HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Ekonomi: Analisis Kinerja Keuangan dn Kinerja Saham Perusahaan Bersertifikat ISO

Judul Skripsi : Analisis Kinerja Keuangan dan Kinerja Saham Perusahaan Bersertifikat ISO (Studi Empiris pada Perusahaan di Bursa Efek Indonesia)

 

A. Latar Belakang Skripsi

Kualitas memiliki keterkaitan erat dengan kepuasan pelanggan. Kualitas memberi dorongan pelanggan untuk menjalin ikatan yang kuat dengan perusahaan dalam jangka panjang, ikatan ini memungkinkan perusahaan untuk memahami dengan seksama harapan dan kebutuhan pelanggan. Dan pada gilirannya, kepuasan pelanggan dapat menciptakankesetiaan atau loyalitas terhadap perusahaan.

Peningkatan kualitas produk mempunyai tujuan untuk meminimalisasi jumlah produk cacat atau defect. Dengan berkurangnya jumlah produk cacat, maka biaya penanganan terhadap produk cacat pun dapat diminimalisasi dan dapat meningkatkan produktivitas dan pada akhirnya meningkatkan profit bagi perusahaan serta daya saing perusahaan yang bersangkutan. Kualitas bagi konsumen cukup penting dalam pemenuhan kebutuhan mereka. Konsumen akan mencapai tingkat kepuasan yang tinggi ketika produk yang dikonsumsinya memiliki kualitas yang baik. Di sisi lain kualitas juga adalah unsur penting bagi perusahaan, sebab ketika produk yang dihasilkan perusahaan berkualitas maka akan tercipta loyalitas di dalam diri konsumen dan meningkatnya pangsa pasar. Dengan demikian kondisi ini akan berkontribusi terhadap pencapaian laba perusahaan serta memberikan kemampuan bagi perusahaan untuk tetap survive di bisnisnya.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Apakah terdapat perbedaan kinerja keuangan pada perusahaan sebelum dan sesudah bersertifikat ISO?
  2. Apakah kinerja keuangan perusahaan yang bersertifikat ISO berbeda dengan perusahaan non-sertifikat ISO?

 

C. Landasan Teori

Manajemen Kualitas

Menurut Crosby (1979), kualitas adalah conformance to requirement, yaitu sesuai dengan yang disyaratkan atau distandarkan. Suatu produk memiliki kualitas apabila sesuai dengan standar kualitas yang telah ditentukan. Standar kualitas meliputi bahan bahu, proses produksi, dan produk jadi. Sedangkan menurut Deming (1982), kualitas adalah kesesuaian dengan kebutuhan pasar. Perusahaan harus benar-benar dapat memahami apa yang dibutuhkan konsumen atas suatu produk yang akan dihasilkan.

ISO Standard

ISO (International Organization for Standardization) adalah organisasi internasional yang berkedudukan di Genewa, Swiss. Organisasi ini merupakan organisasi non-pemerintah yang didirikan pada tahun 1974. Organisasi ini mengeluarkan standar yang berlaku global adalah ISO 9000 yaitu standar mutu dan ISO 14000 yaitu standar manajemen lingkungan (Rothery, 1996).

Kinerja Perusahaan

Menurut Parker dalam Trinugroho (2005), kinerja (performance) merupakan gabungan dari kemampuan untuk melakukan pekerjaan dan memotivasi untuk berprestasi. Motivasi berprestasi merupakan gabungan dari kemungkinan bahwa usaha tersebut akan mendapat penghargaan dan nilai penghargaan tersebut bagi individu.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini menggunakan data sekunder. Penelitian ini menurut metodenya adalah penelitian ex post facto yang berarti bahwa penulis tidak mempunyai kemampuan untuk mempengaruhi variabel.

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh perusahaan yang memperoleh sertifikasi ISO seri 9000 dan 14000.

Teknik pengambilan sampel dilakukan pada penelitian ini menggunakan purposive sampling.

Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder yang bersumber dari pihak eksternal.

 

E. Kesimpulan

Penelitian dan analisis data yang dilakukan penulis menemukan hasil yang telah diuraikan pada Bab IV. Hasil tersebut mendasari penulis dalam mengambil kesimpulan dan dinyatakan sebagai berikut: 1) Terdapat perbedaan yang signifikan dari kinerja keuangan perusahaan sebelum dan sesudah sertifikasi ISO untuk rasio EVA, DER dan ROA pada pasangan jendela tertentu. Sedangkan untuk rasio ROE tidak ada perbedaan rasio keuangan sebelum dan sesudah ISO, 2) Tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja keuangan untuk rasio EVA dan ROE pada perusahaan ISO dan non ISO. Namun terdapat perbedaan yang signifikan untuk rasio kinerja keuangan DER dan ROA, 3) Terdapat perbedaan kinerja saham pada dua tahun sebelum dan dua tahun sesudah ISO serta dua tahun sebelum ISO dan tahun ISO. Namun tidak ada perbedaan kinerja saham untuk pasangan jendela (windows) periode yang lain, 4) Terdapat perbedaan yang signifikan pada kinerja saham untuk perusahaan ISO dan perusahaan non ISO.

Tidak ada perbedaan kinerja perusahaan yang mendapat sertifikasi ISO, dimungkinkan oleh beberapa hal yaitu: 1) Terlalu pendeknya jangka waktu penelitian. Kemungkinan dalam beberapa tahun kedepan hasil proses manajemen kualitas tersebut baru akan terlihat, sementara peneliti hanya menggunakan periode penelitian dua tahun sebelum dan dua tahun sesudah perolehan sertifikasi, 2) Sebelum perusahaan-perusahaan tersebut memperoleh sertifikasi ISO, mereka telah memiliki manajemen pemasaran yang baik, sehingga sertifikasi ISO tidak membawa pengaruh yang berarti, 3) Perusahaan yang melakukan sertifikasi ISO tersebut memperoleh sertifikat hanya untuk memenuhi tuntutan bisnis saja, tanpa disertai dengan penerapan lebih lanjut pada sistem manajemennya.

 

Contoh Skripsi Ekonomi :

  1. Analisis Kinerja Keuangan dan Kinerja Saham Perusahaan Bersertifikat ISO
  2. Analisis Pola Konsumsi Masyarakat Pasca Bencana Gempa Bumi dan Strategi-Strategi yang diterapkan
  3. Analisis Rasio Camel terhadap Ekspansi Kredit Bank Umum Swasta Nasional Devisa dan Bank Umum
  4. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Permintaan Jagung di Pasar Domestik Tahun 1984-2008
  5. Evaluasi Sistem Akuntansi Pengeluaran Barang pada PT Amalia Surya Cemerlang Klaten
Incoming search terms:

Leave a Reply