HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Karakteristik Pemilik Perusahaan, Perusahaan dan Lingkungan terhadap Kinerja Perusahaan

Judul Skripsi : Pengaruh Karakteristik Pemilik Perusahaan, Perusahaan dan Lingkungan terhadap Kinerja Perusahaan dengan Mediasi Strategi Inovasi pada Perusahaan Kecil dan Menengah di Lingkungan Industri Furniture Ngemplak Surakarta

 

A. Latar Belakang

Penelitian menggunakan variabel lingkungan sebagai salah satu variabel yang mempengaruhi strategi perusahaan kecil dan menengah sudah banyak dilakukan dan dengan menggunakan berbagai macam dimensi baik Competition, dinamism, heterogenitas. Dan menemukan adanya pengaruh yang signifikan terhadap strategi perusahaan (Kim et al, 1993).

Berkaitan dengan hal tersebut diatas maka penelitian ini bermaksud menganalisis hubungan karakteristik pemilik perusahaan (manajer) pada perusahaan kecil dan menengah, karakteristik perusahaan dan lingkungan terhadap tipe strategi inovasi yang digunakan oleh perusahaan kecil dan menengah pengaruhnya terhadap kinerja perusahaan kecil di lingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta. Kinerja perusahaan dalam penelitian ini menggunakan indikator sales growth, employ-growth dan profitabilitas.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah karakteristik pemilik /manajer dan karakteristik perusahaan berpengaruh terhadap strategi inovasi perusahaan kecil dan menengah?
  2. Apakah lingkungan berpengaruh terhadap strategi inovasi perusahaan kecil dan menengah?
  3. Apakah strategi inovasi berpengaruh terhadap kinerja perusahaan kecil ?
  4. Apakah karakteristik pemilik perusahaan, karakteristik perusahaan, dan lingkungan berpengaruh terhadap kinerja perusahaan kecil melalui strategi inovasi?

 

C. Tinjauan Pustaka Skripsi

Karakteristik Pemilik Perusahaan (Top Management)

Pandangan resource-based strategy menekankan pentingnya sumberdaya dan kemampuan dalam mengembangkan keunggulan bersaing dari perusahaan. Inovasi adalah suatu kunci yang mengarahkan pada keunggulan kompetitif, oleh karena itu inovasi dan hubunganya dengan sumberdaya dan kemampuan organisasi harus diteliti (Barney, 1991; Autio et al., 1998; dalam Hadjimanolis, 2000; Thong, 1999 ; Daellenbach et al, 1999; Hadjimanolis & Dickson, 2000 ).

 

Karakteristik Perusahaan

Karakteristik perusahaan merupakan salah satu faktor dalam strategi inovasi perusahaan. Demografik karakteristik dari perusahaan seperti ukuran, umur dari perusahaan dapat dipertimbangkan sebagai pengukuran struktural dan sumberdaya secara tidak langsung (Hadjimanolis, 2000).

 

Lingkungan

Lingkungan meliputi faktor-faktor dari luar perusahaan yang dapat menimbulkan peluang / ancaman bagi perusahaan. Para manajer perlu mengamati lingkungan karena untuk : menentukan apa saja faktor dalam lingkungan yang akan menjadi kendala terhadap pelaksanaan strategi dan tujuan perusahaan sekarang, menentukan faktor apa sajakah dalam lingkungan yang akan memberikan peluang pencapaian tujuan yang lebih besar dengan cara menyesuaikan dengan strategi perusahaan.

 

Strategi Inovasi

Strategi-strategi inovasi berbeda diantara perusahaan dan banyak tipologi dari strategi inovasi yang telah tertulis dalam literatur untuk membedakan perbedaan tersebut (Tzokas and Saren, 1997 dalam Hadjimanolis & Dikson, 2000).

 

Kinerja Perusahaan

Kinerja perusahaan secara umum dan keunggulan kompetitif merupakan tolak ukur tingkat keberhasilan dan perkembangan perusahaan kecil. Pengukuran terhadap pengembalian investasi ,pertumbuhan ,volume, laba, dan tenaga kerja pada perusahaan umum dilakukan untuk mengetahui kinerja perusahaan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan data primer yang diperoleh dari para 110 pemilik perusahaan kecil dan menengah di lingkungan industri furniture Ngemplak Surakarta yang terpilih sebagai unit observasi terkecil atau responden. Pengambilan data dilakukan melalui wawancara dengan menggunakan daftar pertanyaan (kuesioner).

Pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yaitu pengambilan sampel yang bersifat tidak acak dengan pertimbangan tertentu. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik structural Equation Model (SEM). Data yang diperoleh dianalisis dengan analisis structural Equation Model (SEM) untuk menunjukan pengaruh variabel independen dengan variabel dependen dengan taraf signifikansi p < 0,05.

 

E. Kesimpulan

1. Karakteristik manajer (pemilik perusahaan) di lingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta. berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap strategi inovasi perusahaan. Hal ini menunjukkan bahwa di lingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta strategi inovasi perusahaan sangat dipengaruhi oleh karakteristik Manajer (pemilik perusahaan) yaitu tingkat pendidikan manajer, umur manajer perusahaan, pengalaman usahanya, pengetahuan inovasi, lokus kontrol internal dan pengambilan resiko (risk taking).

2. Karakteristik perusahaan kecil dan menengah di lingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta. berpengaruh secara positif dan signifikan pada strategi inovasi. Hal ini menunjukan bahwa strategi inovasi di Industri di ingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta dipengaruhi oleh karakteristik perusahaannya yaitu (jumlah karyawan perusahaan, umur perusahaan, keberadaan tenaga ahli, dan kerjasama dengan penyedia teknologi)..

3. Lingkungan berpengaruh secara signifikan terhadap strategi inovasi perusahaan kecil. Hal ini menunjukkan bahwa lingkungan (intensitas kompetisi, perubahan lingkungan) mempunyai pengaruh yang signifikan pada strategi inovasi yang dilakukan di lingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta.

4. Strategi inovasi berpengaruh secara signifikan pada kinerja perusahaan kecil dan menengah di lingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta. Hal ini menunjukkan bahwa strategi inovasi (inovasi produk, inovasi proses, inovasi administrasi dan inovasi teknologi) berpengaruh secara signifikan pada kinerja.

5. Karakteristik manajer (pemilik perusahaan), Karakteristik perusahaan, Lingkungan di lingkungan industri furniture Ngemplak, Surakarta. berpengaruh secara langsung, positif dan signifikan terhadap kinerja perusahaan.

Incoming search terms:

Leave a Reply