HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Proses Kerja Desain Layout PT. Dian Mentari Pratama Communications

BAB I
PENDAHULUAN

1. Latar Belakang

Kuliah Kerja Media merupakan kegiatan praktek kerja yang sesungguhnya. Sehingga diharapkan mahasiswa dapat mempunyai bekal sebelum terjun ke dunia kerja nyata yang sebenarnya, setelah menyelesaikan dan memenuhi syarat – syarat untuk mencapai kelulusan dalam menempuh studi DIII di Universitas Sebelas Maret Surakarta. Kuliah Kerja Media dijalani oleh mahasiswa tingkat akhir suatu perguruan tinggi yang dilakukan di luar ruang lingkup kampus dan melibatkan suatu instansi atau perusahaan terkait sesuai dengan konsentrasi studi masing – masing mahasiswa.

Di dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Media, antara mahasiswa dan perusahaan harus terjalin sebuah hubungan saling timbal balik dan harus saling memberikan keuntungan di antara kedua belah pihak. Sebagai contoh, perusahaan sebagai obyek yang memberikan tempat dan semua fasilitas pendukung tidak merasa erbebani dan terganggu dengan hadirnya mahasiswa Kuliah Kerja Media ini, justru perusahaan diharapkan dapat memperoleh keuntungan karena bisa meringankan pekerjaan mereka. Dan begitu pula sebaliknya, mahasiswa diharapkan secara maksimal dapat menyerap sebanyak mungkin ilmu dan pengetahuan yang bermanfaat bagi dirinya dari perusahaan terkait, terlebih pada ilmu dan pengetahuan praktek langsung yang selama ini mungkin kurang didapatkan dari pelajaran – pelajaran yang diberikan oleh pihak kampus.

Komunikasi sebagai proses, semua sudah mengetahuinya. Amat sentralposisinya dalam studi komunikasi. Jika dikatakan bahwa komunikasi juga dimulai dan berakhir bersamaan dengan keberadaan manusia. Tetapi pasti mustahil mengikuti proses komunikasi manusia di sepanjang hidupnya, dengan rentang waktu yang sangat panjang itu. Secara garis besar pengertian dari komunikasi adalah suatu proses aktifitas pertukaran ide, gagasan, pesan dengan melalui media – media tertentu atau melalui lambang – lambang tertentu yang dilakukan oleh penyampai pesan dan ditujukan kepada penerima pesan.

Kuliah Kerja Media yang dilaksanakan mahasiswa DIII Komunikasi Terapan Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Sebelas Maret, merupakan penerapan dari sebagian ilmu komunikasi. Jika bertolak pada bidang periklanan sendiri yang merupakan background dimana penulis berkonsentrasi dalam studinya, periklanan merupakan salah satu bentuk dari sebuah proses komunikasi. Oleh karena itu semua proses dalam periklanan akan bermuara pada bagaimanakah caranya untuk dapat mengkomunikasikan sebuah pesan kepada audiens, dimana pesan – pesan yang akan disampaikan tersebut harus di desain sedemikian rupa sehingga diharapkan mampu menarik perhatian, juga agar dapat diterima dan dipahami oleh audiens sasaran.

Di dalam proses pembuatan sebuah pesan yang akan disampaikan kepada audiens, pasti di dalamnya terdapat insan – insan kreatif yang selalu menjadi aktor utama dalam proses terbentuknya suatu pesan. Dimana pesan – pesan yang disuguhkan tersebut akan berhasil menarik perhatian dan dimengerti secara mudah oleh audiens karena sudah melalui tahapan – tahapan desain yang sangat terpola..

Dan pada akhirnya yang terbentuk dari diterimanya suguhan – suguhan dari insan – insan kreatif tersebut adalah sebuah tata letak atau biasa disebut dengan istilah layout yang mampu menyampaikan seluruh isi pesan yang dimaksudkan dan ditujukan untuk dapat terlihat, terbaca, terdefinisi dan dapat dimengerti sepenuhnya oleh audiens. Penataan letak atau layout bisa dikatakan sebagai kunci keberhasilan suatu pesan.

Leave a Reply