HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Bidan Dan Masuk Program Studi DIII

Contoh Tesis– Analisis  Persepsi  Mahasiswa Tentang Profesi  Bidan Dan Motivasi    Masuk  Program  Studi  DIII Kebidanan Dengan Prestasi  Belajar  Konsep Kebidanan Di  Stikes A Yani  Yogyakarta

Praktek Kebidanan Persepsi Mahasiswa Tentang Profesi Bidan Dan Masuk Program Studi DIII

 

A.  Latar Belakang Masalah

Tujuan Pembangunan Kesehatan Nasional telah digariskan dan dituangkan dalam Sistem Kesehatan Nasional, yaitu tercapainya kemampuan untuk hidup sehat bagi setiap penduduk agar dapat mewujudkan derajat kesehatan masyarakat yang optimal. Derajat kesehatan optimal yang dapat dicapai dengan peningkatan mutu dan perubahan tingkah laku masyarakat, serta pelayanan kesehatan yang merata, menyeluruh dan terpadu memegang peranan sangat penting dalam pembangunan nasional.

Kebutuhan dan tuntutan masyarakat akan mutu pelayanan kesehatan semakin meningkat sejalan dengan peningkatan pengetahuan dan kemampuan masyarakat maupun perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi kesehatan, bertujuan untuk menghasilkan tenaga kesehatan yang terampil dan bermutu dalam jenis dan jumlah yang cukup untuk memenuhi segala macam kebutuhan pelayanan kesehatan.

B.  Perumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang di atas, maka rumusan masalah adalah”Bagaimana persepsi mahasiswa tentang profesi bidan dan motivasi masuk  program studi DIII Kebidanan dengan prestasi  belajar  Konsep Kebidanan di  STIKES A Yani  Yogyakarta?”.

C.  Hasil Penelitian

Pada umumnya Prestasi belajar mata kuliah Konsep Kebidanan mahasiswa sebagian besar B dan C, sebagian kecil D mencapai skor rata-rata nilai 2,76 dengan beban SKS 4 dan mata kuliah wajib pada semester I.Menurut pendapat mahasiswa STIKES A Yani Yogyakarta secara umum persepsi yang baik dengan motivasi yang tinggi memiliki prestasi belajar yang baik dan sebaliknya. Tetapi ditemukan beberapa mahasiswa dengan persepsi biasa dan motivasi rendah memiliki nilai yang bagus.

D.  Saran

1.  Bagi institusi

Dalam melihat motivasi mahasiswa dan persepsinya terhadap profesi, sebaiknya saat pelaksanan penerimaan mahasiswa baru, calon mahasiswa diberi angket tentang motivasi dan persepsi terhadap profesi kebidanan.

2.  Bagi mahasiswa

Diharapkan mahasiswa meningkatkan motivasinya terhadap program studi kebidanan dengan cara meningkatkan pengalaman dan pengetahuannya tentang profesi bidan karena motivasi adalah ujung tombak dalam pelaksanan sebagai bidan yang profesional.

3.  Bagi dosen

Sebaiknya dosen pengajar mampu menumbuhkan motivasi dalam kegiatan belajar di kampus dengan cara memberikan penghargaan terhadap mahasiswa yang berprestais, melakukan evaluasi melalui ujian, memberikan pujian  reinforcement, menggali minat mahasiswa, mengetahui tujuan mahasiswa masuk Program Studi DIII Kebidanan.

Incoming search terms:

Leave a Reply