HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Strategi Promosi Termite Band Melalui Audio Visual

ABSTRAK

Pada awalnya musik hanya untuk sebuah pengungkapan rasa dari suatu kalangan tertentu. Akan tetapi, sekarang ini sudah menjadi suatu komoditi industri yang berorientasi akan profit. Bisnis didalam perindustrian musik memang menjanjikan, tetapi tidak semua bisa berhasil dengan mudah. Kualitas musik, ciri khas dan karakter sangat menentukan sekali sukses atau tidaknya musikalitas suatu grup musik. Selain itu, faktor dari segi promosi juga dapat menentukan kesuksesan tersebut sehingga dibutuhkan suatu strategi promosi, pemasaran dan manajemen yang bagus. Mungkin yang menjadi salah satu hambatan dan masalah adalah semakin banyaknya pembajakan yang marak terjadi di Indonesia.

Promosi yang akan digunakan Termite Band pada sasaran ini adalah pembuatan video klip, dimana video klip musik ini merupakan romo yang memuat gambaran secara audio visual. Penayangan video klip secara rutin di berbagai media televisi, akan membuat dampak yang efektif untuk memperkenalkan sekaligus menawarkan kepada para konsumen. Strategi tersebut merupakan suatu cara atau langkah yang akan diambil dengan pemikiran konsep yang matang dan tepat. Maka dari itu akan lebih ditekankan pada penggunaan media audio visual yaitu dengan pembuatan video klip dan pembuatan media pendukung promosi.

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang Masalah

Kondisi riil promosi yang dilakukan gup band pendatang baru yang ada di Indonesia sering sekali menggunakan cara yang mengikuti sebuah tren, yang nanti inya berita tersebut dibesar-besarkan di sebuah media infotainment. Seharusnya mereka menggunakan media televisi tersebut dengan cara promosi yang bebeda. Misalnya dengan pembuatan video klip untuk lagu yang akan mereka tawarkan kepada konsumen. Video klip tersebut dapat menunjukkan suatu kualitas music grup band tersebut sehingga konsumen tahu tentang kapasitas musik yang ditawarkan grup band tersebut. Grup band tersebuat idealnya membuat gaya sendiri agar berbeda sehingga gaya mereka malah jadi ditiru dan jadi trendsetter.

Musik yang seperti ini bisa dibilang jadi ujung tombak berkembangnya komunitas indie. Sudah lama kita mendengar tentang band-band yang bergerak sendiri untuk memproduksi dan mengedarkan album mereka sendiri. yang biasa disebut pergerakan underground. Angkanya memang tidak besar jika dibandingkan dengan band-band major yang ada di Indonesia. Tetapi, eksistensi untuk sebuah album indie sudah sangat bagus. Semakin lama, dukungan terhadap music indie pun semakin besar. Terbukti banyaknya grup band yang memilih pada jalur ini. Stasiun televisi yang fokus pada musik itu pun memberikan tempat yang cukup besar bagi musik yang mereka tawarkan.

Tak ketinggalan, sejumlah radio ikut menyediakan segmen khusus bagi musisi-musisi lokal. Promosi yang akan digunakan pada sasaran ini adalah pembuatan video klip, dimana klip musik ini merupakan promo yang memuat gambaran secara audio visual. Penayangan video klip secara rutin di berbagai media televisi, akan membuat dampak yang efektif untuk memperkenalkan sekaligus menawarkan kepada para konsumen. Strategi tersebut merupakan suatu cara atau langkah yang akan diambil dengan pemikiran konsep yang matang dan tepat. Maka dari itu akan lebih ditekankan pada penggunaan media audio visual yaitu dengan pembuatan video klip dan pembuatan media pendukung promosi.

Incoming search terms:

Leave a Reply