HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Tesis Pengaruh Penggunaan Multimetode dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar

Judul Tesis : Pengaruh Penggunaan Multimetode dan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Materi Pemenuhan Kebutuhan Nutrisi

 

A. Latar Belakang

Kegiatan belajar yang berlangsung disekolah merupakan kegiatan yang bersifat formal, direncanakan dengan bimbingan guru dan bantuan pendidik lainnya. Apa yang hendak dicapai dan dikuasai oleh mahasiswa dituangkan dalam tujuan belajar, dipersiapkan bahan apa yang akan dipelajari, dipersiapkan juga metode pembelajaran yang sesuai yaitu bagaimana cara mempelajarinya, dan melakukan evaluasi untuk mengetahui kemajuan belajar siswa. Dalam proses pembelajaran agar diperoleh hasil yang baik pengajar dituntut untuk memiliki kualifikasi, kompetensi, inovasi dan variasi yang tidak membosankan, sehingga proses belajar mengajar akan berjalan dengan efektif dan efisien.

Nutrisi merupakan kompetensi dasar yang harus dicapai oleh mahasiswa semester 4 SI keperawatan, meliputi kemampuan kognitif, afektif dan psikomotor, sehingga persiapan pembelajaran harus direncanakan dengan seksama oleh dosen yang mengacu pada kurikulum mata pelajaran (Djamarah dan Zaini, 1996:69). Banyak dari mahasiswa yang nilai kognitif dan psikomotornya tidak sesuai dengan yang diharapkan, karena mereka mempunyai minat yang berbeda terhadap materi yang disampaikan, terutama materi kebutuhan nutrisi sehingga tingkat pemahaman, penerimaan mahasiswa terhadap materi-materi tertentu sangat berbeda, yang berdampak pada prestasi belajar mahasiswa. Melihat fenamone yang demikian, diperlukan suatu metode yang tepat untuk diterapkan pada pembelajaran kompetensi dasar tentang nutrisi.

 

B. Rumusan Masalah

  1. Apakah ada pengaruh penggunaan multimetode terhadap prestasi belajar materi kebutuhan nutrisi?
  2. Apakah ada pengaruh minat belajar mahasiswa terhadap prestasi belajar materi kebutuhan nutrisi?
  3. Apakah ada interaksi pengaruh antara penggunaan multimetode dan minat belajar terhadap prestasi belajar materi kebutuhan nutrisi?

 

C. Kajian Teori

Pembelajaran Multimetode

Pembelajaran multimetode adalah pembelajaran dengan menggunakan suatu metode pembelajaran tertentu yang di dalamnya terdapat beberapa metode mengajar (Eggen dan Kauchak, 1995:5). Penggunaan multimetode di dasarkan pada kenyataan yang menunjukkan bahwa guru dalam pembelajarannya untuk dapat memusatkan proses dan pencapain tujuan memerlukan metode yang sesuai dengan situasi belajar.

Pengertian Minat Belajar

Secara bahasa minat berarti kecenderungan hati yang tinggi terhadap sesuatu. Berikut adalah pendapat beberapa ahli tentang pengertian minat belajar:

  • Sardiman A. M. berpendapat bahwa “minat diartikan sebagai suatu kondisi yang terjadi apabila seseorang melihat ciri-ciri atau arti sementara situasi yang dihubungkan dengan keinginan-keinginan atau kebutuhan kebutuhannya
  • Menurut I. L. Pasaribu dan Simanjuntak mengartikan minat sebagai “suatu motif yang menyebabkan individu berhubungan secara aktif dengan sesuatu yang menariknya.
  • Menurut Zakiah Daradjat, dkk., minat adalah “kecenderungan jiwa yang tetap ke jurusan sesuatu hal yang berharga bagi orang.

Pengertian Belajar

Belajar menurut bahasa adalah “usaha (berlatih) dan sebagai upaya mendapatkan kepandaian”. Sedangkan menurut istilah yang dipaparkan oleh beberapa ahli, di antaranya oleh Ahmad Fauzi yang mengemukakan belajar adalah “Suatu proses di mana suatu tingkah laku ditimbulkan atau diperbaiki melalui serentetan reaksi atas situasi (atau rangsang) yang terjadi”. Kemudian Slameto mengemukakan pendapat dari Gronback yang mengatakan “Learning is show by a behavior as a result of experience”. Selanjutnya Moh.Uzer Usman dan Lilis Setiawati mengartikan “belajar sebagai perubahan tingkah laku pada diri individu berkat adanya interaksi antara individu dengan individu dan individu dengan lingkungan sehingga mereka lebih mampu berinteraksi dengan lingkungannya”.

Definisi Nutrisi

  • Nutrisi adalah proses pengambilan zat-zat makanan penting (Nancy Nuwer Konstantinides).
  • Jumlah dari seluruh interaksi antara organisme dan makanan yang dikonsumsinya (Cristian dan Gregar 1985).
  • Dengan kata lain nutrisi adalah apa yang manusia makan dan bagaimana tubuh menggunakannya. Masyarakat memperoleh makanan atau nutrien esensial untuk pertumbuhan dan pertahanan dari seluruh jaringan tubuh dan menormalkan fungsi dari semua proses tubuh.
  • Nutrien adalah zat kimia organik dan anorganik yang ditemukan dalam makanan dan diperoleh untuk penggunaan fungsi tubuh.

 

D. Metode Penelitian

Jenis penelitian ini menggunakan post test only control group desain. Populasi dalam penelitian ini adalah semua mahasiswa S1 keperawatan di wilayah binaan kopertis 7 jawa timur sejumlah 1.360 mahasiswa.

Sampelnya adalah mahasiswa S1 Keperawatan Fakultas Ilmu Kesehatan UMSurabaya tahun akademik 2009/2010, sejumlah 74 mahasiswa.

Tehnik pengambilan sampel mengunakan purposive sampling. Kemudian data dianalisis menggunakan anova dua jalur dengan SPSS 16.

 

D. Simpulan

1. Berdasarkan uji statistik anova dua arah SPSS 16 di dapatkan bahwa ada pengaruh positif penggunaan multimetode terhadap prestasi belajar.

2. Berdasarkan uji statistik anova dua arah SPSS 16 di dapatkan bahwa minat berpengaruh positif terhadap prestasi belajar.

3. Berdasarkan uji statistik anova dua arah SPSS 16 di dapatkan bahwa ada interaksi pengaruh negatif penggunaan multimetode dan minat dengan prestasi belajar materi pemenuhan kebutuhan nutrisi.

Leave a Reply