HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Faktor Pengaruh pd Mahasiswa Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi

Judul Skripsi: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang

 

A. Latar Belakang Skripsi

Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi ( IPTEK ) yang semakin pesat menimbulkan berbagai perubahan di segala bidang kehidupan, salah satunya adalah perubahan dalam dunia kerja. Tuntutan dari dunia kerja semakin berat. Yang dibutuhkan oleh dunia kerja adalah sumber daya manusia yang berkualitas, baik dari segi intelektual, moral, serta keterampilan yang dimilikinya. Oleh karena itu, tingkat pendidikan yang tinggi saja belum dapat menjamin seseorang diterima dalam dunia kerja, namun mereka juga dituntut untuk memiliki moral, kreatifitas, serta keterampilan yang tinggi di bidangnya. Hal tersebut merupakan beberapa persyaratan yang diperlukan untuk dapat diterima di dunia kerja, selain persyaratan-persyaratan khusus lainnya yang disesuaikan dengan jenis pekerjaan yang ditawarkan.Tuntutan dari dunia kerja yang semakin berat, ditambah dengan banyaknya pencari kerja yang tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang tersedia di masyarakat mengakibatkan persaingan dalam mencari pekerjaan semakin berat.

Dalam hal ini belajar keras serta etos kerja yang tinggi menjadi modal utama yang harus dimiliki oleh seseorang untuk memenangkan persaingan di dunia kerja. Oleh karena itu, sistem belajar dan pembelajaran yang mengacu pada pembentukan manusia cerdas, kreatif dan bermoral menjadi sangat mendesak. (  Tim MKDK UNNES, 2000 : 2 )

 

B. Rumusan Masalah

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Ekonomi memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang.

 

C. Tinjauan Pustaka

Pengertian Belajar

Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti, bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa baik di sekolah, maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri.

Pengertian Prestasi Belajar

Dalam penelitian ini prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar yang mereka peroleh pada akhir semester I, yang dalam hal ini dinyatakan dalam bentuk Indeks Prestasi (IP). Dalam proses penjurusan faktor prestasi menjadi salah satu pertimbangan mahasiswa sebelum mereka memilih suatu prodi tertentu. Dari IP inilah mereka dapat mengetahui hasil belajar mereka selama satu semester, dengan demikian mereka dapat mengetahui bakat, minat, dan kemampuan mereka, apakah sesuai atau cocok dengan prodi (Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran) yang akan mereka pilih nantinya.

 

Pengertian Administrasi Perkantoran

Administrasi adalah segala kegiatan tulis-menulis, catat-mencatat, surat-menyurat, ketik-mengetik, serta penyimpanan dan pengurusan masalahmasalah yang hanya bersifat teknis ketatausahaan belaka. (SF. Marbun & Moh. Mahfud, 2000 : 6) Jadi pengertian Administrasi Perkantoran adalah segala kegiatan yang berhubungan dengan pekerjaan kantor.

 

D. Metode Penelitian

Dalam penelitian ini populasi berjumlah 189 mahasiswa.

Pengambilan sampel menggunakan teknik proporsional random sampling.

Di dalam analisis faktor, variabel tidak dikelompokan menjadi variabel bebas dan variabel terikat, sebaliknya sebagai penggantinya seluruh set hubungan interdependent antar-variabel diteliti.

Perangkat alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini adalah berupa

angket.

Analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan model analisis faktor.

 

E. Kesimpulan

  1. Dari hasil analisis faktor terdapat 8 ( delapan ) kelompok faktor yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini yaitu :
    • bakat dan minat dengan indikator antara lain tingkat intelegensi yang dimiliki, keterampilan yang dimiliki, pengembangan potensi diri, ketertarikan terhadap mata kuliah tertentu, latar belakang pendidikan sebelumnya, ketertarikan pada suatu pekerjaan
    • dunia kerja dengan indikator antara lain status sosial yang diharapkan, gaji yang diharapkan, prospek karir dari suatu pekerjaan di masa depan, mata kuliah yang diberikan, peluang kerja yang diharapkan
    • sarana dan prasarana dengan indikator antara lain keadaan ruang kuliah, jumlah laboratorium yang dimiliki, jumlah peralatan yang dimiliki
    • lingkungan sosial dengan indikator antara lain pandangan orang tua terhadap suatu pekerjaan, jumlah teman yang memilih suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu pekerjaan
    • kapasitas prodi dengan indikator antara lain daya tampung prodi, jumlah peminat
    • motivasi belajar dengan indikator antara lain penetapan pilihan prodi, cita-cita yang dimiliki, semangat belajar
    • mata kuliah dengan indikator antara lain tingkat kesulitan mata kuliah, jumlah mata kuliah,
    • proses perkuliahan dengan indikator antara lain kondisi perkuliahan.
  2. Dari hasil analisis faktor dapat diketahui sumbangan atau kontribusi dari masing-masing faktor yang berpengaruh dalam pemilihan suatu prodi. Sumbangan atau kontribusi dari setiap faktor adalah sebagai berikut :
    • bakat dan minat memiliki kontribusi sebesar 26,324%,
    • dunia kerja memiliki kontribusi sebesar 8,518%,
    • sarana dan prasarana memiliki kontribusi sebesar 8,055%, lingkungan sosial memiliki kontribusi sebesar 6,657%,
    • kapasitas prodi memiliki kontribusi sebesar 5,608%,
    • motivasi belajar memiliki kontribusi sebesar 4,915%,
    • mata kuliah memiliki kontribusi sebesar 4,480%, proses perkuliahan memiliki kontribusi sebesar 3,873%. Jadi faktor yang memberikan kontribusi terbesar dalam pemilihan Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran adalah faktor bakat adan minat.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  2. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  3. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  4. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit
  5. Pengaruh Komunikasi Intern terhadap Semangat Kerja Pegawai

 

Incoming search terms:

Leave a Reply