HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Pengaruh Komitmen Organisasi pd Kinerja Karyawan dgn Etika Kerja

Judul Skripsi :  Pengaruh Komitmen Organisasi Pada Kinerja Karyawan dengan Etika Kerja Islami sebagai Variabel Moderator (Studi pada Karyawan CV. Arafah Group, Sukoharjo)

 

A. Latar Belakang

Salah satu penelitian tentang etika kerja dilakukan oleh Max Weber.Max Weber memperkenalkan etika kerja protestan yang dikaitkan dengan produktivitas dan pembangunan negara-negara di benua Eropa yang berbasis agama Kristen Protestan (Ali, 1988). Max Weber menyatakan bahwa masyarakat Protestan mempunyai suatu etos kerja khusus yang berbeda dengan masyarakat non Protestan (Arslan, 2001), yang dinamakan etos kerja protestan (Protestan Work Ethic – PWE). Konsep PWE seperti dikemukakan oleh Weber membahas hubungan sebab akibat antara etika Protestan dan pengembangan kapitalisme di masyarakat barat. Lebih jauh, oleh Mc Clelland ( dalam Yousef, 2000), konsep PWE disatukan ke dalam kebutuhan untuk konsep pencapaian yang dipandang sebagai dimensi dasar dari kepribadian.

Ali (1998) menyatakan bahwa beberapa penelitian mengenai pengaruh etos kerja terhadap produktivitas dan kinerja dengan menggunakan instrument PWE merupakan bias fundamental, karena sistem nilai dan budaya yang berlaku pada masyarakat Arab (Islam) berbeda dengan masyarakat Eropa dan Amerika. Sebagai solusinya, Ali (1988) telah mengembangkan konsep yang disebut dengan etika kerja Islami (Islamic work ethic-IWE), yang didasarkan pada sisitem dan keyakinan yang dianut oleh mayoritas bangsa Arab yang didasarkan pada Al-Qur’an dan As Sunnah.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah terdapat pengaruh komitmen organisasi pada kinerja karyawan?
  2. Apakah terdapat pengaruh etika kerja islami pada kinerja karyawan?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Komitmen Organisasi

Menurut Mathis dan Jackson (2002 :99) komitmen organisasi adalah tingkat kepercayaan dan penerimaan tenaga kerja terhadap tujuan organisasi dan mempunyai keinginan untuk tetap ada di dalam organisasi tersebut yang pada akhirnya tergambar dalam statistik ketidakhadiran dan masuk keluar tenaga kerja (turnover). Sedangkan menurut Meyer dan Allen (1994) dalam Williams (1999) komitmen organisasi adalah pernyataan psikologis yang menjadi ciri hubungan seseorang dengan organisasi dan memiliki pengaruh dalam pengambilan keputusan untuk melanjutkan keanggotaannya dalam organisasi.

Definisi Etika

Secara etimologis, kata etika / etos kerja itu sendiri berasal dari bahasa Yunani, ethos, yang berarti sikap kepribadian, watak, karakter, serta keyakinan atas sesuatu. Kemudian dari kata ini lahirlah kata ethic atau etika yang mempunyai arti pedoman, moral, dan perilaku. Maka ethos diartikan sebagai karakteristik, dan sikap, kebiasaan, serta kepercayaaan dan seterusnya yang bersifat khusus tentang individu atau sekelompok manusia ( Keraf dan Imam ,1995).

Pengertian Kinerja

Kinerja pada dasarnya adalah apa yang dilakukan atau tidak dilakukan karyawan. Kinerja karyawan adalah yang mempengaruhi seberapa banyak mereka memberikan kontribusi kepada organisasi, antara lain termasuk : kuantitas output, kualitas output, jangka waktu output, kehadiran di tempat kerja dan sikap kooperatif (Mathis 2002: 78)

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah karyawan CV. Arafah Group, Sukoharjo sebanyak 60 karyawan. Metode penarikan sampel dalam penelitian ini menggunakan metode sensus, dimana seluruh populasi dijadikan responden

Pengujian hipotesis dilakukan dengan analisis regresi linier berganda moderated regresion analysis (MRA) dan analysis of variance (ANOVA). Dengan menggunakan program SPSS 16.0 for Windows. Kriteria pengujian hipotesis menggunakan toleransi kesalahan (a) sebesar 0,05.

 

E. Kesimpulan

  1. Hipotesis 1 yang menyatakan komitmen organisasi berpengaruh secara positif dan signifikan pada kinerja karyawan ternyata didukung dalam penelitian ini. Hal ini menunjukkan bahwa semakin tinggi komitmen karyawan terhadap organisasi, semakin tinggi pula kinerja dari karyawan
  2. Hipotesis 2 yang menyatakan etika kerja islami berpengaruh secara positif dan signifikan pada kinerja karyawan ternyata didukung dalam penelitian ini. Dapat disimpulkan bahwa ketika karyawan mampu menerapkan prinsip etika kerja Islami, maka kinerja karyawan tersebut akan meningkat.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Brand Loyalty pada Pengguna Handphone Merek Nokia di Surakarta
  2. Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan pada Grapari Telkomsel Solo
  4. Pengaruh Komitmen Organisasi pada Kinerja Karyawan dengan Etika Kerja Islami Sebagai Variabel Moderator
  5. Analisis Brand Perceived Quality (Persepsi Kualitas Merek) pada Pelayanan BPPA

 

Incoming search terms:

Leave a Reply