HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Komunikasi: Marketing Communication dlm Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan

Judul Skripsi : Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja di PT Kompas Media Nusantara

 

A. Latar Belakang

Kompas membentuk Marketing Communication guna mengkomunikasikan identitas koerporat dengan melakukan komunikasi yang terpadu. Marketing Communication yang selalu berhubungan langsung dengan Account Executive. Kerjasama antara Marketing Communication dengan Account Executive sangat kuat. Hal ini dikarenakan adanya hubungan yang dibangun untuk dapat menarik calon pengiklan. Apalagi untuk pengiklan yang sudah sering beriklan di surat kabar maupun calon pengiklan dengan omset iklan yang cukup besar. Pelayanan yang diberikan harus sangat baik.

Penciptaan pelayanan ini dilakukan oleh Marketing Communication. Marketing Communacation gencar melakukan terobosan promosi untuk menciptakan image dan daya tarik calon pengiklan untuk mengiklankan produknya di media surat kabar tersebut. Komunikasi yang dibangun melalui berbagai strategi yang dilakukan oleh Marketing Communication harus tepat sasaran. Komunikasi yang dibangun melalui kegiatan iklan promosi perusahaan, event, pameran, pelayanan hotline, pelayanan kepuasan pelanggan dan mitra kerja, serta penciptaan brand awarness. Komunikasi tersebut merupakan strategi-strategi yang dibangun oleh Marketing Communication untuk dapat mempertahankan brand Kompas di mata pembaca, pengiklan dan mitra kerja Kompas.

 

B. Tujuan

  1. Mengetahui latar belakang perkembangan Kompas Media Nusantara sebagai sebuah perusahaan surat kabar harian.
  2. Mengetahui alur kerja Marketing Communication sebagai bagian untuk mengkomunikasikan pemasaran dan merespon kebutuhan pelanggan, pengiklan, mitra kerja.
  3. Mengetahui peran Marketing Communication sebagai bagian dari sebuah perusahaan surat kabar harian.

 

C. Landasan Teori

Definisi Periklanan

Periklanan merupakan keseluruhan proses yang meliputi penyiapan, perencanaan, pelaksanaan dan pengawasan penyampaian iklan. Sedangkan iklan mempunyai beberapa definisi antara lain:

  1. Iklan adalah suatu bentuk penghidangan dan promosi non personal atas barang/jasa/ide yang ditujukan kepada segolongan orang, dilakukan oleh individu/organisasi tertentu dengan unsur-unsur penyewaan untuk pemakaian. (Enciclopedia Americana, 1973)
  2. Iklan adalah bentuk pesan tentang suatu produk yang lewat media ditujukan kepada sebagian atau seluruh masyarakat. (Rhenald Kasali, 1995:11)

Dampak Iklan Bagi Masyarakat

Diketahui bahwa tujuan iklan adalah membujuk masyarakat untuk membeli barang yang ditawarkan melalui periklanan. Iklan akan mengemas pesan secara sopan kemudian membuat masyarakat tertarik terhadap produk yang diiklankan tersebut. Dampak iklan tidak bisa dianggap enteng bahwa membuat masyarakat menjadi konsumtif. Namun, melalui periklanan masyarakat menjadi tahu apa saja iklan-iklan yang ditawarkan. Semaraknya iklan dalam media cetak maupun elektronik, memang diperlukan oleh masyarakat yang menganut pasar bebas, sistem yang disepakai dan diikuti di Indonesia. Dalam ekonomi pasar bebas, pasarlah yang menentukan.

Surat Kabar

Media merupakan alat yang paling efektif untuk menghubungkan jangkau pasar dan khalayak dimanapun berada. Karena media dapat menjangkau semua daerah. Baik melalui media cetak maupun media elektronik. Media sebagai tempat yang dibutuhkan untuk mengiklankan produk atau jasa yang akan ditawarkan kepada khalayak agar dapat mengenal produk yang dijual. Media dan periklanan merupakan dua hal yang sangat berkaitan erat dan saling menguntungkan.

 

D. Kesimpulan Skripsi

  1. Setelah mengetahui latar belakang perkembangan Kompas sebagai media surat kabar terbesar, Kompas menjunjung tinggi kredibilitas dan kepercayaan public sebagai aset berharga. Menghargai etika bisnis juga merupakan suatu aset yang berharga dalam bisnis periklanan.
  2. Setelah mengetahui alur kerja di divisi Marketing Communication, dalam melaksanakan kinerja pekerjaan diperlukan kerja tim yang solid sehingga menjadi kesatuan kerja yang baik dengan membawa visi dan misi perusahaan dalam mengembangkan bisnis media dalam surat kabar harian

 

E. Saran

  1. Kredibilitas telah dibangun harus tetap dipertahankan untuk mendapatkan kepercayan public karena hal itu merupakan aset yang sangat berharga.
  2. Loyalitas pelanggan terus ditingkatkan untuk mendapat perhatian lebih dari Strategi-strategi dalam meningkatkan loyalitas terus dikembangkan guna kemajuan bisnis media.

 

Contoh Skripsi Komunikasi

  1. Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications
  2. Strategi Marketing Communication dalam Merespon Dinamika Kebutuhan Pelanggan, Pengiklan dan Mitra Kerja
  3. Strategi Promosi Termite Band Melalui Audio Visual
  4. Strategi Pemasaran Pariwisata Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Semarang (Tahun 2006 – 2007)
  5. Peran Humas RSUD. dr . Moewardi dalam Pelaksanaan Evaluasi Kepuasan Pelanggan

 

Leave a Reply