HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Penerapan Strategi Promosi Produk Flexi pada PT. Telkom

Judul Skripsi : Penerapan Strategi Promosi Produk Flexi pada PT. Telkom Kandatel Solo

 

A. Latar Belakang

Telekomunikasi Indonesia Tbk ( PT. TELKOM ) sebagai salah satu provider telekomunikasi dalam negeri mempunyai dua peranan penting yaitu sebagai agen pembangunan dan sebagai perusahaan yang berorientasi pada laba. Sebagai agen pembangunan, PT. TELKOM mempunyai tugas membangun dan menyebarluaskan sarana dan prasarana telekomunikasi untuk dapat digunakan oleh masyarakat misalnya wartel dan telepon umum. Sebagai perusahaan yang berorientasi pada laba, PT. TELKOM dituntut selalu tetap eksis dan berkembang sesuai dengan perkembangan zaman serta selalu memberikan pelayanan yang terbaik bagi masyarakat.

Dalam menghadapi ketatnya persaingan untuk memperoleh pangsa pasar, PT. TELKOM menerapkan strategi yang baik yaitu mempersembahkan produk telekomunikasi yang dapat memenuhi kebutuhan komunikasi suara dan data yang mempunyai kualitas unggul, waktu yang cepat serta harga yang kompetitif.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana strategi promosi produk flexi yang digunakan PT. TELKOM Kandatel Solo?
  2. Apakah dengan strategi promosi tersebut, volume penjualan Telkom Flexi dapat mengalami peningkatan?

 

C. Landasan Teori Skripsi

Pengertian Pemasaran

Menurut Kotler (1997) pemasaran merupakan proses social dan manajerial dimana individu dan kelompok mendapatkan apa yang mereka inginkan melalui penciptaan, penawaran, serta pertukaran produk dan nilai dengan kelompok lainnya. Sedangkan menurut Stanton dalam Basu Swasta (2000) memberikan definisi pemasaran merupakan suatu sistem keseluruhan dari aktivitasaktivitas bisnis yang didesain untuk merencanakan, mempromosikan, dan mendistribusikan jasa dan ide yang dapat memuaskan kebutuhan kepada pasar sasaran dalam rangka mencapai tujuan organisasi.

Pengertian Strategi

Basu Swasta dan Irawan (2005) mengartikan “Strategi sebagai suatu rencana yang diutarakan untuk mencapai tujuan yang sama tetapi strategi yang digunakan dapat berbeda.

Pengertian Promosi

Promosi adalah alat yang digunakan untuk memperlancar penjualan suatu produk. Promosi merupakan salah satu variable dari marketing mix yang sangat penting dilakukan suatu perusahaan dalam pemasaran produk dan jasa.

 

D. Metode Penelitian

Metodologi yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan observasi di PT. TELKOM untuk mencari data–data yang relevan tentang produk flexi. Selain menggunakan observasi, penulis juga melakukan studi pustaka untuk mencari data–data tambahan. Jenis data yang digunakan adalah data kualitatif, yaitu data yang berbentuk kata, kalimat, dan gambar yang berhubungan dengan perusahaan seperti company profile, gambar produk, dll dan data kuantitatif, yaitu data yang berbentuk angka yang berhubungan dengan biaya promosi flexi dan volume penjualan Flexi.

 

E. Kesimpulan

  1. Strategi promosi yang digunakan dan diterapkan oleh Telkom Flexi dalam meningkatkan volume penjualannya meliputi:
    1. Periklanan
    2. Personal Selling
    3. Publisitas
    4. Promosi Penjualan
  2. Dengan menggunakan strategi promosi tersebut, volume penjualan produk flexi bisa mengalami peningkatan tetapi bias juga mengalami penurunan. Hal ini disebabkan karena banyaknya pesaing yang muncul serta banyaknya pilihan produk flexi.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Penerapan Strategi Promosi Produk Flexi Pada Pt. Telkom Kandatel Solo
  2. Pengukuran Kesadaran Merek (Brand Awareness) Pada Produk Madurasa Pt. Air Mancur
  3. Perbandingan Market Performance Dan Kinerja Keuangan Pada Perusahaan Multinasional Dengan Perusahaan Domestik Di Bei
  4. Analyse The Brand Loyalty At Custumers Service Pt. International Astra Tbk Daihatsu Solo
  5. Hubungan Strategi Promosi Terhadap Volume Penjualan Di Toko Buku Gramedia Solo Square
Incoming search terms:

Leave a Reply