HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Membangun Image Melalui Public Relations Dan Marketing Communication

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Semakin besar dan kompleks suatu perusahaan, maka semakin besar pula tanggung jawab perusahaan tersebut kepada masyarakat / publik, baik internal maupun eksternal. Kebutuhan untuk meningkatkan hubungan kerjasama antara perusahaan dan masyarakat atau publiknya bukanlah hal yang baru yakni masyarakat dari perusahaan memperoleh kepuasan material, sosial dan kerohanian. Oleh karena itu diperlukan usaha untuk menimbulkan pengertian bersama dan hubungan yang harmonis antara kedua belah pihak, yaitu perusahaan atau organisasi dengan masyarakat.

PT. Telekomunikasi Indonesia, Tbk. (Telkom) adalah perusahaan pemerintah yang bergerak di bidang telekomunikasi dan merupakan salah satu perusahaan besar milik bangsa indonesia. Menyadari pentingnya informasi di dalam masyarakat, membuat PT. Telkom terus mengembangkan inovasi-inovasi untuk kemajuannya. Arus informasi yang cepat berubah, mendorong masyarakat untuk selalu mendapatkan informasi yang up to date. Terutama di zaman globalisasi ini, dimana informasi seringkali bersifat tidak terbendung. Untuk itu PT. Telkom memberikan kemudahan dalam berkomunikasi dengan meningkatkan kualitas jasa yang diberikan, berikut mengembangkan kualitas produk guna memberikan kepuasan (satisfaction) bagi para pengguna produk maupun jasa yang dimiliki.

PT. Telekomunikasi Indonesia, melalui sinergi antara Public Relations dengan Marketing Communication memenuhi tujuan tersebut sebagai contoh mengadakan talk show ke media-media, membuat kerjasama media dengan instansi lain dan mencari space-space iklan serta mempromosikan produk Telkom kepada mitra bisnis, dimana kegiatan Public Relation dan Marketing Communication saling mendukung satu sama lain dalam usaha membangun citra perusahaan, salah satu perwujudan kegiatan yang dilakukan oleh Public Relations dan Marketing Communication adalah bertanggungjawab tentang publicity (penguatan company image dan opini publik), bertanggung jawab terhadap product promotion sebagai counterpart dari product promotion atau unit bisnis bertanggungjawab terhadap corporate complain di Divre V Jatim, melakukan promosi produk dari Telkom umumnya.

PT. Telkom Divre V memiliki divisi komunikasi yang didalamnya terdapat public relations eksternal dan internal, adapun tugas dari public relations eksternal adalah menangani masalah atau keluhan dari klien, konsumen, yang menyangkut stabilitas perusahaan dan mencari solusinya, Memberi kontribusi kepada public eksternal/istitusi untuk menarik simpati seperti aksi sosial, donasi, sponsorship, program edukasi, memantau publisitas media baik positif maupun negatif tentang perusahaan dan melakukan pendekatan media manakala diperlukan. Sedangkan Public Relations Internal bertugas menentukan jalannya organisasi Public Relations dan Marketing Communication merupakan fungsi manajemen yang turut menentukan berhasil atau tidaknya kegiatan operasional suatu perusahaan.

Public Relations adalah suatu bentuk komunikasi yang berlaku untuk semua jenis organisasi, baik itu yang bersifat komersial maupun nonkomersial, di sektor publik (pemerintah) maupun privat (swasta)1.

Sedangkan Marketing Communication lebih kepada menjaga agar setiap komunikasi brand yang dimiliki oleh perusahaan selalu merefleksikan image yang sudah dibangun secara korporat dan mengkoordinasikan kegiatan para brand / marketing manager di dalam konteks komunikasi brand.

Hal inilah yang membuat penulis tertarik untuk mengambil secara langsung peran Public Relations dan Marketing Communication PT. Telkom Divre V guna membangun image citra perusahaan. Dari uraian latar belakang diatas, penulis dapat merumuskan masalah yaitu

Bagaimana PT. Telkom Divre V Membangun Image Melalui Sinergi Public Relations dengan Marketing Communication

Berikut adalah link Contoh Skripsi Hubungan Masyarakat (Humas)

Incoming search terms:

Leave a Reply

Alamat IDTesis Surabaya

Jl Gayungan VIII No 3, Surabaya (Carefour A Yani maju 100 m, ambil kiri ke arah Polsek Gayungan/Telkom Injoko)