HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Magang di PT Rumpun Sari Kemuning I Ngargoyoso Karanganyar (Quality Control Pada Proses Produksi Teh Hijau)

BAB I
PENDAHULUAN

A. Latar Belakang

Magang adalah kegiatan akademik (intrakurikuler) yang dilakukan oleh mahasiswa dengan melakukan praktek kerja pada lembaga – lembaga yang relevan dalam bidang industri pengolahan hasil pertanian. Bentuk kegiatan yang dilakukan adalah kerja praktek dengan mengikuti semua aktivitas atau kegiatan di lokasi magang. Setiap mahasiswa Program Diploma III Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian, Universitas Sebelas Maret Surakarta wajib melaksanakan magang di industri hasil pertanian sebagai syarat untuk meraih gelar Ahli Madya (AMd). Magang di industri hasil pertanian penting untuk melengkapi pengetahuan mengenai dunia industri yang merupakan bentuk nyata dari teori – teori yang didapat selama mengikuti perkuliahan.

Teknologi pengolahan bahan pangan sekarang ini berkembang dengan pesat, seiring dengan pertumbuhan penduduk kebutuhan akan bahan pangan semakin bertambah. Peranan industri pangan secara keseluruhan di Indonesia cukup besar, terbukti dengan banyaknya tenaga kerja yang terserap dan komoditi pangan yang diekspor ke Luar Negeri. Jenis industri yang mengolah bahan baku dari hasil pertanianpun semakin beragam, karena Indonesia merupakan Negara agraris yang perekonomiannya bertumpu pada sektor pertanian. Salah satu komoditi hasil perkebunan yang memiliki arti penting adalah teh. Tanaman ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat dan pemerintah, selain itu juga merupakan sumber devisa non migas yang cukup besar karena nilai ekonominya yang tinggi.

Teh menjadi bahan minuman yang sangat digemari hampir semua kalangan masyarakat di Indonesia dan diseluruh dunia setelah air. Dengan perkembangannya keberbagai belahan dunia, teh telah menjadi bagian yang menyatu dengan tradisi setempat. Teh merupakan functional food mengingat khasiat dan potensi yang terkandung dalam teh dapat meningkatkan kesehatan tubuh dan merupakan sumber zat gizi. Diantara beberapa senyawa kimia yang paling besar peranannya dalam pembentukan cita rasa dan berbagai khasiat istimewa teh adalah katekin.

Pada dasarnya teh diproses menjadi tiga jenis yaitu teh hitam, teh hijau dan teh oolong.Lebih dari tiga perempat teh dunia diolah menjadi teh hitam. Cara pengolahannya, daun dirajang dan dijemur dibawah sinar matahari sehingga mengalami perubahan kimiawi dan warna daun menjadi cokelat serta memberikan cita rasa teh hitam yang khas. Sedangkan pada teh hijau, daun teh sedikit mengalami proses pengolahan, yaitu hanya pemanasan dan pengeringan sehingga warna hijau dapat dipertahankan. Teh oolong merupakan jenis peralihan teh hitam dan teh hijau, dengan adanya proses fermentasi terdapat citarasa dan karakteristik tersendiri. Meskipun demikian, ketika jenis teh tersebut memiliki khasiat dan potensi kesehatan yang sama. Industri teh di Indonesia cukup berkembang pesat, ditandai dengan semakin banyaknya industri yang mengolah teh sebagai bahan baku utama. Khususnya untuk minuman kemasan yang banyak dijumpai di pasaran. Masalah yang sering dihadapi oleh kebanyakan industri pangan sekarang ini adalah bagaimana menghasilkan produk pangan yang terjamin keamanannya.Keamanan pangan merupakan jaminan bahwa produk pangan yang dihasilkan benar – benar aman untuk dikonsumsi, tidak mengandung bahan – bahan pencemar yang dapat mengganggu bahkan membahayakan kesehatan konsumen. Penyimpanan produk dapat berupa cemaran mikrobiolgis, logam, bahan kimia dan bahan lain yang mungkin masuk selama proses produksi berlangsung.

PT. RUMPUN SARI KEMUNING I merupakan suatu perusahaan yang bergerak di bidang pengolahan hasil pertanian (perkebunan). Produk yang dihasilkan oleh PT. RUMPUN SARI KEMUNING I berupa teh hijau atau teh yang diolah menjadi teh setengah jadi atau belum begitu kering. Produk teh hijau yang diproduksi oleh PT. RUMPUN SARI KEMUNING I memberikan prospek yang bagus bagi perkebunan teh yang terdapat di sekitar wilayah Karanganyar karena belum begitu banyak pabrik yang memproduksi teh hijau bahkan sampai saat inipun PT. RUMPUN SARI KEMUNING I ini adalah satu – satunya pabrik yang ada di Karanganyar.

Dalam hal ini berorientasi pada quality control, yang merupakan bagian penting dalam proses produksi. Setiap bahan yang akan mengalami proses produksi harus melalui tahap quality control untuk mengetahui barang tersebut layak atau tidak untuk selanjutnya dilakukan proses produksi. Dengan dilakukannya quality control kita bisa mengetahui standar bahan yang baik untuk digunakan dalam proses, dan jika ada masalah dalam bahan tersebut bisa segera diatasi. Selain itu, quality control juga termasuk dalam HACCP (Hazard Analitical Critical Control Point) yaitu titik kritis adanya bahaya atau masalah yang ada, baik dalam bahan baku atau barang setengah jadi hingga barang jadi sebelum didistribusikan.

Untuk menghasilkan produk yang bermutu dan terjamin keamanannya diperlukan adanya quality control dari bahan baku, proses produksi sampai produk jadi dan siap di pasarkan. Quality Control sangat diperlukan agar produk yang dihasilkan sesuai dengan standar yang diinginkan. Dengan melakukan magang ini yang khususnya pada Quality Control pembuatan teh hiaju di PT. RUMPUN SARI KEMUNING I diharapkan dapat menambah wawasan dan pengetahuan proses pembuatan teh hijau dari bahan baku hingga barang jadi dan penggudangan terutama tentang pengendalian mutu dimasing – masing proses.

Untuk mendapatkan daftar lengkap contoh skripsi pertanian lengkap / tesis pertanian lengkap, dalam format PDF, Ms Word, dan Hardcopy, silahkan memilih salah satu link yang tersedia berikut :

Contoh Tesis

Contoh Skripsi

Incoming search terms:

Leave a Reply