HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Epidemi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Epidemi Pengertian Epidemi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Epidemi

Epidemi ~ Epidemi merupakan suatu kasus yang berhubungan dengan penyakit pada populasi yang ada dan pada wilayah yang ada dan sifatnya melebihi dari keadaan yang normal. Dalam epidemi telah dikaji berbagai macam yang berhubungan dengan penyakit tersebut. Adapun kajian dari epidemi meliputi:

  1. Musim yang harus diperhatikan
  2. Wilayah penyebaran penyakit
  3. Sifat-sifat penyakit

Untuk menentukan jumlah tindakan yang ada, tentu saja terlebih dahulu ditentukan jumalh kasus yang ada pada suatu daerah tersebut. Dalam penanganan epidemi dibutuhkan suatu kajian ilmu yang dapat memecahakan segala masalah yang ada.

Kajian ilmu tersebut adalah eidemiologi. Epidemiologi merupakan ilmu yang membahas serta mempelajari segala persebaran, sebab dan akibat penyakit yang timbul di dalam masyarakat. Epidemiologi juga meerapkan segala macam tata cara penanggulagan dan pencegahan masalah yang berhubungan dengan kesehatan dan penyakit.

Misalnya saja pada tahap pemusnahan infeksi. Pemusnahan infeksi yang dilakuakn merupakan kajian ilmu yang ada pada epidemiologi. Infeksi yang biasanya ditangani oleh epidemiologi adalah penyakit cacar yang ada diseluruh dunia, eradiksi malaria yang ada diseluruh dunia.

Proses penyakit yang terjadi pada masyarakat dikenal dngan berbagai macam jalan dan faktor. Adapun faktor yang memegang peranan penting, meliputi:

  1. Faktor penyebab
  2. Sumber penularan
  3. Penularan khusus
  4. Ketahan penjamu

Dalam penanggulangan penyakit terdapat suatu kontrol yang dijadikan sebagai daya upaya untuk menekankan peristia atau kejadian yang terbilang merugikan. Sehingga dari pencegahan serta penanganan tersebut memiliki sifat yang menyeimbangkan keseimbangan kesehatan.

Demikian artikel yang berjudul Pengertian Epidemi dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Semoga artikel yang Kami sajikan mampu memberikan wawasan untuk Anda.

Artikel yang Terkait:

Incoming search terms:

Leave a Reply