HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Faktor yg Mempengaruhi Investasi di Indonesia

Judul Skripsi : Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi di Indonesia Periode Tahun 1985 – 2004

 

A. Latar Belakang

Penanaman modal oleh dunia usaha meningkat pesat terutama dalam dasawarsa 1980-an sesudah pemerintah meluncurkan sejumlah paket kebijaksaan deregulasi dan debirokratisasi. Dalam dasawarsa 1970-an bagian terbesar dari penanaman modal dalam negeri berasal dari sector pemerintah. Keadaan tersebut sekarang telah berbalik. Selama paruh pertama dasawarsa 1990-an sebagian besar investasi domestik berasal dari dunia usaha dan masyarakat. Investasi oleh pemerintah sendiri juga tetap bertambah sejalan dengan meningkatnya kebutuhan akan sarana dan prasarana serta pelayanan dasar lainnya.

Dilihat dari periode sebelum dan sesudah krisis moneter peran investasi baik yang Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) mengalami penningkatan yang pesat dan juga mengalami penurunan di tahun – tahun tertentu. Ini dapat dilihat dari table Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Indonesia.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah PDB berpengaruh terhadap PMDN di Indonesia?
  2. Apakah Tenaga Kerja berpengaruh terhadap PMDN di Indonesia?
  3. Apakah Infrastruktur berpengaruh terhadap PMDN di Indonesia?

 

C. Landasan Teori

Teori Investasi

Investasi merupakan pengeluaran yang ditujukan untuk meningkatkan atau mempertahankan stok barang-barang modal yang terdiri dari mesin-mesin, pabrik, kantor dan produk-produk tahan lama lainnya yang digunakan dalam proses produksi.

Pengertian Produk Domestik Bruto ( PDB )

Salah satu ukuran pertumbuhan ekonomi dapat dilihat dari PDB (Produk Domestik Bruto). Produk Domestik Bruto adalah produk barang dan jasa total yang dihasilkan dalam perekonomian suatu Negara di dalam masa satu tahun. PDB didalamnya merupakan pendapatan faktor produksi milik bangsa Indonesia yang berada di dalam negeri ditambah milik bangsa asing di dalam negeri.

Pengaruh Tenaga Kerja Yang Bekerja terhadap Investasi

Terdapat dua faktor yang mempengaruhi keadaan ketenagakerjaan, yaitu faktor permintaan dan penawaran. Faktor permintaan dipengaruhi oleh dinamika pembangunan ekonomi, sedangkan faktor penawaran ditentukan oleh perubahan struktur umur penduduk. Sesuai dengan Konvensi International Labour Organization (ILO), batasan penduduk usia kerja yang digunakan di sini adalah penduduk yang berusia 15 tahun ke atas. Penduduk usia kerja dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu Angkatan Kerja dan Bukan Angkatan Kerja. Angkatan kerja adalah penduduk yang aktif secara ekonomi, yaitu mereka yang bekerja dan mencari pekerjaan, sedangkan bukan angkatan kerja adalah penduduk yang tidak aktif secara ekonomi dengan kegiatan antara lain, sekolah, mengurus rumahtangga dan lainnya.

 

D. Metode Peneltian

Data-data tersebut dikeluarkan oleh Bank Indonesia (Statistik Keungan Ekonomi Indonesia) dan BPS. Data yang digunakan bersifat tahunan dan meliputi kurun waktu 1985-2004.

Analisis data yang dilakukan dengan Metode Regresi Kuadrat Terkecil/OLS (ordinary least square), dengan fungsi Investasi = f (PDB, Tenaga Kerja dan Infrastruktur serta variabel dummy krisis ekonomi).

 

E. Kesimpulan

  1. Produk domestik bruto, Jumlah Tenaga Kerja, Infrastruktur dan variable dummy secara serempak mempunyai pengaruh terhadap penanaman modal dalam negeri di Indonesia.
  2. Hasil pengujian secara individual terhadap faktor – faktor yang mempengaruhi Penanaman Modal Dalam Negeri di Indonesia dapat disimpulkan sebagai berikut:
  3. Hasil pengujian menunjukkan bahwa PDB tidak berpengaruh terhadap penanaman modal dalam negeri di Indonesia. Hal tesebut di sebabkan oleh kondisi sosial politik dan keamanan Indonesia yang belum stabil paska krisis monener yang melanda Indonesia pada tahun 1997.
  4. Hasil pengujian menunjukkan bahwa jumlah tenaga kerja berpengaruh terhadap terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Indonesia. Jadi adanya kenaikan jumlah tenaga kerja akan berpengaruh terhadap Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN) di Indonesia. Tenaga kerja merupakan salah satu faktor penting dalam berproduksi.

 

Contoh Skripsi Ekonomi

  1. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Investasi di Indonesia Periode Tahun 1985 – 2004
  2. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Pembangunan Rumah di Daerah Istimewa
  3. Integrasi Pasar Uang Negara Asean dan Hongkong
  4. Mengukur Tingkat Kemampuan Keuangan dalam Mendukung Pelaksanaan
  5. Penerapan Metode Activity-Based Costing System dalam Menentukan Besarnya Tarif Jasa Rawat Inap

Leave a Reply

×
Hallo ????

Ada yang bisa di bantu?