HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Pembelajaran Teknik Mind Mapp dgn Setting Quantum Teaching And Learning

Judul Skripsi : Pengaruh Pembelajaran Teknik Mind Mapp dengan Setting Quantum Teaching And Learning terhadap Hasil Belajar Mata Diklat Siklus Akuntansi Bab Laporan Keuangan Ditinjau dari Kreativitas Siswa Kelas X di SMK Tamansiswa Sukoharjo Tahun Ajaran 2011/2012

 

A. Latar Belakang

Dalam praktek pembelajaran, untuk mengetahui potensi yang dimiliki setiap siswa dengan menggunakan teknik Mind Mapp Mind mapp atau peta pikiran merupakan suatu teknik grafis yang sangat ampuh dan menjadi kunci yang universal untuk membuka potensi dari seluruh otak, karena menggunakan seluruh keterampilan yang terdapat pada bagian neo-korteks dari otak atau yang dikenal sebagai otak kiri dan kanan”. Menurut DePorter (2010:175) ” Model Pembelajaran yang baik itu harus membantu peserta didik mengingat perkataan dan bacaan, meningkatkan pemahaman terhadap materi, membantu mengorganisasikan materi, dan memberikan wawasan yang baru yaitu dengan mind mapp.

Dalam hal hasil belajar, pada tahun 2001 sesuai hasil revisi taksonomi Bloom (Anderson, 2009: 198) menyatakan bahwa, terdapat perbedaan dimensi dari taksonomi yang lama dengan yang baru, yaitu: terdapat ranah kreatif yang muncul dalam taksonomi Bloom revisi yang sebelumnya tidak ada dan ranah kreatif sekarang menjadi ranah yang paling tinggi. Sehingga, kreativitas siswa perlu diketahui dan dikembangkan dalam proses pembelajaran saat ini.

 

B. Rumusan Masalah Skripsi

  1. Apakah pembelajaran teknik mind mapp dengan setting quantum teaching and learning lebih baik dibandingkan dengan ceramah terhadap hasil belajar mata diklat siklus akuntansi bab laporan keuangan pada siswa kelas X di SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012?
  2. Apakah terdapat perbedaan siswa yang mempunyai kreativitas yang tinggi dengan kreativitas yang rendah terhadap hasil belajar mata diklat akuntansi bab laporan keuangan siswa kelas X di SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012?
  3. Apakah terdapat interaksi pengaruh penggunaan pembelajaran teknik mind mapp dengan setting quantum teaching and learning ditinjau dari kreativitas terhadap hasil belajar mata diklat akuntansi bab laporan keuangan siswa kelas X di SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012?

 

C. Landasan Teori

Pengertian Mind Mapp

Peta pikiran (mind mapp) adalah suatu teknik pembelajaran yang memusatkan otak sebagai satu-satunya konsep yang akan diaplikasikan di dalam kertas kosong sehingga, terbentuknya sebuah pokok informasi yang signifikan.

Pengertian Quantum Teaching and Learning

DePorter (2010:43) menyatakan bahwa: ” Quantum sebagai “interaksi-interaksi yang mengubah energi menjadi cahaya”. mereka mengamalkan kekuatan energi sebagai bagian dari tiap interaksi manusia. dengan mengutip rumus klasik E=mc2 (energi adalah hubungan antara massa dengan kecepatan cahaya) mereka alihkan ihwal energi itu ke dalam analogi tubuh manusia yang “secara fisik adalah materi”. Sebagai peserta didik, tujuannya adalah meraih sebanyak mungkin cahaya yang berupa interaksi, hubungan, inspirasi agar menghasilkan energi cahaya.

Pengertian Kreativitas Siswa

Kreativitas adalah sebuah proses yang menyebabkan lahirnya kemampuan seseorang untuk menghasilkan komposisi, produk atau gagasan apa saja yang pada dasarnya baru, dan sebelumnya tidak dikenal pembuatnya. Ia dapat berupa kegiatan imajinatif atau sintesis pemiliran yang menghasilkan bukan hanya perangkuman.

Pengertian Hasil Belajar

Hasil belajar merupakan objek evaluasi dari proses belajar. Hasil belajar juga dapat diartikan sebagai suatu hasil dari dari proses mengajar guru dan belajar siswa. Untuk mengetahui sejauh mana keberhasilan belajar seorang siswa, maka perlu adanya informasi yang berhubungan dengan indikator-indikator adanya perubahan perilaku dan sikap siswa. Hal ini dapat diketahui melalui hasil belajar siswa. Perubahan tingkah laku dan pribadi sebagai hasil belajar dapat digolongkan menjadi tiga ranah, yaitu ranah kognitif, ranah afektif, dan ranah psikomotorik.

 

Pengertian Akuntansi

Menurut American Accounting Association dalam Somantri (2000: 9) yang diterjemahkan sebagai berikut: “akuntansi adalah proses identifikasi,  pengukuran dan penyampaian informasi ekonomis untuk memnungkinkan perbuatan pertimbangan-pertimbangan dan pengambilan keputusan yang jelas dan tegas oleh pemakai informasi tersebut”.

 

D. Metode Penelitian

Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan desain faktorial 2×2.

Populasi penelitian ini adalah siswa SMK Tamansiswa Sukoharjo Kelas X semester 1 tahun ajaran 2011/2012 sebanyak 280 siswa; sedangkan sempel penelitian diambil sebanyak 80 siswa, yang dirinci 40 siswa untuk kelas eksperimen dari kelas XA dan 40 kelas yang lain untuk kelas kontrol yaitu kelas XB. Sampel tersebut diambil dengan teknik cluster random sampling. Instumen pelaksanaan penelitian berupa mind mapp. Teknik pengumpulan data digunakan dokumentasi, angket dan tes. Dokumentasi untuk mengumpulkan data-data yang mendukung penelitian.

Angket untuk mengukur tingkat kreativitas siswa dan tes digunakan untuk mengukur hasil belajar siswa.

Teknik analisis data menggunakan Analisis Varian Dua Jalur (ANAVA) pada taraf signifikansi = 0.05.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan terhadap siswa kelas X di SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012 dapat disimpulkan sebagai berikut:

1. Pembelajaran teknik mind mapp dengan setting quantum teaching and learning lebih baik dibandingkan dengan ceramah terhadap hasil belajar mata diklat siklus akuntansi bab laporan keuangan pada siswa kelas X di SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Siswa yang diberi pembelajaran teknik mind mapp dengan setting quantum teaching and learning lebih terbuka, siap dan terampil dalam menghadapi tes karena, materi tes sudah terekam dalam pikirannya.

2. Siswa yang mempunyai kreativitas belajar tinggi akan menghasilkan hasil belajar yang lebih tinggi pada mata diklat siklus akuntansi bab laporan keuangan siswa kelas X di SMK Tamansiswa tahun ajaran 2011/2012, dibanding dengan siswa yang mempunyai kreativitas belajar rendah.

3. Ada interaksi pengaruh penggunaan pembelajaran teknik mind mapp dengan setting quantum teaching and learning ditinjau dari kreativitas belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata diklat siklus akuntansi bab laporan keuangan siswa kelas X di SMK Tamansiswa Sukoharjo tahun ajaran 2011/2012. Apabila pembelajaran dilakukan dengan model yang sesuai dan siswa didukung dengan kreativitas belajar yang ditunjukkan dengan nyata maka akan menghasilkan hasil belajar yang lebih baik.

Incoming search terms:

Leave a Reply