HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika

Contoh Tesis– Analisis Pengembangan Kurikulum Adaptif Pada Mata Pelajaran Matematika  Di Program Rintisan  Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI)  Smp Negeri  2 Temanggung

Pengembangan Matematika Pengembangan Kurikulum Mata Pelajaran Matematika

 

A.  Latar Belakang Masalah

Pembukaan UUD 1945 menyatakan bahwa salah satu tujuan negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa dan untuk itu setiap warga negara Indonesi berhak memperoleh pendidikan yang bermutu.  Pendidikan yang bermutu akan menghasilkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang berkualitas, yang mampu mengaktualisasikan potensi kemanusiaannya secara optimal.  Secara mendasar, dimensi kemanusiaan tersebut dijabarkan dalam fungsi pendidikan nasional yaitu mengembangkan kemampuan dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dengan tujuan untuk mengembangkan potensi peserta didik agar menjadi manusia yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri dan menjadi warga negara yang demokratis dan bertanggung jawab (UU RI No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional).  Pemerintah menyadari pentingnya pendidikan yang bermutu bagi bangsa Indonesia.  Oleh karenanya Pemerintah harus terus berupaya untuk meningkatkan kualitas pendidikan nasional.

Sejalan dengan hal itu, Pemerintah bersama Dewan Perwakilan Rakyat telah menetapkan Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Selanjutnya, untuk menjamin terselenggaranya pendidikan bermutu yang didasarkan pada Standar Nasional Pendidikan telah ditetapkan Peraturan Pemerintah Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.  Selain itu, Undang-Undang Nomor 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional Tahun 2005 – 2025 menetapkan tahapan skala prioritas utama dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah ke-1 Tahun 2005-2009 untuk meningkatkan kualitas dan akses masyarakat terhadap pelayanan pendidikan.

B.  Rumusan Masalah

Berdasarkan pada pembatasan masalah di atas, dirumuskan masalah penelitian sebagai berikut:

  1. Bagaimanakah pemahaman guru-guru di SMP Negeri 2 Temanggung  terhadap pengembangan kurikulum RSBI pada mata pelajaran matematika?
  2. Bagaimanakah proses penyusunan dan pengembangan kurikulum RSBI di SMP Negeri 2  Temanggung  pada mata pelajaran matematika?
  3. Bagaimanakah ketercapaian pengembangan kurikulum matematika yang diadopsi dan diadaptasikan dengan kurikulum internasional pada matapelajaran matematika?
  4. Bagaimana hambatan  proses pengembangan kurikulum matematika yang diadopsi dan diadaptasikan dengan kurikulum internasional pada mata pelajaran matematika?

C.  Hasil Penelitian

Hasil penelitian menunjukan bahwa pemahaman guru-guru terhadap pengembangan kurikulum masih minim, dikarenakan kepedulian guru dalam pengembangan dan pendalaman kurikulum belum sepenuhnya ditingkatkan. Pengembangan tersebut juga mengacu pada visi dan misi sekolah. Pemahaman guru-guru terhadap pengembangan kurikulum tercermin dalam visi-misi. Visi-misi tersebut yang menjadikan SMP Negeri 2 Temanggung mewujudkan sekolah yang berwawasan kebangsaan dan berwawasan global.

D.  Saran

  1. Hendaknya selalu memberikan motivasi, monitoring dan evaluasi kepada para guru, khususnya guru matematika agar berani dan siap untuk mempelajari dan mendalami kurikulum adaptif.
  2. Melakukan peningkatan sumber daya manusia pendidik dan tenaga kependidikan secara menyeluruh dan berkelanjutan baik peningkatan kemampuan atau kompetensi yang dibutuhkan saat ini, seperti pelatihan bahasa inggris, meningkatkan kemampuan TIK, kemampuan melakukan hubungan ke luar negeri (human relation) ataupun peningkatan kemampuan jangka panjang seperti meningkatan stratra pendidikan bagi pendidik atu tenaga kependidikan kejenjang yang lebih tinggi yaitu S2 /S3.
Incoming search terms:

Leave a Reply