HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Persepsi Pendengar trhdp Berita Radio

Judul Skripsi : Persepsi Pendengar terhadap Berita Radio (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Persepsi Komunitas Pendengar Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta Terhadap Program Siaran Berita Berbahasa Indonesia di RRI cabang Surakarta)

 

A. Latar Belakang

Kondisi bisnis era modern saat ini ditandai dengan penajaman segmentasi dengan masuknya segmentasi baru yakni radio berita. Yakni radio pun memiliki wartawan yang melakukan tugas jurnalistik, yang biasa disebut reporter. Dengan adanya segmentasi berita radio (news radio), dapat dikatakan juga Radio Republik Indonesia (RRI) yang nota bene sebagai radio publik atau milik pemerintah, maka menjaga kapasitas siaran beritanya agar tetap paling besar. Dahulu di awal lahirnya Radio Republik Indonesia sebagai satu-satunya radio sah milik pemerintah, radio swasta masih sangat minim dan bersifat underground. Radio swasta yang memancarkan programnya di indonesia masih dalam bentuk kelompok siaran di kota-kota besar dan belum berbentuk badan usaha. Mayoritas radio swasta dulu tidak memiliki izin siaran atau ilegal.

Menjelang runtuhnya rezim orde baru dan bergulirnya reformasi semua radio swasta nasional mulai berani melakukan investigasi lapangan mengenai perkembangan indonesia dan menyiarkannya melalui program siaran dari lapangan. Saat itu informasi dari radio didengar penduduk Jakarta dari menit ke menit untuk memantau perkembangan situasi ibukota yang memanas beberapa hari sebelum Soeharto melepaskan jabatannya sebagai presiden. Sejak saat itu jurnalisme radio mulai tumbuh dan berkembang.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Bagaimana Persepsi Komunitas Pendengar Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta terhadap program siaran berita berbahasa Indonesia di RRI cabang Surakarta?
  2. Bagaimanakah bentuk program siaran berita dan informasi di Radio Republik Indonesia (RRI) cabang Surakarta yang tepat dan bermanfaat serta representatif bagi kepentingan publik?

 

C. Deskripsi Lokasi

RRI Cabang Surakarta

Sejarah mencatat bahwa RRI cabang Surakarta merupakan cikal bakal RRI secara Nasional. Berawal dari kegemaran Sri paduka Mangkunegoro VII menikmati alunan gending-gending Jawa, maka pada tanggal 1 April 1933 atas perintahnya lahirlah Solose Radio Vereniging – SRV dengan ketua Ir. Sarsito Mangunkusumo. Meski peralatan pancar sangat sederhana dengan sajian gending-gending Jawa dan Ketoprak, namu  keberadaannya sangat diminati, bahkan mampu menggelorakan semangat perjuangan di masyarakat. Dari sinilah mengilhami para pemikir dan peminat seni serta para pejuang untuk mendirikan konsul-konsul di berbagai tempat yang dari konsul ini selanjutnya menjelma menjadi perkumpulan penyiaran radio seperti di Semarang, Yogyakarta, Purwokerto, dan termasuk Solo sendiri yang juga berdiri perkumpulan Siaran Radio Indonesia – SRI di bawah asuhan Pangeran Surjo Hamidjojo, Mulyadi Djojomartono, dkk.

Komunitas Pendengar RRI Surakarta

Radio Republik Indonesia (RRI) cabang Surakarta memiliki komunitas pendengar yang cukup loyal. Komunitas Pendengar RRI sering disebut dengan sebutan PAMOR ( Paguyuban Monitor) RRI Surakarta. Komunitas ini didirikan dengan latar belakang keinginan beberapa para personil untuk membentuk suatu wadah bersama dalam hubungan kekeluargaan. Atas dasar itulah, pada tanggal 1 Mei 1996 didirikanlah PAMOR RRI Surakarta. Awalnya hanya melibatkan beberapa personil saja yang menjadi pelopor berdirinya, namun sampai saat ini bisa dikatakan semakin bertambah. Selain untuk membentuk wadah bagi para pendengar setia RRI, PAMOR ini juga didirikan untuk membantu dan mengoptimalkan keberadaan RRI cabanga Surakarta agar bisa dikenal di masayarakat.

Program Siaran Berita RRI Surakarta

Program siaran di RRI Surakarta sangat beragam, siaran berita dan informasi menjadi salah satu bagian dari semua program yang disiarkan. Baik untuk berita berskala lokal, nasional mupun internasional. Penyajian program siaran berita lokal Solo Raya dengan berbagai format masih paling dominan di banding berita yang lain. Di RRI Surakarta penyajian berita terbagi menjadi 3 bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Jawa (menggunakan krama inggil dan jawa ngoko ) serta penyampaian dalam bahasa Inggris.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Penelitian ini peneliti bermaksud mencari informasi bagaimana sebenarnya persepsi komunitas Pendengar RRI Surakarta yang tergabung dalam Paguyuban Monitor RRI (PAMOR) terhadap program siaran berita berbahasa Indonesia di RRI cabang Surakarta serta model dan bentuk program siaran berita dan informasi yang sesuai dengan kepentingan public.

Penelitian ini merupakan penelitian dengan jenis deskriptif kualitatif yang menggunakan teknik wawancara/ interview kepada pendengar.

Subjek penelitian adalah komunitas pendengar RRI Surakarta yang berusia rata-rata 45 tahun ke atas.

Peneliti mengambil beberapa sample untuk diwawancarai agar terkumpul hasil yang mencukupi.

 

E. Kesimpulan

  • Persepsi Komunitas Pendengar RRI bahwa program siaran berita berbahasa Indonesia sudah disajikan dengan cukup baik, dan sesuai dengan kode etik.

Artinya sebagai media penyiaran publik sekaligus disajikan dengan bahasa Indonesia mau tidak mau penyajian dan pengucapan harus hati-hati. Yang dimaksud dengan kode etik disini yaitu tata aturan yang berlaku, seperti kode etik jurnalistik dan kode etik wartawan. Bahwa berita yang disajikan sesuai dengan aturan yang sudah ada. RRI sebagai Lembaga Penyiaran Publik (LPP) menjadi corong atau kiblat dari penyiaran radio lain.

  • Persepsi bahwa materi berita yang disajikan sudah berimbang dan sesuai fakta apa adanya.

Hasil wawancara yang peneliti lakukan berupa berita dan informasi yang disajikan sudah berimbang dan apa adanya. Adanya reporter lapangan yang tersebar di wilayah Solo Raya memperlihatkan bahwa RRI merambah semua wilayah, tidak hanya di semua wilayah namun berimbang untuk tema atau materi berita yang disajikan yakni semua bidang ( sosial masyarakat, pendidikan, kesehatan, politik, hukum, bidaya, dan lainnya).

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Peran Marketing dalam Penjualan Produk & Fasilitas Hotel Saphir Yogyakarta
  2. Strategi Komunikasi Customer Relations dalam Meningkatkan Kepuasan Tamu Hotel Novotel
  3. Ratih TV Sebagai Media Komunikasi Antara Pemerintah dengan Masyarakat di Kabupaten Kebumen
  4. Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja (Studi tentang Hubungan Iklim Komunikasi Organisasi dan Disiplin Kerja di Lingkungan Badan Kepegawaian Daerah Kota Surakarta)
  5. Persepsi Pendengar terhadap Berita Radio (Studi Deskriptif Kualitatif Mengenai Persepsi Komunitas Pendengar Radio Republik Indonesia (RRI) Surakarta terhadap Program Siaran Berita Berbahasa Indonesia di RRI cabang Surakarta )

 

Incoming search terms:

Leave a Reply