HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Manajemen: Hubungan Strategi Promosi trhdp Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia

Judul Skripsi : Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square

 

A. Latar Belakang Skripsi

Keberhasilan perusahaan mendapatkan konsumen ditentukan oleh hubungan baik yang dijalin dengan konsumen. Hubungan baik akan tercipta apabila perusahaan memberikan kepuasan kepada setiap konsumen terhadap kebutuhan dan keinginannya. Selain itu, informasi tentang produk yang di pasarkan perlu dilakukan penyampaian informasi yang dilakukan di dalam toko yaitu antara pramuniaga buku dengan calon pembeli ataupun informasi yang dilakukan di luar toko yaitu melalui media cetak maupun elektronik. Informasi-informasi yang dilakukan tersebut harus efektif untuk mempengaruhi keputusan pembelian terhadap suatu produk. Pelayanan yang efektif dapat mendorong konsumen untuk memilih produk yang dipasarkan.

Infomasi yang disampaikan sebagai upaya untuk menunjukkan keunggulan produk atau secara sederhana memperkenalkan produk yang dipasarkan. Hal itu dilakukan karena semakin banyaknya bisnis ritel yang memasarkan produk yang sama. Persaingan tersebut meliputi persaingan dalam hal penentuan harga, kualitas produk, promosi dan kegiatan distribusinya. Untuk memenangkan persaingan yang semakin kompetetif, maka setiap perusahaan harus mampu menyusun strategi di bidang pemasaran, sebab pemasaran sangat menentukan sampainya produk ke tangan konsumen.

 

B. Rumusan Masalah

  • Promosi apa saja yang dilakukan oleh TB. GRAMEDIA SOLO SQUARE?
  • Bagaimana kecenderungan perubahan volume penjualan ketika promosi dilakukan?

 

C. Landasan Teori

Konsep Pemasaran

Setiap perusahaan baik itu perusahaan yang menawarkan barang maupun perusahaan yang menawarkan jasa selalu menginginkan agar produk mereka selalu laku dipasaran. Oleh karena itu pemasaran menjadi sangat penting peranannya pada suatu perusahaan. Pemasaran merupakan suatu kegiatan pokok yang dilakukan oleh suatu perusahaan dalam usahanya untuk mempertahankan kelangsungan hidup perusahaan. Koordinasi dan interaksi seluruh kegiatan pemasaran sangat perlu untuk selera dan kepuasan konsumen, karena berawal dari kepuasan konsumen ini perusahaan dapat mencapai tujuan pemasaran.

Konsep AIDA

Tujuan akhir dari beberapa promosi adalah untuk mendapatkan seseorang untuk membeli suatu produk maupun jasa atau, dalam kasus organisasi nirlaba, untuk mengambil beberapatindakan (Misalnya : donor darah). Model klasik untuk menjangkau tujuan promosi disebut dengan konsep AIDA. AIDA merupakan singkatan dari Attention (perhatian), Interest (minat), Desire (keinginan), dan Action (tindakan) yang merupakan tahap keterlibatan konsumen dengan suatu pesan promosi.

Promosi

Promosi merupakan salah satu dari empat elemen penting dari bauran pemasaran perusahaan. Bauran promosi yang tepat merupakan sesuatu yang diyakini manajemen akan sesuai dengan kebutuhan target pasar dan tujuan organisasi secara keseluruhan. Semakin banyak dana yang dialokasikan atas setiap ramuan promosi tersebut dan semakin banyak penekanan pada aspek manajerial atas tiap teknik tersebut, semakin penting elemen penting ini dipikirkan sebagai bauran secara keseluruhan.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan metode penelitian observasi.

Metode ini secara implisit. Menunjukkan bahwa penulis sudah mengetahui hubungan yang terdapat dalam area permasalahannya. Dalam penelitian ini penulis mengetahui efek dan promosi yang dilakukanoleh Toko Buku Gramedia Solo Square, yaitu dapat meningkatkan volume penjualan. Penelitian yang dilakukan oleh penulis di Toko Buku Gramedia Solo Square selama 2 bulan.

Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menggunakan data sekunder yang diperoleh dari obyek penelitian dengan menggunakan laporan atau catatan yang ada, sehingga peneliti tinggal memanfaatkan data tersebut.

Penelitian ini data yang diperoleh dikumpulkan dengan cara wawancara, observasi, dokumen perusahaan, dan studi pustaka.

Teknik pembahasan pada pada penelitian ini analisis yang digunakan menggunakan pembahasan deskriptif yaitu teknik untuk membuat gambaran atau deskriptif secara sistematis, factual, actual dan akurat mengenai suatu obyek yang diteliti.

Penulis membahas tentang variasi kegiatan promosi yang dilakukan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square terhadap volume penjualan. Alat-alat pendukung untuk pembahasan deskriptif serta laporan penjualan yang diberikan oleh Toko Buku Gramedia Solo Square.

 

E. Kesimpulan

  1. Bauran pemasaran yang digunakan oleh Toko buku Gramedia Solo Square dalam memasarkan produk adalah periklanan, penjualan perseorangan, publisitas dan personal selling.
  2. Promosi yang dilakukan oleh Toko buku Gramedia Solo Square cukup berpengaruh terhadap peningkatan volume penjualan. Melalui berbagai kegiatan promosi lambat laun Toko buku Gramedia Solo Square dapat meningkatkan volume penjualan meskipun perputaran bukunya belum cepat tetapi Toko buku Gramedia Solo Square sudah sapat dikatakan berkembang dari tahun ke tahun.
  3. Dengan adanya pameran dapat meningkatkan omset penjualan meskipun kurang sesuai dengan target yang diharapkan.

 

Contoh Skripsi Manajemen

  1. Analisis Pengaruh Brand Loyalty pada Pengguna Handphone Merek Nokia di Surakarta
  2. Hubungan Strategi Promosi terhadap Volume Penjualan di Toko Buku Gramedia Solo Square
  3. Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap Kualitas Pelayanan pada Grapari Telkomsel Solo
  4. Pengaruh Komitmen Organisasi pada Kinerja Karyawan dengan Etika Kerja Islami Sebagai Variabel Moderator
  5. Analisis Brand Perceived Quality (Persepsi Kualitas Merek) pada Pelayanan BPPA

 

Incoming search terms:

Leave a Reply