HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengertian Emerging Diseases dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Emerging Diseases Pengertian Emerging Diseases dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi

Emerging Diseases

Emerging Diseases ~ Penyakit-penyakit yang mencuat yaitu penyakit yang angka kejadiannya meningkat dalam dua dekade terakhir ini, atau mempunyai kecenderungan untuk meningkat dalam waktu dekat, penyakit yang area geografis penyebarannya meluas, dan penyakit yang tadinya mudah dikontrol dengan obat-obatan namun kini menjadi resisten .

Emerging disease termasuk wabah penyakit menular yang tidak diketahui sebelumnya atau penyakit menular baru yang insidennya meningkat signifikan dalam dua dekade terakhir. Re-emerging disease atau yang biasa disebutresurging disease adalah wabah penyakit menular yang muncul kembali setelah penurunan yang signifikan dalam insiden dimasa lampau. Ada beberapa faktor yang menyebabkan dua permasalahan ini selalu muncul hampir disetiap tahunnya, yaitu :
  • Evolusi dari microbial agent seperti variasi genetik, rekombinasi, mutasi dan adaptasi
  • Hubungan microbial agent dengan hewan perantara (zoonotic encounter)
  • Perubahan iklim dan lingkungan
  • Perubahan prilaku manusia seperti penggunaan pestisida, penggunaan obat antimikrobial yang bisa menyebabkan resistensi dan penurunan penggunaan vaksin.
  • Pekembangan industri dan ekonomi
  • Perpindahan secara massal yang membawa serta wabah penyakit tertentu (travel diseases)

WHO telah merekomendasikan kepada setiap negara dengan sebuah sistem peringatan dini (early warning system) untuk wabah penyakit menular dan sistem  surveillance untuk emerging dan re-emerging disease khususnya untuk wabah penyakit  pandemik.

Sistem surveillance merujuk kepada pengumpulan, analisis dan intrepretasi dari hasil data secara sistemik yang akan digunakan sebagai rencana penatalaksaan (pandemic preparedness) dan evaluasi dalam praktek kesehatan masyakarat dalam rangka menurunkan angka morbiditas dan meningkatkan kualitas kesehatan(Center for Disease Control and Prevention/CDC).

Contoh sistem surveillance ini seperti dalam kasus severe acute respiratory syndrome (SARS)

Incoming search terms:

Leave a Reply