HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Skripsi Pengaruh Minat Masuk Program Studi Kebidanan, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Belajar

Judul Skripsi : Pengaruh Minat Masuk Program Studi Kebidanan, Perhatian Orang Tua, dan Lingkungan Belajar terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri

 

A. Latar Belakang

Lingkungan belajar mendukung dan berperan besar dalam upaya pencapaian keberhasilan prestasi belajar mahasiswa. Baik buruknya lingkungan disekitar dapat mempengaruhi keberhasilan prestasi belajar. Para ilmuwan pendidikan meyakini bahwa dengan penyediaan lingkungan belajar efektif dapat dipastikan mutu proses dan hasil belajar yang diharapkan akan tercapai dengan baik (Wijaya, 2007).

Berdasarkan uraian di atas, maka penulis ingin mengkaji lebih dalam dengan mengambil judul ”Pengaruh minat masuk program studi kebidanan, perhatian orang tua, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri”.

 

B. Rumusan Masalah

Berdasarkan uraian latar belakang diatas maka rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: “Apakah ada pengaruh minat masuk program studi kebidanan, perhatian orang tua, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa di Akademi Kebidanan Giri Satria Husada Wonogiri?”

 

C. Kajian Teori

Pengertian Minat

Minat tidak dibawa sejak lahir melainkan diperoleh seiring dengan berjalannya waktu. Minat terhadap sesuatu merupakan hasil belajar dan menyokong belajar selanjutnya. Menurut Syah (2009), secara sederhana minat (interest) berarti kecenderungan dan kegairahan terhadap yang tinggi atau keinginan besar terhadap sesuatu. Sedangkan menurut Slameto (2010) minat adalah suatu rasa lebih suka dan rasa keterikatan pada suatu hal atau aktivitas, tanpa ada yang menyuruh. Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan sesuatu di luar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat.

 

Pengertian Bidan

Menurut International Confederation Of Midwives (ICM) dalam Kepmenkes (2007), bidan adalah seseorang yang telah mengikuti program pendidikan bidan yang diakui di negaranya, telah lulus dari pendidikan tersebut, serta memenuhi kualifikasi untuk di daftar (register) dan atau memiliki izin yang sah (lisensi) untuk melakukan praktik bidan. Bidan diakui sebagai tenaga professional yang bertanggung-jawab dan akuntabel, yang bekerja sebagai mitra perempuan untuk memberikan dukungan, asuhan dan nasehat selama masa hamil, masa persalinan dan masa nifas, memimpin persalinan atas tanggung jawab sendiri dan memberikan asuhan kepada bayi baru lahir, dan bayi.

 

Pengertian Perhatian Orang Tua

Slameto (2010) menjelaskan bahwa perhatian adalah kegiatan yang dilakukan seseorang dalam hubungannya dengan pemilihan rangsangan yang datang dari lingkungannya. Sedangkan menurut Suryabrata (2002), perhatian adalah banyak sedikitnya kesadaran yang menyertai sesuatu aktivitas yang dilakukan dan pemusatan tenaga psikis tertuju kepada suatu objek.

 

Lingkungan Belajar

Yang dimaksud dengan lingkungan belajar adalah lingkungan rumah, lingkungan sekolah, lingkungan kerja,dan lingkungan masyarakat (Mudjiman, 2008). Ketiga lingkungan itu sering disebut sebagai tripusat pendidikan yang akan mempengaruhi manusia secara bervariasi.

 

D. Metode Penelitian

Desain/ rancangan penelitian yang digunakan adalah observasional analitik dengan pendekatan cross sectional.

Penelitian dari bulan Desember sampai bulan Juli 2012.

Sampel dalam penelitian berjumlah 56 responden.

Teknik pengambilan sampel menggunakan exhaustive sampling.

Alat ukur menggunakan kuesioner. Analisa data menggunakan analisis regresi berganda untuk taraf signifikan 5%.

 

E. Kesimpulan

1. Ada pengaruh positif dan signifikan minat masuk program studi kebidanan terhadap prestasi belajar mahasiswa.

2. Ada pengaruh positif dan signifikan perhatian orang tua terhadap prestasi belajar mahasiswa.

3. Ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.

4. Ada pengaruh signifikan secara bersama-sama antara minat masuk program studi kebidanan, perhatian orang tua, dan lingkungan belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa.

Leave a Reply