HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengembangan Komponen Kurikulum

Kurikulum Nasional Dan Lokal Pengembangan Komponen KurikulumPengembangan Komponen KurikulumSetelah sebelumnya IDtesis membahas dan memberikan refrensi tentang kurikulum 2013 kali ini, kami akan membahas mengenai pengembangan komponen kurikulum.

Sebelum masuk ke pembahasan yang lebih inti yaitu komponen pengembangan kurikulum, terlebih dahulu kita harus mengerti apa itu komponen, pengembangan, serta kurikulum.

Komponen ialah satu kesatuan yang ada dan membentuk kedalam satu unsur. Pengembangan sendiri ialah uatu usaha yang dilakkan untuk mencapai kemajuan. sedangkan kurikulum  sendiri merupakan bagian atu seperangkat media yang digunakan dalam dunia pendidikan.

Sehingga judul tulisan yang akan IDtesis sampaikan dapat diartikan sebagai unsur-unsur apa saja yang dapat dilakukan untuk memajukan perangkat pendidikan.

Unutuk mencapai tujuan yang memuaskan tentu saja dibutuhkan suatu komponen atau yang lebih sering disebut dngan komponen tujuan.

Komponen tujuan merupakan rumusan atau harapan yang igin dicapai. Dalm komponen tujuan sendiri terdiri dari empat tujuan pendidikan diantaranya :

  1. Tujuan Pendidikan Nasional (TPN)
  2. Tujuan Institusional (TI)
  3. Tujuan Kurikuler (TK)
  4. Tujuan Pembelajaran (TP)

Yang dimaksud dengan tujuan pendidikan naional ialah sasaran yang harus dicapai dean dijadikan suatu pedoman tertentu pada setiap usaha dalam kegiatan pendidikan. Tujuan pendidikan tersebut dapat digambarkan dengan perilaku yang ideal sesuai ketentuan serta pandangan hidup.

Komponen metode strategi juga merupakan komponen terpenting yang ada dalam dunia pendidikan. Sebab komponen tersebut berhubungan langsung dengan pelaksanaan yang ada pada kurikulum.

Strategi yang ada dalam komponen metode strategi meliputi rencana, metode, dan berbagai perangkat kegiatan yang telah direncanakan. Sedangkan komponen evaluasi merupakan komponen yang ada pada tahap akhir.

Komponen evaluasi digunakan untuk menilai dan arti kurikulum, sehingga dapat dijadikan bahan pertimbangan apakah suatu kurikulum perlu dipertahankan atau tidak, dan bagian-bagian mana yang perlu disempurnakan.

IDtesis merupakan solusi, konsultasi, dan refrensi yang anda butuhkan, berikut ini bagan pengembangan komponen pendidikan yang bisa anda download di bawah ini :

 

Incoming search terms:

Leave a Reply