HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Mekanisme Liputan dan Sajian Berita Seputar Jogja

Judul Skripsi : Mekanisme Liputan dan Sajian Berita Seputar Jogja di Jogja TV Jogjakarta

 

A. Latar Belakang

Televisi merupakan jendela informasi bagi masyarakat, memberikan pengetahuan dan wawasan dalam peradaban dunia dengan menjanjikan kecepatan, ketepatan, kepraktisan dan kualitas. Penyelenggaraan siaran merupakan kerja kolektif. Manusia sebagai pengelola siaran, tehnik dan administrasi harus mampu bekerja sama secara efektif dan efisien, untuk menghasilkan output siaran yang berkualitas dan sesuai dengan norma, etika dan estetika yang berlaku.

Medium televisi merupakan sarana proses komunikasi media massa (mass media communication). Penyelenggara siaran merupakan komunikator, sedang khalayak atau pemirsa merupakan komunikan. Isi pesan pada televisi tersaji dalm bentuk informasi audio-visual gerak dan sinkron. Agar kepentingan komunikator dapat berimpit dengan kepentingan komunikan, maka pihak komunikator sebelum melakukan proses komunikasi, perlu mengadakan langkah empati, yaitu berusaha mengetahui sebanyak-banyaknya tentang diri komunikan, misalnya melalui langkah penelitian khalayak atau audience profile research. Selera khalayak yang diperoleh dari penelitian dituangkan dalam bentuk mata acara siaran. Khalayak dalam menerima isi pesan dari media massa tidak dapat dipaksakan. Salah satu cara untuk menjadikan khalayak agar mau memperhatikan isi pesan dari media massa adalah dengan penyajian informasi yang penting dan menarik bagi mereka. Dalam produksi mata acara siaran televisi, sesuai dengan karakteristik informasi yang akan diproduksi dapat dibagi menjadi dua yaitu Produksi Karya Artistik dan Produksi Karya Jurnalistik (Wahyudi, 1994:2).

 

B. Tujuan Skripsi

  1. Menerapkan ilmu-ilmu komunikasi khususnya dalam bidang penyiaran yang telah didapat selama dalam perkuliahan.
  2. Memperoleh pengetahuan, pengalaman dan kemampuan dalam bidang penyiaran, khususnya dalam pengolahan berita dari lapangan hingga tersaji dalam bentuk berita dan proses penayangan melalui media TV.

 

C. Deskripsi Instansi Jojga TV

Sejarah Jogja TV

BERAWAL dari keprihatinan situasi bernegara berbangsa dan bermasyarakat yang semakin terkotak-kotak dalam lingkup yang tidak sehat. Sementara keadaan ekonomi bangsa kian terpuruk dalam suasana yang makin runyam. Pendidikan bangsa yang makin kehilangan bobot, situasi politik yang menunjukkan demokrasi yang tidak sehat. Berdasar semua itu kemudian lahirlah pemikiran bagaimana bisa mempertahankan, paling tidak, atau kalau mungkin memperbaiki situasi ini dengan menggunakan tradisi budaya. Lantaran tradisi budaya bangsa yang masih melekat di hati sanubari masyarakat Indonesia. Hanya dengan tradisi budaya saja, bangsa yang dilahirkan dari tradisi budaya yang beraneka ragam, mungkin bisa disadarkan kembali akan jati dirinya.

Deskripsi Program Acara Berita Seputar Jogja

Seputar Jogja adalah tayangan berita aktual untuk wilayah Jogjakarta dan sekitarnya, yang disajikan dengan bahasa Indonesia, setiap hari selama setengah jam pada pukul 18.30 WIB petang hari. Seputar Jogja merupakan salah satu program unggulan yang ada di Jogja TV yang disiarkan secara langsung di studio 1 Jogja TV dengan target audience untuk semua umur. Selain menayangkan berita aktual, di program berita Seputar Jogja ini juga memberikan sedikit wacana berita yang disebut dengan “Ulasan”.

Kegiatan KKM

Penulis melaksanakan magang atau KKM ( Kuliah Kerja Media ) di stasiun televisi swasta lokal Jogja TV Yogyakarta pada divisi pemberitaan. Pada kesempatan ini, penulis memilih untuk berkonsentrasi pada sebuah program berita yang terdapat di Jogja TV, yaitu program berita Seputar Jogja. Peran penulis di sini adalah untuk mengamati dan mengetahui lebih dalam proses atau mekanisme liputan dan produksi dalam sajian berita Seputar Jogja, karena suatu program acara berita tidak akan berhasil jika tidak didukung dengan proses liputan dan produksi yang baik dan benar dari para broadcaster yang terlibat di dalamnya.

 

D. Kesimpulan

Meski banyak peran ganda yang dilakukan tiap jabatan, Seputar Jogja mampu menampilkan tayangan yang berkualitas dan tidak kalah dengan program berita lainnya termasuk di stasiun televisi swasta nasional. Dengan memprioritaskan keaktualitasan berita, Seputar Jogja mampu memberikan informasi yang dibutuhkan khalayak khususnya untuk wilayah Jogjakarta dan sekitarnya.

Penyajian berita pun dilakukan dengan cukup terkoordinasi, dengan peranan para broadcaster handal sebagai satu team work yang terlibat di dalamnya yang saling berhubungan satu sama lain dan bekerja sama dengan baik, sehingga mampu menghasilkan output yang maksimal.

 

E. Saran

  1. Dari apa yang tidak banyak penulis peroleh selama magang, diharapkan instansi mampu memberikan pelayanan yang cukup untuk dapat memberikan informasi bagi mahasiswa magang serta kesempatan untuk menggali lebih dalam ilmu yang diperoleh.
  2. Dalam menjalankan tugas, tanggung jawab profesi dan sikap profesional sebagai seorang broadcaster harus lebih ditingkatkan dan semakin solid dalam bekerja sama.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Di Gabungan Koperasi Susu Indonesia Boyolali (Lay Out Alat dan Mesin)
  2. Mekanisme Liputan dan Sajian Berita Seputar Jogja di Jogja Tv Jogjakarta
  3. Potret Kehidupan Anak-Anak Aceh Pasca Tsunami dalam Komik ”Kisah dari Aceh”
  4. Partisipasi Politik Masyarakat dalam Pemilihan Gubernur Jawa Tengah Tahun 2008
  5. Lesbianisme dalam Novel (Studi Semiotika tentang Makna Lesbianisme dalam Novel Gerhana)

 

 

Incoming search terms:

Leave a Reply