HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Pengetahuan Hygiene Sanitasi dan Sikap terhadap Perubahan Perilaku Penyakit Diare

Judul Skripsi : Pengaruh Pengetahuan Hygiene Sanitasi dan Sikap terhadap Perubahan Perilaku Penyakit Diare di Wilayah Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya

 

A. Latar Belakang

Penyakit diare hingga saat ini masih masalah di Indonesia. Padahal berbagai upaya penanganan, baik secara medik maupun upaya perubahan tingkah laku dengan melakukan pendidikan kesehatan terus dilakukan. Namun upaya – upaya tersebut belum memberikan hasil yang optimal. Setiap tahun penyakit ini masih menduduki peringkat atas, khususnya di daerah – daerah miskin. Jumlah penderita diare yang datang ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) jauh lebih sedikit dibanding jumlah penderita riil atau sebenarnya.

Mereka yang datang di memeriksakan diri ke Pukesmas didata hanya 25 dari per 1.000 penduduk. Namun berdasarkan survey yang dilakukan Depkes (Departeman Kesehatan) melalui survey kesehatan rumah tangga, ternyata penderita diare berjumlah 300 per 1.000 penduduk (Sinar Harapan, 2003).

 

B. Rumusan Masalah Skripsi 

Berdasarkan uraian latar belakang, maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah :

  1. Apakah ada pengaruh pengetahuan hygiene sanitasi terhadap perubahan perilaku pada penyakit diare di Wilayah Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya?
  2. Apakah ada pengaruh sikap terhadap perubahan perilaku pada penyakit diare di Wilayah Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya?
  3. Apakah ada pengaruh pengetahuan hygiene sanitasi dan sikap terhadap perubahan perilaku pada penyakit diare di Wilayah Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya?

 

C. Kajian Teori

Sikap terhadap Kesehatan (health attitude)

Sikap terhadap kesehatan adalah pendapat atau penilaian orang terhadap hal – hal berkaitan dengan pemeliharaan kesehatan, yang mencakup sekurang – kurangnya 4 variabel,yaitu :

  1. Sikap terhadap penyakit menular dan tidak menular (jenis penyakit dan tanda – tanda atau gejalanya, penyebabnya, ,cara pepenularanmnya, cara pencegahannya, cara mengatasi atau menanganinya sementara).
  2. Sikap terhadap faktor – faktor terkait atau mempengaruhi kesehatan, antara lain: gizi makanan, sarana air bersih, pembuangan air limbah, pembuangan kotoran manausia, pembuangan sampah, perumahan sehat, polusi udara, dan sebagainya.
  3. Sikap tentang fasilitas pelayanan kesehatan yang professional maupun tradisionil.
  4. Sikap untuk menghindari kecelakaan, baik kecelakaan rumah tangga maupun kecelakaan lalu lintas, dan kecelakaan ditempat umum.

Pengertian Diare

Diare adalah buang air besar dalam bentuk cairan lebih dari tiga kali dalam satu hari dan biasanya berlangsung selama dua hari atau lebih. Orang yang mengalami diare akan kehilangan cairan tubuh sehingga menyebabkan dehidrasi tubuh. Hal ini membuat tubuh tidak dapat berfungsi dengan baik dan dapat membahayakan jiwa, khususnya pada anak dan orang tua.

Pengetahuan Tentang Hygiene Sanitasi

Pengertian Pengetahuan“Pengertian adalah hasil dari ‘tahu’, dan ini terjadi setelah orang melakukan penginderaan terhadap suatu objek tertentu” (Soekidjo Notoatmodjo, 2007 : 143). Dimana penginderaan terjadi melalui pancaindra manusia yaitu indra penglihatan, indra pendengaran, indra penciuman, indra rasa dan indra raba. Telah disebutkan di atas bahwa kognitif (pengetahuan) merupakan salah satu domain perilaku.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian ini adalah kuantitatif dengan rancangan penelitian cross sectional.

Populasi adalah seluruh pasien penderita diare di Wilayah Puskesmas Waonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya sejumlah 272 pasien. Sampel sejumlah 68 pasien diambil dengan teknik representatif selama bulan Januari sampai Juni 2010.

Variabel bebas (independent) terdiri dari : Pengetahuan Hygiene Sanitasi , Sikap Hygiene Sanitasi dan variabel terikat (dependent) adalah Perubahan Perilaku.

Cara pengumpulan data dengan membagikan kuesioner dan observasi dengan menggunakan wawancara. Dan hasil penelitian dianalisis dengan Regresi Ganda (Regression).

 

E. Kesimpulan

1. Ada pengaruh pengetahuan hygiene sanitasi terhadap perubahan perilaku pada penyakit diare di wilayah Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya.

2. Ada pengaruh sikap terhadap perubahan perilaku pada penyakit diare di wilayah Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya .

3.  Ada pengaruh pengetahuan hygiene sanitasi dan sikap terhadap perubahan perilaku pada penyakit diare di Wilayah Puskesmas Wonokusumo Kecamatan Semampir Surabaya.

Leave a Reply