HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Konsep Pengantar Karya Tugas Akhir Strategi Promosi Termite Band

Judul Skripsi : Konsep Pengantar Karya Tugas Akhir Strategi Promosi Termite Band Melalui Audio Visual

 

A. Latar Belakang Skripsi

Kondisi riil promosi yang dilakukan gup band pendatang baru yang ada di Indonesia sering sekali menggunakan cara yang mengikuti sebuah tren, yang nanti inya berita tersebut dibesar-besarkan di sebuah media infotainment. Seharusnya mereka menggunakan media televisi tersebut dengan cara promosi yang bebeda. Misalnya dengan pembuatan video klip untuk lagu yang akan mereka tawarkan kepada konsumen. Video klip tersebut dapat menunjukkan suatu kualitas music grup band tersebut sehingga konsumen tahu tentang kapasitas musik yang ditawarkan grup band tersebut. Grup band tersebuat idealnya membuat gaya sendiri agar berbeda sehingga gaya mereka malah jadi ditiru dan jadi trendsetter.

Musik yang seperti ini bisa dibilang jadi ujung tombak berkembangnya komunitas indie. Sudah lama kita mendengar tentang band-band yang bergerak sendiri untuk memproduksi dan mengedarkan album mereka sendiri. yang biasa disebut pergerakan underground. Angkanya memang tidak besar jika dibandingkan dengan band-band major yang ada di Indonesia. Tetapi, eksistensi untuk sebuah album indie sudah sangat bagus.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Bagaimanakah membuat sebuah video klip dengan konsep yang tepat yang dapat mempengaruhi pendengar menyukai lagu tersebut, sekaligus sebagai media promosi yang efektif ?
  2. Bagaimana menciptakan media promosi pendukung agar album perdana Termite Band sukses di pasaran ?

 

C. Identifikasi Data

Data Produk

Berdiri pada awal tahun 2001. Terbentuk dari sekumpulan anak – anak yang gemar dan mendalami hobi musik. Dengan berbekal semangat dan kreativitas dalam bermusik, Termite Band mampu menampilkan suguhan music yang digemari dan mampu dicerna oleh berbagai kalangan. Termite yang selama dalam perjalanan di dunia musik mengalami banyak perubahan dan pergantian personil, membawa Termite kearah pendewasaan dalam berkreasi di bidangnya. Formasi Termite terdiri dari : Setyo Budi (Vocal), Apri Susanto (Gitar), Dhamang Nugraha Utama (Bass), Masruchin Fuadi (Drum).

Target Market

Sasaran konsumen lebih mengarah pada anak muda yang cenderung menyukai musik rancak. Kebanyakan bisa kita temui dalam komunitas – komunitas bawah tanah atau biasa dikenal masyarakat dengan istilah underground. Masyarakat underground adalah sekumpulan orang penyuka music ekstrim dengan tempo cepat, seperti: black metal, gothic, punk, death metal, brutal death, grind core, hard core, noise rock dan lain – lain. Gaya hidup mereka cenderung ekstrim, bebas dan anti kemapanan. Tapi di luar itu banyak pula anak muda pada umumnya yang mulai meniru style ini. Dalam hal tersebut musik juga sangat berpengaruh terhadap suatu trend yang ada di masyarakat.

Kompetitor

Keberhasilan suatu perusahaan juga dilihat dari kompetitor usaha yang sejenis. Perkembangan musik pada masa ini juga dapat mempengaruhi perubarahan trend dalam tata cara berpakaian masyarakat khususnya anak muda. Sehingga sangat banyak band-band yang mengusung aliran mereka kemudian diaplikasikan juga dengan cara berpakaian mereka.

 

D. Kesimpulan

  1. Pembuatan Video Klip Termite “Not A Loser” sebagai karya mandiri dari penulis, dan menggunakan media pendukung sebagai media promosi Video Klip Termite “Not A Loser”.
  2. Dalam Penyebaran informasi tentang album Termite, maka dibutuhkan media komunikasi yang efektif sehingga pesan yang disampaikan akan mudah dicerna oleh khalayak sasaran.
  3. Penciptaan sebuah media melalui audio visual dapat dipilih untuk mempermudah konsumen dalam mengetahui lebih banyak tentang

 

E. Saran

Dalam pembuatan film sangat memerlukan dana yang tidak sedikit, dan tenaga yang yang ekstra, olah karena itu harus mengutamakan kualitas dari pada kuantitas. Dengan alat sesederhana pun dapat menghasil film yang baik, apabila digarap dengan sepenuh hati dan tanpa tekanan.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  2. Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja
  3. Strategi Promosi Termite Band Melalui Audio Visual
  4. Strategi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang (Tahun 2006 – 2007)
  5. Peran Humas RSUD. dr . Moewardi dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan

 

Leave a Reply