan kelemahan seseorang sangatlah banyak, tetapi dengan jalan memperbaiki dan menambah pengetahuan adalah jalan terbaik untuk membuat hal tersebut menjadi terus maju dan berkembang. Selama melaksanakan Kuliah Kerja Media penulis banyak mengalami penambahan pengetahuan dan kemampuan yang didapatkan. Tetapi penulis juga mengalami banyak kekurangan, dengan melihat kenyataan tersebut maka ada beberapa hal yang patut dijadikan petimbangan baik oleh pihak fakultas maupun agar lebih baik lagi di masa mendatang.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Sistem Kerja Biro Iklan Media Lini Bawah di PT. Cipta Warna Pesona (D’ Network)
  2. Strategi Promosi yang dilakukan Koran Jitu dalam Mencari dan Mempertahankan Klien
  3. Trend Mode Remaja dalam Iklan (Studi Analisis Semiotik tentang Trend Mode Remaja dalam Iklan-Iklan pada Majalah Gadis, Aneka Yess dan Cosmo Girl)
  4. Komunikasi Pemasaran “Telkomsel flash” (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Aktivitas Bauran)
  5. Perannan Public Relations dalam Pengelolaan Kesekretariatan PT. Telkom Kandatel Yogyakarta

 

 

 

 

Leave a Reply