HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Faktor-Faktor yg Mempengaruhi Usaha Kecil Brem

Judul Skripsi: Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Kecil Brem di Kabupaten Madiun

A. Latar Belakang

Dengan meningkatnya volume penjualan yang diperoleh maka laba yang diperolehnya juga meningkat seiring dengan peningkatan pendapatan dari penjualannya. Pendapatan usaha kecil brem tersebut tentunya dipengaruhi oleh berbagai faktor, antara lain adalah modal, pemasaran produk, kemampuan dan ketrampilan pengusaha dalam berproduksi, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, jumlah tenaga kerja, waktu operasi setiap harinya dan sebagainya (J. Ellyawati dan Y. Sri Susilo, 2001:44). Dalam penelitian ini dipilih beberapa variabel yang berpengaruh terhadap pendapatan usaha brem antara lain modal, jumlah tenaga kerja, pengalaman usaha, tingkat pendidikan dan waktu operasi per hari.

Dari latar belakang diatas maka peneliti tertarik untuk mencoba mengadakan penelitian bidang pendapatan pengusaha dengan judul : “Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Usaha Kecil Brem di Kabupaten Madiun”

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah variabel-variabel modal, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, dan waktu operasi perhari secara parsial dan secara bersama-sama dapat mempengaruhi pendapatan pengusaha kecil brem di Kabupaten Madiun?
  2. Kelima variabel modal kerja, jumlah tenaga kerja, tingkat pendidikan, pengalaman usaha, dan waktu operasi perhari tersebut manakah yang mempunyai pengaruh paling dominan terhadap variabel pendapatan pengusaha kecil brem di Kabupaten Madiun?

 

C. Telaah Pustaka

Pengertian Industri Kecil

Sampai saat ini pengertian industri kecil belum ada kesepakatan yang jelas. Karena masing-masing lembaga atau departemen mendefenisikan industri kecil berdasarkan pada kriteria yang berlainan. Dalam mendefinisikan industri kecil ada berbagai cara tergantung dari batasan atau kriteria kuantitatif yang digunakan oleh masing-masing instansi dan negara yang bersangkutan tersebut.

 

Arti Penting Industri Kecil

Industri kecil mempunyai kedudukan yang sangat penting dalam perekonomian. Industri kecil memberi manfaat sosial (social benefit) yang sangat berarti bagi perekonomian Indonesia. Manfaat pertama, industri kecil dapat menciptakan peluang berusaha yang luas dengan pembiayaan yang relatif murah. Manfaat kedua, industri kecil turut mengambil peranan dalam meningkatkan dan memobilisasi tabungan domestik. Ini dimungkinkan dengan kenyataan bahwa industri kecil cenderung memiliki atau memperoleh modal dari si pengusaha sendiri, dari tabungan keluarga atau dari kerabatnya. Manfaat ketiga, industri kecil mempunyai kedudukan komplementer terhadap industri sedang dan besar, karena industri kecil menghasilkan produk yang relatif murah dan sederhana yang bisa dihasilkan oleh industri sedang dan besar.

 

Pengalaman Usaha

Pengalaman usaha adalah lamanya seseorang dalam menjalankan suatu bidang usaha, sehingga akan lebih banyak mempunyai pengetahuan tentang bagaimana cara memenuhi kebutuhan konsumen.

 

D. Metode Penelitian Skripsi

Desain penelitian digunakan sebagai rencana kerja penelitian yang akan digunakan dalam penelitian.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pengusaha kecil brem di Kabupaten Madiun yang terdiri dari beberapa desa yang tersebar di Kabupaten Madiun sebanyak 55 pengusaha industri kecil brem.

Sampel yang diambil sebanyak 40 menggunakan teknik kombinasi Area Random sampling agar semua wilayah terwakili dan Proportionate Random Sampling agar besar kecilnya secara wilayah itu terwakili sesuai dengan banyaknya pengusaha kecil brem di Kabupaten Madiun.

SUMBER DATA pada penelitian ini yaitu dengan menggunakan sumber data primer ataupun sekunder.

Metode Pengumpulan data yaitu dengan wawancara terstuktur dan kuesioner. Menggunakan analisis regresi ini karena penelitian ini untuk mengetahui pengaruh antara lebih dari satu variabel independen pada suatu variabel independen ( Djarwanto. PS, 1996:175 ).

 

E. Kesimpulan

  1. Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa variabel modal mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, karena variabel tersebut mempunyai t hitung > t tabel, yaitu t hitung modal (3,038) > t tabel (2,030), sehingga hipotesis “Diduga bahwa variabel modal berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengusaha kecil brem di Kabupaten Madiun” terbukti kebenarannya.
  2. Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa variabel tenaga kerja mempunya pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, karena variabel tersebut mempunyai t hitung > t tabel, yaitu t hitung tenaga kerja (2,615) > t tabel (2,030), sehingga hipotesis “Diduga bahwa variabel tenaga kerja berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengusaha kecil brem di Kabupaten Madiun” terbukti kebenarannya.
  3. Berdasarkan uji t diperoleh hasil bahwa variabel tingkat pendidikan mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap pendapatan usaha, karena variabel tersebut mempunyai t hitung > t tabel, yaitu t hitung tingkat pendidikan (3,333) > t tabel (2,030), sehingga hipotesis “Diduga bahwa variabel tingkat pendidikan berpengaruh positif dan signifikan terhadap pendapatan pengusaha kecil brem di Kabupaten Madiun” terbukti kebenarannya.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Evaluasi Terhadap Penentuan Harga Pokok Produk Pesanan dengan Metode Full Costing pada Bengkel Mesin
  2. Analisa Konsumsi Rumah Tangga di Kabupaten Brebes tahun 2004
  3. Proses Ekspor-Impor pada Kawasan Berikat Tanjung Emas Export Processing Zone (Tepz)
  4. Peran Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi dalam Mengembangkan Produktifitas
  5. Analisis Permintaan Jepang terhadap Komoditas Udang Indonesia Tahun 1978-2003

 

Incoming search terms:

Leave a Reply