HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Faktor Pengaruh Memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran

Judul Skripsi : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi Memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang

 

A. Latar Belakang

Setiap prodi memiliki peminat-peminat tersendiri, mereka memiliki pertimbangan-pertimbangan tertentu sebelum memilih suatu prodi. Begitu pula halnya dengan mahasiswa yang memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran. Mereka juga memiliki pertimbangan-pertimbangan khusus. Bagi mahasiswa yang hendak memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran, mereka akan mempertimbangkan bakat yang dimiliki ( bakat dalam korespondensi, mengetik baik manual maupun elektronik, kearsipan, stenografi dll), minat ( ketertarikan terhadap mata kuliah, dosen dll), peluang kerja yang akan mereka peroleh setelah mereka lulus nanti dengan melihat kebutuhan dunia kerja dan jumlah pesaing, serta dorongan dari orang tua dan teman sebaya terhadap suatu pekerjaan maupun terhadap Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran itu sendiri. Pertimbangan setiap mahasiswa berbeda satu sama lain. Hal itu disebabkan karena mereka memiliki bakat, minat, cita-cita dan persepsi atau pandangan yang berbeda dalam menilai suatu Prodi khususnya Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran.

Banyaknya pertimbangan-pertimbangan mahasiswa dalam memilih suatu prodi, membuat penulis tertarik untuk meneliti faktor-faktor apa sajakah yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Ekonomi memilih Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran dengan mengambil judul : “FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI MAHASISWA JURUSAN EKONOMI MEMILIH PROGRAM STUDI PENDIDIKAN EKONOMI ADMINISTRASI PERKANTORAN DI UNIVERSITAS NEGERI SEMARANG “

 

B. Permasalahan Skripsi

Adapun yang menjadi permasalahan dalam penelitian ini adalah faktorfaktor apa sajakah yang mempengaruhi mahasiswa Jurusan Ekonomi memilih Program Studi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran di Universitas Negeri Semarang.

 

C. Landasan Teori

Pengertian Belajar

Belajar adalah kegiatan yang berproses dan merupakan unsur yang sangat fundamental dalam penyelenggaraan setiap jenis dan jenjang pendidikan. Ini berarti, bahwa berhasil atau gagalnya pencapaian tujuan pendidikan itu amat bergantung pada proses belajar yang dialami siswa baik di sekolah, maupun di lingkungan rumah atau keluarganya sendiri.

Pengertian Prestasi Belajar

Dalam penelitian ini prestasi belajar yang dimaksud adalah hasil belajar yang mereka peroleh pada akhir semester I, yang dalam hal ini dinyatakan dalam bentuk Indeks Prestasi (IP). Dalam proses penjurusan faktor prestasi menjadi salah satu pertimbangan mahasiswa sebelum mereka memilih suatu prodi tertentu. Dari IP inilah mereka dapat mengetahui hasil belajar mereka selama satu semester, dengan demikian mereka dapat mengetahui bakat, minat, dan kemampuan mereka, apakah sesuai atau cocok dengan prodi ( Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran ) yang akan mereka pilih nantinya.

Bakat

Menurut Hilgard, bakat adalah kemampuan untuk belajar. Kemampuan itu baru akan terealisasi menjadi kecakapan yang nyata sesudah belajar atau berlatih. Jadi bakat merupakan faktor yang besar pengaruhnya terhadap proses dan hasil belajar seseorang. Hampir tidak ada orang yang membantah, bahwa belajar pada bidang yang sesuai dengn bakat akan memperbesar kemungkinan berhasilnya usaha tersebut. Akan tetapi, banyak hal-hal yang menghalangi untuk terciptanya kondisi yang sangat diinginkan oleh setiap orang.

 

D. Metode Penelitian

Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa FIS UNNES Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran angkatan tahun 2001-2004 yang berjumlah 189 mahasiswa.

Pengambilan sampel yang berjumlah 130 mahasiswa dilakukan dengan teknik proporsional random sampling.

Dalam penelitian ini variabel tidak dikelompokan menjadi variabel bebas dan variabel terikat, sebaliknya sebagai penggantinya seluruh set hubungan interdependent antar variabel diteliti.

Alat pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Data yang dikumpulkan dianalisis dengan teknik analisis faktor.

 

E. Kesimpulan

  • Dari hasil analisis faktor terdapat 8 ( delapan ) kelompok faktor yang menjadi variabel bebas dalam penelitian ini yaitu :

(a) bakat dan minat dengan indikator antara lain tingkat intelegensi yang dimiliki, keterampilan yang dimiliki, pengembangan potensi diri, ketertarikan terhadap mata kuliah tertentu, latar belakang pendidikan sebelumnya, ketertarikan pada suatu pekerjaan,

(b) dunia kerja dengan indikator antara lain status sosial yang diharapkan, gaji yang diharapkan, prospek karir dari suatu pekerjaan di masa depan, mata kuliah yang diberikan, peluang kerja yang diharapkan,

(c) sarana dan prasarana dengan indikator antara lain keadaan ruang kuliah, jumlah laboratorium yang dimiliki, jumlah peralatan yang dimiliki,

(d) lingkungan sosial dengan indikator antara lain pandangan orang tua terhadap suatu pekerjaan, jumlah teman yang memilih suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu prodi, pandangan teman terhadap suatu pekerjaan,

(e) kapasitas prodi dengan indikator antara lain daya tampung prodi, jumlah peminat,

(f) motivasi belajar dengan indikator antara lain penetapan pilihan prodi, cita-cita yang dimiliki, semangat belajar,

(g) mata kuliah dengan indikator antara lain tingkat kesulitan mata kuliah, jumlah mata kuliah,

(h) proses perkuliahan dengan indikator antara lain kondisi perkuliahan.

  • Dari hasil analisis faktor dapat diketahui sumbangan atau kontribusi dari masing-masing faktor yang berpengaruh dalam pemilihan suatu prodi. Sumbangan atau kontribusi dari setiap faktor adalah sebagai berikut :

(a) bakat dan minat memiliki kontribusi sebesar 26,324%,

(b) dunia kerja memiliki kontribusi sebesar 8,518%,

(c) sarana dan prasarana memiliki kontribusi sebesar 8,055%, lingkungan sosial memiliki kontribusi sebesar 6,657%,

(d) kapasitas prodi memiliki kontribusi sebesar 5,608%,

(e) motivasi belajar memiliki kontribusi sebesar 4,915%,

(f) mata kuliah memiliki kontribusi sebesar 4,480%, proses perkuliahan memiliki kontribusi sebesar 3,873%. Jadi faktor yang memberikan kontribusi terbesar dalam pemilihan Prodi Pendidikan Ekonomi Administrasi Perkantoran adalah faktor bakat adan minat.

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Analisis Faktor-Faktor yang berpengaruh terhadap Rasio Pembayaran Deviden
  2. Faktor – Faktor yang Mempengaruhi Struktur Modal pada Perusahaan
  3. Faktor yang Mempengaruhi Mahasiswa Jurusan Ekonomi
  4. Fungsi Internal Hubungan Masyarakat pada Perusahaan Umum Bulog Divisi Regional
  5. Pengaruh Kompetensi dan Independensi Auditor terhadap Kualitas Audit

 

Leave a Reply