HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Komunikasi: Marketing Communication PT. INDOSAT dlm Mensosialisasikan Tarif

Judul Tesis : Kegiatan Marketing Communication PT. INDOSAT, Tbk Surabaya dalam Mensosialisasikan Tarif Terbaru Im3 Rp 0,0000000000…1/ Detik (Tarif Sejuta Nol)

 

A. Latar Belakang

Saat ini, banyak perusahaan operator seluler yang mengisi ruang baru dengan berbagai macam produk dan program menarik. Tentunya ragam produk dan program tersebut perlu disosialisasikan kepada seluruh masyarakat, supaya masyarakat mengetahui produk-produk dan program-program yang ditawarkan oleh perusahaan operator seluler tersebut, sehingga akan membantu masyarakat dalam memilih operator seluler mana yang mempunyai produk dan program yang sesuai dengan kebutuhan mereka.

Sosialisasi itu sendiri merupakan proses pembelajaran bagi anggota masyarakat untuk mengenal serta memahami sistem dan budaya yang berlaku dalam masyarakat. Sedangkan tujuan sosialisasi adalah kegiatan yang dilakukan untuk memperkenalkan suatu program yang dilakukan secara terus-menerus dengan harapan diketahui masyarakat luas. Selain itu, manfaat dari kegiatan sosialisasi adalah sebagai salah satu alat untuk mempromosikan suatu progam, sehingga program dari perusahaan tersebut diterima oleh masyarakat.

 

B. Tujuan Umum

  • Sebagai sarana untuk memantau tingkat keterampilan masing-masing mahasiswa.
  • Menghasilkan tenaga Public Relations dan tenaga Marketing yang handal dan siap kerja.
  • Mengetahui deskripsi tugas dari jabatan yang sesuai dengan spesialisasi program studi masing-masing di dunia kerja.

 

C. Landasan Teori

Komunikasi Pemasaran (Marketing Commmunication)

Komunikasi pemasaran (Marketing Communication) adalah aspek penting dalam keseluruhan misi pemasaran serta penentu suksesnya pemasaran. Komunikasi pemasaran (Marketing Communication) dapat dipahami dengan menguraikan dua unsur, yaitu komunikasi dan pemasaran. Komunikasi (Communication) adalah proses dimana pemikiran dan pemahaman disampaikan antar individu, atau antar organisasi dengan individu. Pemasaran (Marketing) adalah suatu proses sosial yang didalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa saja yang mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan, dan secara bebas mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain (Philip, 2002).

Hubungan Masyarakat (Public Relations)

Pada dasarnya hubungan masyarakat atau yang merupakan terjemahan bebas dari istilah Public Relations atau PR merupakan bidang atau fungsi manajemen yang diperlukan oleh setiap organisasi. Kebutuhan akan keberadaan Public Relations dalam suatu organisasi, merupakan salah satu elemen yang menentukan kelangsungan suatu organisasi secara positif. Di sini Public Relations memiliki arti penting yaitu sebagai sumber informasi yang mampu menjembatani antara kepentingan organisasi dan kepentingan masyarakat atau pihak-pihak yang terkait didalamnya.

Humas Pemasaran (Marketing Public Relations)

Secara umum Marketing Public Relations (Rosady, 2006) merupakan suatu proses perencanaan, pelaksanaan dan pengevaluasian program-program yang dapat merangsang pembelian dan kepuasan konsumen melalui pengkomunikasian informasi yang dapat dipercaya dan melalui kesan-kesan positif yang ditimbulkan dan berkaitan dengan identitas perusahaan atau produknya sesuai dengan kebutuhan, keinginan, perhatian dan kepentingan bagi para konsumennya.

 

D. Kesimpulan

Program terbaru yang disuguhkan Indosat khususnya pengguna IM3 ini adalah program dengan tarif Rp 0,0000000000…1/detik (Tarif Sejuta Nol). Program Tarif Sejuta Nol ini adalah program yang dibuat dengan memberikan pelayanan dengan tarif yang sangat kompetitif. Program ini disambut dengan baik oleh para pelanggan Indosat khusunya IM3.

Keberhasilan program Sejuta Nol dari Indosat ini tidak lepas dari peran Marketing Public Relations sebagai perencana dan Marketing Communication sebagai pelaksana kegiatan dalam mensosialisasikan tarif terbaru IM3 Rp 0,0000000000…1/detik kepada masyarakat. Sehingga masyarakat merasa puas dengan pelayanan yang diberikan serta dapat meningkatkan loyalitas para pelanggan.

 

E. Saran Tesis

  1. Perlunya peningkatan komunikasi antara atasan dengan bawahan agar tidak terjadi kesalahpahaman dalam pendelegasian tugas dan eksekusi tugas.
  2. Menjalin hubungan yang lebih baik dan harmonis lagi antar personil sehingga suasana dan kondisi kerja menjadi lebih kondusif.
  3. Hendaknya para personil lebih menerapkan kedisiplinan waktu sehingga kinerja yang dihasilkan dapat lebih maksimal.

 

Contoh Tesis Komunikasi

  1. Peran Public Relations dalam Meningkatkan Penjualan, Mutu dan Citra Produk di PT. Coca-Cola Botling Indonesia Central Java
  2. Kegiatan Marketing Communication PT. INDOSAT, Tbk Surabaya dalam Mensosialisasikan
  3. Peran Kegiatan Media Kliping Bagi Public Relation PT. TELKOM KANDATEL Yogyakarta
  4. Image Building UNS-SOLO (Studi Deskriptif Kualitatif Tentang Peranan Humas Universitas Sebelas Maret dalam Membangun Citra Positif Universitas)
  5. Freelance dan Pola Komunikasi (Studi Deskriptif Kualitatif Pola Komunikasi Freelance dalam Memasarkan Produk LKS di CV. GRAHADI Surakarta)

 

Leave a Reply