HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Evaluasi Penerapan Promosi pd PT. Suara Merdeka Press Perwakilan

Judul Skripsi : Evaluasi Penerapan Promosi pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta

 

A. Latar Belakang

Dalam kegiatan pemasaran yang saling berkaitan yang satu dengan yang lainnya, promosi dan penjualan hendaknya dikelola dengan baik untuk mencapai tujuan perusahaan, yaitu laba. Promosi berfungsi untuk meningkatkan penjualan dan juga sebagai strategi menjangkau konsumen untuk melakukan pembelian. Sedangkan penjualan adalah pemindahan barang dan jasa yang dilakukan oleh penjual. Pada umumnya perusahaan yang ingin mempercepat proses peningkatan penjualan akan mengadakan kegiatan promosi melalui iklan, personal selling, promosi penjualan, humas dan yang lainnya.

Suara Merdeka Press merupakan produsen dan distributor Koran Suara Merdeka untuk wilayah Surakarta dan sekitarnya. Dalam perjalanannya, PT. Suara Merdeka Press sangat berparan aktif dalam menyampaikan informasi secara menyeluruh. Perusahaan ini juga mendapat persaingan yanga ketat dari koran lokal maupun koran nasional lainnya seperti Solo Pos, Joglosemar, Jawa Pos, Kedaulatan Rakyat, Dan Kompas. Mereka menyajikan informasi berita yang aktual dan menarik minat masyarakat.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimana penerapan promosi yang dilakukan pada PT. Suara Merdeka Press?
  2. Bagaimana tingkat efisiensi dari penerapan promosi yang dilakukan pada PT.Suara Merdeka Press?

 

C. Landasan Teori

Pemasaran

Pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang dan jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial (Swastha dan Irawan:1990).

Bauran Pemasaran

Bauran pemasaran adalah kombinasi dari empat variabel atau kegiatan yang yang merupakan inti dari sistem pemasaran perusahaan, yakni : produk, struktur harga, kegiatan promosi, sistem distribusi (Swastha : 1996).

Promosi

Promosi adalah arus informasi atau persuasi satu arah yang di buat untuk mengarahkan seseorang atau organisasi kepada tindakan menciptakan pertukaran dalam pemasaran. (Swastha dan Irawan : 1990).

 

D. Metode Penelitian

Penelitian dilakukan di PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta, yang berlokasi di Jl. Dr. Wahidin No.19 Surakarta.

Jenis data yang digunakan adalah data sekunder.

Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif.

Analisis ini untuk mendapatkan gambaran mengenai efisiensi dari kegiatan promosi yang dilakukan PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta.

 

E. Kesimpulan

  1. Biaya promosi yang dikeluarkan PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta dari tahun 2004-2008 selalu mengalami
  2. Hasil penjualan (dalam unit) pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta dari tahun 2004-2008 mengalami fluktuasi (naik-turun).
  3. Hasil penjualan (dalam rupiah) pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta dari tahun 2004-2008 selalu mengalami

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Peramalan Penjualan Rokok SKT (Sigaret Kretek Tangan) Pada PT. Djitoe Indonesian
  2. Pengaruh Relationship Marketing terhadap Komitmen, Pembelian Ulang dan Word of Mouth dengan Relationship Quality sebagai variabel pemediasi (Studi kasus pada Hotel Sahid Kusuma Raya Surakarta)
  3. Evaluasi Penerapan Promosi pada PT. Suara Merdeka Press Perwakilan Surakarta
  4. Peran Planning Product Control dalam Proses Produksi di PT Intan Pariwara Klaten
  5. Tanggapan Konsumen terhadap Bauran Pemasaran Surat Kabar Solopos

 

 

Leave a Reply