HP CS Kami 0852.25.88.77.47(WhatApp) email:IDTesis@gmail.com BBM:5E1D5370

Pengaruh Logoterapi terhadap Hipertensi pada Pasien Lanjut Usia

Judul Skripsi : Pengaruh Logoterapi terhadap Hipertensi pada Pasien Lanjut Usia

 

A. Latar Belakang

Masalah-masalah yang berhubungan dengan usia lanjut dalam psikoterapi menyangkut kebutuhan akan penyesuaian diri terhadap kehilangan yang berulang dan menyakitkan. Seperti kematian teman atau orang yang sangat dicintai, kebutuhan untuk melakukan peran-peran penting di masa lampau dan penerimaan kematian bagi orang lain (Nuhriawangsa, 2002).

Di Indonesia pemakaian logoterapi dalam klinis belum ada laporan yang dipublikasikan, demikian juga dalam jurnal internasiaonal laporan penggunaan dalam klinis tidak ada. Teori tentang logoterapi sudah banyak dipublikasikan, untuk itu penelitian ini bertujuan untuk menjawab keefektifan logoterapi terhadap gangguan somatik dalam hal ini adalah hipertensi selain tetap diberikan terapi standar.

 

B. Permasalahan

Apakah logoterapi efektif untuk menurunkan tekanan darah pada pasien hipertensi lanjut usia?

 

C. Landasan Teori

Hipertensi

Berdasarkan penyebabnya dibagi menjadi hipertensi primer (esensial, idiopatik) dan hipertensi sekunder (identifiable couses), pada penulisan ini hanya membicarakan mengenai hipertensi primer atau hipertensi essential, yang kadang hanya kami sebut sebagai hipertensi. Hipertensi merupakan masalah kesehatan global yang mememerlukan penanggulangan dengan baik. Terdapat beberapa factor yang dapat mempengaruhi prevelansi hipertensi seperti ras, umur, obesitas, asupan garam yang tinggi, dan adanya riwayat hipertensi dalam keluarga, penggunaan alcohol, kebiasaan merokok, adanya stress, dan lain-lain, yang meningkatkan morbiditas dan mortalitasnya (Yogiantoro, 2006; Kaplan, 2002; Diane, 1998).

 

Terapi Hipertensi.

Saat ini terapi hipertensi bisa menggunakan obat antihipertensi (OAH) atau tanpa menggunakan obat anti hipertensi, menurut The Joint National Committee on Dwetection, Evaluation, and Treatment of High Blood Pressure, menganjurkan tentang permulaan terapi hipertensi berdasarkan pada tipe kelompok risiko yang ditentukan oleh derajat hipertensi, adanya kerusakan organ dan faktor risiko kardiovaskuler lainnya (Kaplan,  2002).

 

Implikasi Klinis Hipertensi Lanjut Usia

Hubungan antara kesehatan mental yang baik dan kesehatan fisik yang baik adalah jelas pada lanjut usia. Efek yang merugikan pada perjalanan penyakit medik yang kronis adalah berhubungan dengan masalah emosional. Usia lanjut secara keseluruhan disertai dengan kesepian, kesehatan yang buruk, senilitas dan kelemahan atau ketidakberdayaan secara umum (Kaplan dan Sadock, 2003).

 

Logoterapi

Logoterapi mengemukakan asas yang telah teruji kebenarannya oleh penemunya sendiri dalam “laboratorium hidup” di kamp konsentrasi. Eksistensi manusia menurut logoterapi ditandai oleh kerohanian (spirituality), Kebebasan (freedom), dan tanggung jawab (responsibility), hal ini berarti manusia memiliki sumber daya rohaniah yang luhur di atas kesadaran akal, memiliki kebebasan untuk melakukan hal-hal terbaik bagi dirinya, dan bertanggung jawab sepenuhnya terhadap segala tindakannya. Kerohanian dalam logoterapi merupakan sumber dari potensi sifat, kemampuan, dan kualitas khas manusia (human qualities), seperti hasrat untuk hidup bermakna, kreativitas, keimanan, religiusitas, intuisi dan cinta kasih.

 

D. Metode Penelitian

Penelitian ini merupakan penelitian Quasi experimental pretest-post-test control group design. Subjek penelitian adalah anggota PWRI Urutsewu-Ampel Boyolali yang memenuhi kriteria penelitian antara Juli-Oktober 2008. Pengambilan sampel dengan cara purposive sampling.

Jenis psikoterapi yang digunakan adalah logoterapi dengan jumlah 6 sesi. Instrumen penelitian adalah tensimeter air raksa Riester dan stetoskop Riester untuk mengukur tekanan darah.

Data yang terkumpul diolah dan dianalisis menggunakan program SPSS versi 15.0.

Uji statistik Chi Square dan Uji t atau alternatifnya yang sesuai, dipakai untuk signifikansi hubungan variabel dengan tingkat kemaknaan 5%.

 

E. Kesimpulan

Didapatkan perbedaan yang bermakna penurunan tekanan darah pada kelompok perlakuan logoterapi dibandingkan kelompok kontrol, secara perhitungan statistik ditemukan penurunan tekanan darah kelompok penelitian adalah lebih rendah secara bermakna dibandingkan dengan tekanan darah pada kontrol. Penurunan ini baik sistolik maupun diastolik Dengan hasil tersebut maka hipotesis di atas diterima, yaitu; terdapat perbedaan penurunan tekanan darah pada pasien hipertensi lanjut usia yang mendapatkan logoterapi dibandingkan pasien yang tidak mendapatkan logoterapi. Ini berarti bahwa Logoterapi adalah efektif sebagai terapi tambahan untuk pasien hipertensi usia lanjut.

Leave a Reply