HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Keuntungan Usaha Industri Kecil So’on

Contoh Tesis – Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keuntungan Usaha Industri Kecil So’on Di Kabupaten Klaten (Studi Kasus Di Desa Manjung Kecamatan Ngawen)

KEUNTUNGAN USAHA INDUSTRI KECIL SO'ON Tesis Keuntungan Usaha Industri Kecil So'on

 

 

 A. Latar Belakang Masalah

Pelaksanaan program pembangunan ekonomi rakyat tersebut merupakan usaha dalam rangka penanggulangan pengangguran dan pemerataan distribusi pendapatan di Indonesia pada umumnya dan di Pemerintah Daerah Kabupaten Klaten pada khususnya sekarang ini akan kurang berhasil jika hanya mengandalkan pertumbuhan ekonomi modern saja. Kondisi semacam ini harus selalu diperhatikan dalam rangka modernisasi yang meliputi modernisasi teknologi, pengembangan perekonomian daerah pedesaan maupun pembinaan lapisan industri kecil dan menengah. Permasalahan yang masih harus dihadapi adalah kapasitas produksi dan akses terhadap berbagai sumberdaya produktif  bagi masyarakat miskin masih jauh dibawah tingkat yang memungkinkan untuk berusaha dalam upaya meningkatkan pendapatan serta memenuhi kebutuhan dasarnya.

Masalah-masalah pokok yang mendasar dalam pelaksanaan pembangunan yaitu :

masih terbatasnya lapangan kerja produktif, pengangguran, ketimpangan distribusi pendapatan, kemiskinan, dan ketidakseimbangan ekonomi antar daerah (Soemitro, 1994; Sumodiningrat, 1998). Menurut Sumodiningrat, (1998 : 6) ketiga masalah itu timbul karena ada perbedaan di antara setiap anggota masyarakat dalam kegiatan ekonomi.

 

 B. Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah dan pembatasan masalah serta untuk mengarah kepada tujuan penelitian, maka penelitian ini dapat dirumuskan sebagai  berikut  :

  1. Bagaimanakah pengaruh tenaga kerja terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;
  2. Bagaimanakah pengaruh modal usaha terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;
  3. Bagaimanakah pengaruh biaya pemasaran terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;
  4. Bagaimanakah pengaruh pendidikan terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;

 C. Tujuan Penelitian

Penelitian ini secara umum bertujuan untuk mendapatkan fakta empiris mengenai perkembangan industri kecil yang produktif dalam rangka pemberdayaan ekonomi masyarakat. Penelitian ini juga ingin mengeketahui sebarapa besar kesuksesan dari usaha industri kecil sebagai salah satu usaha yang tetap produktif dan padat karya dapat tumbuh dan berkembang. Secara spesifik penelitian ini ditujukan kepada hal-hal sebagai berikut :

  1. Untuk mengetahui pengaruh tenaga kerja terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;
  2. Untuk mengetahui pengaruh modal usaha terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;
  3. Untuk mengetahui pengaruh biaya pemasaran terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;
  4. Untuk mengetahui pengaruh pendidikan terhadap keuntungan usaha industri kecil So’on di Desa Manjung ;

 D. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisa data dan pengujian hipotesis yang telah dilakukan menunjukkan hal-hal sebagai berikut :

  1. Upah tenaga kerja berpengaruh negatif dan signifikan terhadap keuntungan bersih industri kecil so’on. Pengaruh variabel ini terhadap keuntungan bersih adalah signifikan. Setiap ada penambahan upah tenaga kerja sebesar Rp.1,- akan mengurangi keuntungan bersih industri kecil sebesar Rp.0,956120,-
  2. Modal usaha mempengaruhi secara positif dan signifikan terhadap keuntungan bersih industri kecil so’on di Desa Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Artinya setiap ada penambahan modal sebesar Rp.1,- maka keuntungan bersih industri kecil akan bertambah  sebesar  Rp.0,187076,-. Artinya bahwa semakin bertambahnya modal usaha maka keuntungan bersih industri kecil semakin bertambah.
  3. Biaya pemasaran berpengaruh secara negatif dan signifikan terhadap keuntungan bersih industri kecil so’on di Desa Manjung Kecamatan Ngawen Kabupaten Klaten. Jadi setiap ada penambahan biaya pemasaran sebesar Rp.1,- maka keuntungan bersih industri kecil so’on akan berkurang sebesar Rp…0,950885,-.
  4. Tingkat pendidikan tidak berpengaruh terhadap keuntungan bersih industri kecil so’on di Desa Manjung, karena didalam menjalankan usaha industri kecil so.on tersebut yang dibutuhkan adalah pengalaman usaha dan keterampilan.
Incoming search terms:

Leave a Reply