HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Minat Masuk Program Studi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa

Judul Skripsi : Pengaruh Minat Masuk Program Studi terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa Program Studi Kebidanan Magelang

 

A. Latar Belakang

Program Studi Kebidanan Magelang adalah salah satu jurusan kebidanan di Politeknik Kesehatan Semarang untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang profesional khususnya dalam pemberian pelayanan kebidanan dan kesehatan masyarakat pada umumnya. Dengan menghasilkan tenaga bidan yang profesional, maka diharapkan akan membantu menurunkan angka kesakitan dan kematian khusunya pada ibu. Pelayanan kebidanan yang profesinal akan membantu anak dapat berkembang secara optimal, sehingga menghasilkan generasi penerus yang cerdas dan berkualitas. Pendidikan berkualitas sangat dipengaruhi oleh kualitas raw input, proses belajar mengajar dan kualitas out put.

Kualitas out put mahasiswa dapat dilihat dari hasil Indeks Prestasi Komulatif pada saat lulusan atau Indeks Prestasi (IP) pada setiap semester yang tertuang dalam Kartu Hasil Studi (KHS). Prestasi belajar mahasiswa dipengaruhi oleh banyak faktor yang berasal dari diri individu (internal) dan fektor dari luar (eksternal). Yang termasuk dalam faktor internal diantaranya adalah minat. Minat merupakan alat motivasi yang pokok untuk menggerakan terjadinya proses belajar guna mencapai prestasi belajar.

 

B. Perumusan Masalah

  1. Adakah pengaruh minat masuk program studi terhadap prestasi belajar mahasiswa ?
  2. Adakah faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar mahasiswa?

 

C. Tinjauan Teori

Pengertian Minat

Minat merupakan salah satu aspek psikis manusia yang mendorong untuk berinteraksi dengan suatu obyek yang ada di lingkungannya. Jika obyek tersebut dapat memberikan kesenangan dan harapan pada diri siswa, akan menimbulkan minat dan apabila tidak tertaarik, ia tidak akan mempunyai minat pada obyek tersebut.

 

Faktor yang mempengaruhi minat

Menurut Bernard (dalam Sardiman, 2007) minat timbul tidak secara tiba-tiba atau spontan, melainkan timbul akibat partisipasi, pengalaman, kebiasaan, sehingga minat akan selalu terkait dengan soal kebutuhan atau keinginan.

 

Pengertian prestasi belajar

Prestasi belajar diartikan sebagai hasil yang telah dicapai seseorang yang telah mengerjakan sesuatu hasil kegiatan belajar. Menurut Suharsimi (1999), prestasi belajar ádalah tingkat pencapaian yang dicapai peserta didik atau siswa terhadap tujuan yang ditetapkan oleh masing-masing bidang studi, setelah mengikuti program pengajaran dalam jangka waktu tertentu. Jadi jelaslah bahwa prestasi belajar merupakan hasil dari penilaian kemajuan atau prestasi belajar yang diukur melalui tes. Hasil penilaian itu kemudian dicatat dalam rapor atau kartu hasil studi setelah diolah sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Nilai yang tercantum dalam raport dapat sebagai bukti usaha yang telah dilakukan siswa.

 

D. Metodelogi Penelitian Skripsi

Penelitian ini dilakukan pada institusi Prodi Kebidanan Magelang.

Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah analitik dengan rancangan case control studies yaitu studi dimulai dengan mengidentifikasi kelompok dengan efek tertentu (kasus) dan kelompok tanpa efek (control).

Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Prodi Kebidanan Magelang tahun ajaran 2007/2008 yang berjumlah 80 orang yang terdiri dari tingkat I semester II. peneliti menggunakan teknik purposive sampling.

Analisa yang digunakan untuk pengujian hipotesis yang telah diajukan dengan menggunakan uji t.

 

E. Kesimpulan

Berdasarkan hasil analisis yang telah dipaparkan pada Bab IV, maka penelitian ini memperoleh kesimpulan-kesimpulan sebagai berikut:

1. Terdapat pengaruh minat masuk program studi D-3 Kebidanan terhadap prestasi belajar Mahasiswa semester V Program Studi Kebidanan Magelang tahun 2008.

2. Faktor lain yang mempengaruhi prestasi belajar Mahasiswa semester V Program Studi Kebidanan Magelang tahun 2008 dalam penelitian ini belum dapat ditemukan.

Incoming search terms:

Leave a Reply