HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Marketing Communication dlm Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan

Judul Skripsi: Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja di PT Kompas Media Nusantara

 

A. Latar Belakang

Penciptaan pelayanan ini dilakukan oleh Marketing Communication. Marketing Communacation gencar melakukan terobosan promosi untuk menciptakan image dan daya tarik calon pengiklan untuk mengiklankan produknya di media surat kabar tersebut. Komunikasi yang dibangun melalui berbagai strategi yang dilakukan oleh Marketing Communication harus tepat sasaran. Komunikasi yang dibangun melalui kegiatan iklan promosi perusahaan, event, pameran, pelayanan hotline, pelayanan kepuasan pelanggan dan mitra kerja, serta penciptaan brand awarness. Komunikasi tersebut merupakan strategi-strategi yang dibangun oleh Marketing Communication untuk dapat mempertahankan brand Kompas di mata pembaca, pengiklan dan mitra kerja Kompas.

Maka dari itu, Marketing Communication merupakan bagian yang penting untuk membangun dan mempertahankan bisnis perusahaan. Dalam hal ini, penulis mengambil judul untuk Tugas akhir yaitu “Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pembaca, Pengiklan dan Mitra Kerja di PT Kompas Media Nusantara”. Penulis akan memaparkan bagaimana membangun brand image dan awareness serta kerjasama dalam membangun komunikasi pemasaran yang baik dengan pembaca, pengiklan, dan mitra kerja.

 

B. Tujuan Skripsi

  1. Mengetahui latar belakang perkembangan Kompas Media Nusantara sebagai sebuah perusahaan surat kabar harian.
  2. Mengetahui alur kerja Marketing Communication sebagai bagian untuk mengkomunikasikan pemasaran dan merespon kebutuhan pelanggan, pengiklan, mitra kerja.
  3. Mengetahui peran Marketing Communication sebagai bagian dari sebuah perusahaan surat kabar harian.

 

C. Tinjauan Pustaka

Definisi Periklanan

Dalam periklanan media penyampaian pesan dibedakan menjadi Media Lini Atas (Above The Line Media). Media ini terdiri dari iklan-iklan yang disampaikan melalui media cetak (suratkabar, majalah, brosur, leaflet, poster,dll), melalui media elektronik baik media audio maupun audio visual (radio, televisi, bioskop, dsb) serta media luarruang atau outdoor media (billboard, spanduk, neon sign, painted bulletin, dsb).

Dampak Iklan Bagi Masyarakat

Contoh nyata dampak iklan pada anak-anak adalah anak yang tidak mau makan jika tidak makan makanan yang pernah diiklankan. Maraknya iklan di media massa membuat anak-anak selalu bergerak untuk dapat membeli dan mengkonsumsi barang yang ditawarkan melalui iklan yang pernah dilihatnya. Sehingga, sebagian besar anak-anak meluangkan waktu atau menghabiskan waktu untuk menonton televisi. Bahkan untuk urusan jajan yang menjadi tolak ukur anak-anak adalah produk yang pernah ditawarkan melalui periklanan di televisi.

 

Hubungan Antara Pengiklan dengan Media

Media dapat menjangkau pasar baik lokal, nasional maupun regional. Hal ini membuat para produsen banyak yang memanfaatkan media karena dapat menjangkau pasar sesuai keinginan, sedangkan di sisi lain dengan adanya produsen yang memanfaatkan media tersebut, maka media menerima imbalan dan berpotensi untuk dapat terus berkembang. Media berfungsi sebagai jembatan kepada konsumen dari produsen untuk menyampaikan sebuah pesan.

 

Pelaksanaan Kuliah Kerja Media

Penulis melaksanaan Kuliah Kerja Media (KKM) selama dua bulan yaitu terhitung mulai tanggal 1 Febuari s/d 31 Maret 2009. Penulis melaksanakan KKM di Kompas Media Nusantara Jalan Palmerah Selatan No. 26-28 Jakarta Selatan, Jakarta 10270, Indonesia.

Secara umum tahapan kerja yang dilaksanakan oleh Marketing Communication di PT Kompas Media Nusantara sebagai berikut:

  1. Sales Promotion Section
  2. Promotion Section
  3. Customer Relation Section

Strategi yang dilakukan oleh Marketing Communication dalam merespon kebutuhan pelangan antara lain dengan pengadaan club baca tujuan untuk menjaring loyalitas pembaca terhadap Kompas.

 

D. Kesimpulan

  1. Setelah mengetahui latar belakang perkembangan Kompas sebagai media surat kabar terbesar, Kompas menjunjung tinggi kredibilitas dan kepercayaan public sebagai aset berharga. Menghargai etika bisnis juga merupakan suatu aset yang berharga dalam bisnis periklanan.
  2. Setelah mengetahui alur kerja di divisi Marketing Communication, dalam melaksanakan kinerja pekerjaan diperlukan kerja tim yang solid sehingga menjadi kesatuan kerja yang baik dengan membawa visi dan misi perusahaan dalam mengembangkan bisnis media dalam surat kabar harian Kompas.
  3. Peran Marketing Communication dalam sebuah surat kabar sangat dibutuhkan untuk mengkomunikasikan pemasaran dan untuk merespon kebutuhan pelanggan, pengiklan, mitra kerja.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja
  2. Strategi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang (Tahun 2006 – 2007)
  3. Kampanye Pencegahan Flu Burung terhadap Anak Melalui Media Komunikasi Visual

Leave a Reply